Local Experiences

Selain Papeda, Ini Lima Kuliner Unik dan Lezat dari Papua

Bukan hanya Papeda, Papua punya kuliner unik lain yang nikmat.

Papua bukan cuma populer akan keindahan alam berupa pantai dan gunung. Pulau di ujung timur Indonesia ini menyimpan kelezatan kuliner yang lain dari pada yang lain. Bahkan cita rasa kuliner Papua dijamin tidak bakal ditemukan di wilayah Indonesia lainnya.

Jika Kawanjo mendengar kuliner dari Papua mungkin yang terbayang dalam benak Kawanjo adalah Papeda. Kawanjo perlu tahu kuliner di Papua bukan cuma Papeda, ada berbagai kuliner lezat menggugah selera serta unik yang berasal dari Bumi Cendrawasih.

BACA JUGA: Nusa Tenggara Barat Siap Masukan 5 Destinasi Wisata ke Zona Hijau

Kenapa unik? kuliner Papua biasanya menggunakan bahan-bahan ekstrem. Ada yang dibuat dari ulat, hingg sagu. Bahan-bahan itu sangat jarang dipakai di kuliner Nusantara lainnya. Selain itu, kenapa kuliner Papua unik? cita rasa yang muncul sangat beragam mulai dari pedas, gurih hingga manis semuanya ada.

Agar Kawanjo semakin kenal dan cinta kuliner dari Papua, mari kita intip lima kuliner lezat dan unik dari Papua selain Papeda:

  1. Sate Ulat Sagu
Sate Ulat Sagu

Bagi Kawanjo pecinta kuliner ekstrem Sate Ulat Sagu khas Papua tidak boleh terlewat. Ulat sagu yang jadi bahan dasar sate berasal dari pohon sagu sudah membusuk. Biasanya warga lokal Papua menyebut kuliner ini dengan Koo. Selain disate ulat sagu bisa disantap hidup-hidup.

BACA JUGA: Inilah Oleh-Oleh yang Jadi Menu Wajib Saat Ngetrip ke Bali

Menurut warga lokal dan yang sudah pernah mencicipi, cita rasa Sate Ulat Sagu manis dan asin. Tekstur kuliner ini keras di luar namun lunak di dalam. Tak cuma lezat Sate Ulat Sagu rendah kolestrol, tinggi protein dan gaya gizi yang penting bagi tubuh. Kawanjo berani mencoba kuliner ini?

  1. Martabak Sagu
Martabak Sagu

Di luar Papua, Martabak Manis atau Martabak Telur adalah kuliner primadona. Berbagai jenis martabak selalu jadi pilihan utama untuk ngemil. Di Papua martabak juga populer. Namun, bahan dasar martabak di Papua berbeda, mereka memakai bahan dasar berupa sagu.

Untuk menjadikan martabak, pertama-tama sagu tersebut dihaluskan. Usai halus sesuai keinginan, sagu lalu digoreng. Demi menambah kelezatan sagu yang tengah diolah menjadi martabak ditambah gula merah. Karena memiliki cita rasa legit kuliner ini kerap menjadi teman warga lokal Papua bersantai dan menikmati hari.

  1. Udang Selingkuh
Udang Selingkuh

Kuliner unik selanjutnya berasal dari Wamena di Provinsi Papua. Namanya sangat unik yaitu Udang Selingkuh. Kenapa demikian? menurut keterangan beberapa warga lokal ini karena ukuran capit Udang Selingkuh sangat besar. Anekdot lokal menyebut udang selingkuh bisa sebesar itu karena hasil perselingkuhan udang dan kepiting.

Selain namanya yang unik, fakta menarik lainnya soal kuliner ini adalah bumbu. Warga lokal memasak udang selingkuh hanya menggunakan garam. Alasannya rasa alami udang ini sudah begitu lezat yaitu gurih dengan sedikit rasa manis. Oleh karena itu tak perlu memakai banyak bumbu untuk menghidangkan kuliner tersebut.

  1. Aunu Senebre
Aunu Senebre

Kuliner Papua yang punya tampilan dan cara konsumsi unik bukan cuma Papeda. Aunu Senebre pun demikian. Jika Kawanjo punya waktu berkunjung ke Papua Aunu Senebre yang berbahan dasar irisan daun talas dengan campuran ikan teri beserta nasi wajib dicoba.

Hampir serupa dengan Papeda Aunu Senebre biasanya disantap bersama menu umbi-umbi serta sup ikan. Campuran Aunu Senebre dan kuliner lain akan membuat cita rasa makanan ini dominan asin dan sedikit manis yang pastinya menggugah selera para penikmatnya.

  1. Roti Abon Gulung
Roti Abon

Kuliner khas Papua lainnya yang patut Kawanjo coba adalah Roti Abon Gulung. Kuliner ini kini menjadi oleh-oleh khas Manokwari Papua. Kelasnya sudah setara dengan oleh-oleh khas daera lain seperti brownies dari Bandung, almond crispy Surabaya sampai bakpia dari Yogyakarta.

Yang membuat Roti Abon Gulung berbeda, kuliner ini cuma bisa dibeli di Manokwari dan cuma satu toko yang menjualnya yaitu Hawai Bakery. Sekarang Roti Gulung Abon bukan hanya dikenal sebagai oleh-oleh, warga lokal biasanya menghindangkan Roti Gulung Abon pada hari-hari besar di Papua seperti Natal.

Itu tadi lima kuliner khas Papua yang patut Kawanjo coba. Jika sudah melihat daftar kini waktunya intip paket wisata menarik dari kami di sini.

BACA JUGA: Cobain Kuliner Khas Ramadan Papua Barat

0 comments on “Selain Papeda, Ini Lima Kuliner Unik dan Lezat dari Papua

Leave a Reply

%d bloggers like this: