Panduan mengisi eHAC
PigiNews

Tips Panduan Mengisi eHAC Buat Kamu yang Mau Ngetrip Domestik dan Internasional

Biar ngetrip aman dan nyaman dengan pesawat terbang di masa pandemi sebaiknya simak panduan mengisi eHAC ini

Kawanjo di masa pandemi COVID-19 ini banyak yang berubah aturannya. Selain harus mematuhi protokol kesehatan, kamu juga wajib mengisi eHAC saat akan ngetrip di dalam kota ataupun internasional dengan menggunakan transportasi udara. Mungkin sudah banyak yang tahu tetapi tidak begitu menganggap penting karena beranggapan belum butuh, tetapi sekedar informasi. 

eHac ( Electronic Health Alert Card) adalah aplikasi yang wajib diisi oleh setiap orang yang akan pergi ngetrip. Cara mengisinya cukup mudah, tetapi memang cukup membingungkan bagi sebagian orang yang memang belum pernah melakukannya. Lantas kapan waktu yang tepat mengisi eHAC?

Baca Juga : Ini Syarat Baru Terbang ke Kualanamu: Salah Satunya Sudah Divaksin

eHAC akan diperiksa di bandara tujuan kawanjo, tepatnya setelah kamu keluar dari pesawat dan sebelum mengambil bagasi. Dengan begitu waktu yang tepat mengisi eHAC adalah sebelum kamu naik pesawat, jadi begitu tiba di bandara tujuan kamu cukup tinggal menunjukkan QR Code dari aplikasi eHAC. Oh iya, tambahan kawanjo juga bisa mengisi sejak sebelum tiba di bandara keberangkatan. 

Hanya saja salah satu data yang perlu diisi di eHAC adalah nomor tempat duduk pesawat. Jadi kawanjo bisa melakukanya jika memang sudah check in online dan mendapatkan nomor tempat duduk. Kamu bisa mengisi eHAC lewat smartphone.

1. Download Aplikasi eHAC

Seperti biasa kamu bisa unduh aplikasi eHAC Indonesia di App Store (untuk pengguna iPhone) dan Play Store (bagi pengguna Android)

2. Membuat Akun Baru

Usai mengunduh aplikasi eHAC Indonesia, jangan lupa masuk ke bagian akun dan pilih menu Daftar sekarang ( Register Now) untuk membuat akun baru. Kamu akan diminta untuk mengisi email yang akan didaftarkan beserta password. 

3. Masuk ke Halaman Pembuatan eHAC Baru

Kamu akan otomatis login di aplikasi eHAC setelah akunnya jadi. Jangan lupa masuk ke bagian akun dan pilih HAC. di situ akan muncul halaman kosong bertuliskan eHAC. Di bagian kanan atas layar, terdapat tanda + dalam kotak dan kamu klik. Setelah itu akan muncul text box pilihan yaitu eHAC Internasional dan eHAC Domestik. Pilih sesuai kebutuhan kawanjo. 

4. Persiapkan Kelengkapan Data Kamu Ya!

Untuk data eHAC kamu tentu harus mengisi data nih kawanjo. Beberapa diantara perlengkapannya seperti di bawah ini: 

  • Nama Depan & Nama Belakang
  • Usia
  • Gender
  • Kewarganegaraan
  • No. KTP (Domestik) atau Paspor (Internasional)
  • Detail Destinasi: Provinsi, Kota/Kabupaten, Kecamatan, Alamat Lengkap & No. Telepon, Waktu Kedatangan
  • Jenis Kendaraan
  • Nomor Kendaraan/No. Pesawat
  • Nomor Tempat Duduk
  • Detail Alamat Asal: Provinsi, Kota/Kabupaten, Kecamatan

5. Tunjukan QR eHAC ke Petugas Bandara Tujuan

Jika pengisian eHAC sudah selesai, tentu kawanjo akan mendapatkan QR Code yang pada nantinya akan discan oleh petugas di bandara tujuan. Untuk mendapatkannya, kamu bisa akses dengan memilih menu Aun -> HAC -> lalu pilih eHAC yang sudah diisi tadi. Gimana kawanjo, mudah kan? Selamat ngetrip ya, ingat jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan yang berlaku di destinasi wisata tujuan, baik Bali, Yogyakarta, Lombok, sampai Labuan Bajo

Cek paket wisata dan juga promo ngetrip menariknya di sini.

Baca Juga : Bandara Soekarno-Hatta Masuk World’s Best Staff Airport 2021

0 comments on “Tips Panduan Mengisi eHAC Buat Kamu yang Mau Ngetrip Domestik dan Internasional

Leave a Reply

%d bloggers like this: