Vaksinasi COVID-19
PigiNews

Manfaat Vaksinasi COVID-19, Salah Satunya Untuk Ngetrip di Indonesia

Percepatan program vaksinasi COVID-19 jadi kunci kebangkitan dunia pariwisata di Indonesia

Tidak bisa dipungkiri jika pandemi COVID-19 memukul dunia pariwisata begitu keras. Menurut data organisasi pariwisata dunia (UNWT), perjalanan wisatawan mancanegara (wisman) menurun di tingkat dunia sebesar 72 persen sepanjang Januari-Oktober 2020 jika dibandingkan dengan tahun 2019. 

Sedangkan di Indonesia sendiri, melansir kompas.com, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan penurunan wisman sebesar 73,6 persen sepanjang Januari-November 2020 jika dibandingkan tahun 2019. Dengan kata lain, hanya terdapat 14,73 juta wisman yang berkunjung ke Indonesia di tahun 2019. Jumlah ini tentu turun drastis dan hanya menjadi 3,89 juta wisman di tahun 2020. 

Baca Juga : Percepat Vaksinasi, Jakarta Canangkan Wisata Vaksin

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melakukan berbagai cara untuk kembali membangkitkan dunia pariwisata Indonesia. Mulai dari menggencarkan desa wisata, wisata vaksin, dan juga sertifikat CHSE bagi para pelaku pariwisata di Indonesia. Tidak hanya itu, bahkan Kemenparekraf juga menyediakan sentra vaksinasi di berbagai destinasi wisata.

Ada beberapa fungsi dari manfaat vaksinasi COVID-19 yang wajib kawanjo ketahui, check these out!

Vaksinasi COVID-19 Bisa Kurangi Gejala

Maraknya berita menakutkan terkait efek vaksinasi COVId-19 sempat menjadi kendala suksesnya program vaksinasi di Indonesia. Padahal, vaksin adalah antigen atau zat aktif pada virus dan bakteri yang bisa menimbulkan reaksi sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus. 

Memang faktanya vaksinasi COVID-19 tidak membuat manusia kebal 100 persen terhadap virus SARS-Cov-2, tetapi vaksinasi COVID-19 justru bisa mengurangi dampak atau gejala parah yang ditimbulkan jika seseorang tertular virus COVID-19. 

Mampu Melindungi Orang Lain Dari COVID-19

Ini nih yang paling penting, banyak orang yang beranggapan jika dirinya aman-aman saja selama tidak divaksinasi COVID-19. Faktanya, jika kawanjo sudah diberikan vaksin COVID-19 justru tidak hanya membentuk kekebalan atau antibodi dalam tubuh sendiri saja, tetapi juga bisa melindungi orang lain terpapar COVID-19. Sekali lagi, tujuan dari vaksinasi COVID-19 itu adalah membentuk kekebalan kelompok atau dikenal dengan sebutan herd immunity. 

Vaksinasi COVID-19 Jadi Syarat Mutlak Ngetrip

Jangan sampai keinginan buat ngetrip malah jadi rumit. Mau ngetrip ke Bali atau kemanapun di Indonesia malah jadi batal cuma karena belum divaksinasi COVID-19. Sekedar informasi, berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor 17 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 yang diterbitkan oleh Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, antara lain menyebutkan jika seseorang harus minimal memiliki sertifikat vaksin dosis pertama untuk melakukan perjalanan di Jawa dan Bali.

Kalau sudah vaksin dan juga melakukan tes pcr, buruan deh berangkat dan pilih paket wisata menariknya di sini kawanjo. 

Baca Juga : Nusa Tenggara Barat Siap Masukan 5 Destinasi Wisata ke Zona Hijau

0 comments on “Manfaat Vaksinasi COVID-19, Salah Satunya Untuk Ngetrip di Indonesia

Leave a Reply

%d bloggers like this: