Desa wisata
PigiNews

Inilah Strategi Jawa Barat Pulihkan Pariwisata Saat Sudah Masuk Zona Hijau

Ada 3 wilayah yang kini sudah bebas dari zona merah, selain Jakarta, Jawa Barat salah satunya

PPKM Darurat dan PPKM Level 4 yang tidak berujung usai menjadikan Jawa Barat kini sudah bebas dari zona merah. Seperti diketahui, pandemi COVID-19 masih ada di Indonesia, dan PPKM Level 4 dianggap solusi untuk menekan angka kasusnya. Namun, banyak para pelaku usaha pariwisata yang tiarap dan mengatur strategi untuk tetap eksis di masa yang sulit ini. 

Seperti halnya yang dilakukan oleh Jawa Barat yang memasukan budaya sebagai strategi dalam dunia pariwisata. Melansir kompas.com, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat Deddy Taufik mengatakan jika budaya adalah kekuatan pariwisata provinsi tersebut. Budaya jadi salah satu dari lima pilar pemulihan pariwisata akibat pandemi COVID-19 di Jawa Barat.

“Kami dari Provinsi Jawa Barat ada beberapa strategi dalam pemulihan, ada lima pilar yang kita pedomani. Ini budaya jadi kekuatan di Jawa Barat,” jelas dia dalam sebuah webinar bertajuk “Kesiapan Tempat Wisata, Horeka, dan Event Pada Pengunjung Tervaksin di Jakarta dan Sekitarnya Kamis lalu.

Baca Juga : Kabar Baik, DKI, Jawa Barat, dan Banten Sudah Bebas Dari Zona Merah COVID-19

Ada alasannya kenapa budaya jadi kekuatan pariwisata Jawa Barat, ini dikarenakan ada tiga zona budaya yang bisa dijelajahi oleh wisatawan yaitu Sunda Priangan, Betawi, dan Cirebonan. Deddy menambahkan, 60 persen tempat wisata di provinsi tersebut berbasis alam, 35 persen berbasis religi, dan lima persen merupakan tempat wisata buatan.

Tidak hanya itu saja, bahkan Jawa Barat juga punya beberapa desa wisata yang bisa dikunjungi. Jadi kalau ngetrip ke Jawa Barat, kamu bisa menikmati kebudayaan dan kearifan lokal yang ada. Seperti Desa Wisata Cibuntu di Kabupaten Kuningan yang pernah menyabet predikat desa wisata terbaik urutan kelima tingkat ASEAN tahun 2006.

Wah gimana, semoga bisa bangkit ya selamanya. Untuk cek lokasi dan destinasi wisata menarik serta paket wisata seru di Jawa Barat bisa cek di sini. 

Baca Juga : Bandara Soekarno-Hatta Masuk World’s Best Staff Airport 2021

0 comments on “Inilah Strategi Jawa Barat Pulihkan Pariwisata Saat Sudah Masuk Zona Hijau

Leave a Reply

%d bloggers like this: