Sandiaga Uno
PigiNews

Sandiaga Uno Optimis Jika Sektor Parekraf Bisa Bangkitkan Ekonomi Indonesia

Menparekraf siap mendukung pengembangan event demi mendorong pertumbuhan ekonomi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno siap dukung pengembangan event demi mendorong kembali pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang turun karena pandemi COVID-19. Dalam kesempatan saat membuka Srawung Jogja Festivals 2021 lewat zoom meeting, dirinya mengatakan jika pengembangan ini bisa dilakukan dengan basis penelitian. 

Sandiaga Uno juga mendengarkan hasil studi mengenai penyelenggaran festival di Asia Tenggara.  Penelitian ini melihat hubungan penyelenggaraan festival dengan praktik keanekaragaman budaya, termasuk toleransi dan solidaritas dan juga kemampuan untuk mendorong ekonomi lokal. Sandiaga optimis ekonomi Indonesia sangat potensial untuk berkembang melalui industri kreatif.

Baca Juga : Manfaat Vaksinasi COVID-19, Salah Satunya Untuk Ngetrip di Indonesia

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai pusat studi festival pertama di Indonesia dan Asia Tenggara, memprakarsai penelitian kolaborasi festival di Tenggara Asia, khususnya tentang bagaimana festival menjadi katalis bagi ekonomi kreatif,” kata Sandiaga.

Tidak hanya itu saja, bahkan Sandiaga Uno juga menyatakan kalau Pemerintah sangat mendukung sekali industri kreatif. Bisa dilihat dari ekonomi kreatif yang bersifat resilien dan adaptif terhadap gangguan pandemi COVID-19 dengan kontribusi Rp 1,2 Triliun atau 7 persen dari total PDB 2020. Tentu saja sebagai inisiator utama tahun ekonomi kreatif internasional untuk pembangunan berkelanjutan 2021 yang dideklarasikan pada sidang Umum PBB, Sandi yakin jika ekonomi kreatif punya kekuatan sendiri untuk memulihkan dampak sosial dan ekonomi dari pandemi COVID-19. 

Baca Juga : Inilah Strategi Jawa Barat Pulihkan Pariwisata Saat Sudah Masuk Zona Hijau

0 comments on “Sandiaga Uno Optimis Jika Sektor Parekraf Bisa Bangkitkan Ekonomi Indonesia

Leave a Reply

%d bloggers like this: