PigiNews

Konsep Ekowisata Kian Marak, Telomoyo Nature Park Siapkan Atraksi Baru

PPKM selesai, ada tempat wisata baru wajib coba, nih, di kaki Gunung Telomoyo!

Pernah dengar Gunung Telomoyo? Kalau belum, gunung ini adalah gunung api berbentuk strato yang berada di wilayah Kabupaten Semarang dan Magelang. Meski termasuk gunung api, namun gunung ini belum pernah tercatat meletus sepanjang keberadaannya. Berketinggian 1.894mdpl, banyak masyarakat setempat yang senang berwisata ke sana karena memang cantik dan dingin.

Jip
Naik gunung langsung sampai puncak pakai jip? Di Telomoyo bisa, dooongg!

Tak perlu jadi pendaki gunung betulan untuk bisa sampai ke puncaknya. Sebab, siapa pun termasuk lansia bisa sampai di Puncak Telomoyo tanpa harus susah payah mendaki. Ada jip sewaan yang bisa dipakai dari kaki gunung atau sepeda motor yang akan langsung mengantarkan kawanjo ke puncak gunung, kok. Asik, kan! Oleh karenanya sebelum pandemi, tempat ini tak pernah sepi.

Mengingat hal ini, akhirnya kawasan hutan pinus yang ada di kaki Gunung akan dijadikan tempat wisata baru. Telomoyo Nature Park (TNP) namanya. Masih dalam tahap pengerjaan dan memang belum dibuka karena PPKM, tempat wisata ini nantinya bakal didukung oleh akses yang mudah dan dapat dijangkau dari berbagai tempat. Dari Dusun Pandean, Magelang, salah satunya.

Telomoyo TNP
Kelar pandemi lansung cek ombak, ah!

Menurut pengelola TNP bernama Safii, tempat wisata bernuansa alam atau ekowisata ini dibangun di dalam hutan pinus milik Perhutani. Nanti jika sudah mulai beroperasi, akan ada ATV Track yang bisa bikin momen jalan-jalan jadi tambah seru apalagi kalau dilakukan ramai-ramai bersama teman atau keluarga. Lalu ada juga jogging track dan beberapa rumah kecil seperti homestay yang diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin bermalam di sana.

Baca juga: 4 Alasan Kamu Wajib Cobain Ngetrip ke Gunung Pancar Sentul

Next, siapa pun yang datang juga bisa belajar bertani sekaligus beternak sapi perah karena sebagian besar penduduk yang tinggal di sekitar Telomoyo Nature Park adalah petani dan peternak. Jadi mau tanya apa pun mengenai hal tersebut bisa. Bahkan, pengunjung juga akan melewati area kebun warga berisikan sayur-mayur! Mau belajar bercocok tanam organik? Nah, di sini ini tempatnya.

Wahana baru Telomoyo
Kangen, gak main-main di tengah hutan pinus?

Kapan mulai bisa dikunjungi? Tentu setelah PPKM berakhir. Untuk harga tiket masuk, kawanjo tak perlu kuatir karena harga yang ditentukan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) hanya Rp10.000 saja. Tapi kalau mau naik ATV, kawanjo harus merogoh kocek sebesar Rp30.000/satu putaran lintas hutan. Jelas bukan harga yang bombastis untuk sebuah tempat wisata alam.

Lebih daripada itu, ada satu tempat lagi yang wajib kawanjo kunjungi untuk lihat pemandangan dari ketinggian. Awang-Awang Sky View namanya. Berupa spot Instagenik dengan dek kaca di mana kawanjo bisa lihat 4 gunung di sekitarnya (Gunung Andong, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro), kawanjo bisa swafoto di sini atau sekedar menikmati panorama indah di titik terbaik Telomoyo.

Baca juga: Nekat Kerja Di Gunung? Yuk Ngetrip ke Purwakarta!

awang-awang Telomoyo
Dari sky deck ini kawanjo bisa lihat 4 gunung sekaligus, lhoo!

Menarik, bukan? Jadi kawanjo bisa foto-foto setelah itu duduk santai lalu ngopi. Hahhh, nikmat Tuhan mana lagi yang kamu dustakan? Hehe… Pokoknya habis PPKM selesai, jangan lupa mampir ke sini, yaaaa..

Baca Juga : 4 Alasan Kamu Wajib Cobain Ngetrip ke Gunung Pancar Sentul

0 comments on “Konsep Ekowisata Kian Marak, Telomoyo Nature Park Siapkan Atraksi Baru

Leave a Reply

%d bloggers like this: