ngetrip, gunung, wisata gunung, pendaki, pendaki pemula, purwakarta, kemerdekaan, merdeka, agustus, 5cm, pandemi, kawanjo, gunung lembu, sunrise, sunset, jatiluhur, gunung parang, feratta, gunung bongkok,
Local Experiences

Nekat Kerja Di Gunung? Yuk Ngetrip ke Purwakarta!

Berburu sunrise di puncak gunung di masa seperti ini nampak hanya sebuah mimpi. Selain membutuhkan waktu, pekerjaan juga tak bisa menunggu.

Tak terasa kita sampai pada bulan Agustus, di mana sekitar 75 tahun yang lalu, negara tercinta Indonesia mencatatkan sejarah berupa kemerdekaan dari penjajah, sebuah kebebasan yang dinanti lebih dari tiga setengah abad.

Selama 75 tahun juga kita merayakan euforia kemerdekaan dengan cara dan bentuk yang beragam. Kalau ingat hari kemerdekaan, jadi ingat film ‘5cm’ Kawanjo. Persahabatan lima orang yang merayakan kemerdekaan Indonesia di Puncak Semeru, menancapkan Sang Saka Merah Putih dengan segala perjuangan. Nah di Hari Kemerdekaan ke-76, apa rencana kalian Kawanjo?

Kondisi kali ini memang berbeda sih. Masa pandemi mengubah banyak hal. Meminimalisir kegiatan tatap muka selama kurang lebih dua tahun jelas tak mudah bagi kita semua. Sudah pasti tingkat stres kian meninggi. Mau staycation atau liburan, tuntutan pekerjaan dan minimnya ketersediaan waktu cukup jadi hambatan.

Ah, tapi jangan muram Kawanjo, demi semangat kemerdekaan yang terus berkobar di dalam diri kita, berikut beberapa gunung yang bisa diajak ‘kerjasama’ terkait urusan mobilitas kerjamu. Selain bersahabat dan cocok bagi kalian para pendaki pemula, lokasinya pun tidak jauh dari Jakarta. Yuk ngetrip…

1. Gunung Lembu

Rame-rame ke sini juga oke ya. Tapi kalau sekarang tetap patuhi protokol kesehatan ya.


Ngetrip ke Gunung Lembu ini menjadi pilihan yang tepat untuk menyeimbangkan tingkat stresmu selama pandemi. Namanya juga gunung Kawanjo, mau berapapun ketinggiannya, mereka tetap memiliki pesona. Menikmati sunrise atau sunset bisa jadi pilihan lantaran jarak tempuh pendakian juga tak terlalu panjang dan hanya membutuhkan waktu 1,5 jam saja. Di puncak gunung Lembu, pendaki akan disuguhkan pemandangan waduk Jatiluhur di ketinggian 780 mpdl yang indah.

Dengan ketinggian tersebut, kalian masih bisa melakukan aktivitas kerja atau memilih rehat sejenak untuk menonton sunrise atau sunset sebelum melanjutkan pekerjaan kalian. Gunung Lembu ini terletak di Purwakarta, hanya 80 kilometer dari Jakarta. Bagaimana Kawanjo?

Baca juga: Catat 7 Hal ini Sebelum Mendaki Gunung!

2. Gunung Parang

Kurang memacu adrenalin apa lagi? Siapa yang berani, Kawanjo?


Masih dalam kawasan Purwakarta, kalian juga bisa mengunjungi Gunung Parang. Ngetrip ke Gunung Parang ini memiliki ketinggian 930 mdpl dan banyak menjadi pilihan liburan dengan ‘bumbu’ memacu ardenalin. Dikelilingi batu andesit, tebing gunung ini dijadikan wisata panjat tebing yang sudah dilengkapi fasilitas jalur dengan tangga besi atau dikenal ferrata.

Pengelola memberikan pilihan ketinggian panjat tebing untuk wisatawan dari 250 meter, 300 meter, dan 900 meter. Cukup dengan 100ribu sampai 300ribu, wisatawan akan dibekali peralatan memanjat yang safety serta guide yang mendampingi. Kalian juga boleh bawa bendera Merah Putih untuk sekedar merayakan kemerdekaan di puncak tertinggi gunung ini.

3. Gunung Bongkok

Sambil seduh kopi, siapa dari kalian yang mau menemani?


Satu lagi gunung yang bisa jadi sahabat kerjamu, yakni ngetrip di Gunung Bangkok, masih dalam area Purwakarta, Jawa Barat kok Kawanjo. Ngetrip ke sini seru karena Gunung dengan ketinggian mencapai 985 mdpl ini sangat layak jadi tempat mendaki bagi para pemula. Pecinta gunung pastinya familiar dengan tempat ini.

Karena Gunung di Purwakarta ini cukup jadi pilihan terbaik dengan memperhitungkan jarak dan efisiensi waktu. Sinyal pun masih tersedia di sini. Tapi kami sarankan untuk tinggalkan sejenak laptopmu di mobil, nikmati alam dan ketenangannya, baru lanjut kembali. Karena tak butuh seharian untuk sampai ke puncaknya.

Well, itulah beberapa spot kece nan membahagiakan untuk merayakan hari kemerdekaan ala-ala film 5cm. Bagimana Kawanjo? Yang dekat aja dulu nih. Yuk rencanakan dari sekarang. Kalau sudah terlatih naik gunung, cobain beberapa tempat seru yang ada di sini. Dijamin liburan kalian akan sangat berkesan.

Baca juga: 5 Rekomendasi Gunung untuk Redam Stres Selama Pandemi

0 comments on “Nekat Kerja Di Gunung? Yuk Ngetrip ke Purwakarta!

Leave a Reply

%d bloggers like this: