Local Experiences

Cobain 5 Kegiatan Liburan Seru di Desa Wisata Tetebatu

Apa yang spesial dari Desa Wisata Tetebatu sehingga dikenal di dunia? Yuk, langsung aja kita cari tahu apa aja keseruan yang bisa kamu lakukan di Desa Wisata Tetebatu

Kawasan Indonesia Timur gak pernah kehabisan destinasi wisata seru, mulai dari deretan pantai eksotis, kebudayaannya yang indah hingga tradisi dan ritualnya yang ikonik. Tapi ternyata masih ada banyak pesona lain yang dimiliki dari Indonesia Timur. Kali ini berasal dari Desa Wisata Tetebatu, Nusa Tenggara Barat. Desa wisata ini banyak dikenal para wisatawan dengan keindahan alam yang terjaga serta keramahtamahan warganya.

Belum lama ini Desa Wisata kebanggan Lombok ini juga kembali menorehkan prestasi di kancah internasional. Desa Wisata Tetebatu sukses mewakili Indonesia dan masuk nominasi Desa Wisata terbaik versi UNWTO lho. Penasaran apa yang spesial dari Desa Wisata Tetebatu sehingga dikenal oleh wisatawan dunia? Yuk, langsung kita cari tahu apa aja keseruan yang bisa kamu lakukan di Desa Wisata Tetebatu, Nusa Tenggara Barat ini.

Baca juga: Wow, Desa Wisata Tete Batu Lombok Wakilkan Indonesia di Lomba Internasional

1. Jogging di bawah kaki Gungung Rinjani

Jogging atau kalan santai di sekitar kaki Gunung Rinjani

Sering disebut sebagai “Ubud-nya” Lombok, Desa Wisata Tetebatu ini memiliki udara yang sangat sejuk. Kalau kamu termasuk orang yang suka jogging di pagi hari atau sekadar jalan santai sambil menikmati pemandangan hijau yang memanjakan mata, kegiatan tersebut cocok banget kamu lakukan di Desa Wisata Tetebatu.

Kamu bisa menikmati gimana segarnya udara pagi di desa yang berada tepat di kaki Gunung Rinjani ini. Ingin kegiatan yang lebih menantang? Tenang, di sana juga tersedia trek untuk sepeda gunung buat kamu penggila adrenalin.

2. Basah-basahan di Air Terjun Sarang Walet yang asri

Menikmati keasrian alam di Air Terjun Sarang Walet

Sehabis lari pagi atau bersepeda, enaknya mandi untuk kembali menyegarkan tubuh. Pas banget ada spot keren yang wajib banget kamu sambangi saat berlibur di Desa Wisata Tetebatu nih, apa lagi kalau bukan Air Terjun Sarang Walet. Untuk sampai kesana dibutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan berjalan kaki dari pusat desa.

Sebelum sampai ke sana kamu bakal disuguhi pemandangangan persawan dan juga jalur trekking yang unik. Jalan menuju Air Terjun Sarang Walet seperti memasuki goa, sesampainya di sana kamu akan melihat air terjun yang diapit pepohonan hijau yang masih sangat asri. Di sana kamu bisa berenang di kolam air yang jernih sambi berfoto ria.

3. Cobain kegiatan wisata ramah lingkungan

Jajal serunya kegiatan wisata ramah lingkungan di Desa Wisata Tetebatu

Buat para pecinta alam yang menyukai wisata ramah lingkungan, di Desa Wisata Tetebatu terdapat destinasi wisata eco farm yang seru banget untuk dicoba. Dalam kegiatan ini kamu akan diberikan edukasi seputar proses pembuatan kopi dan minyak kelapa khas Lombok secara tradisional. Kamu juga bisa bawa pulan produk yang kamu olah selama kunjungan dan juga beli aneka rempah produksi warga sekitar, seperti cabe kering, cengkeh, vanila, pala dan kayu manis.

4. Seru-seruan bareng warga lokal di village life experience

Serunya pengalaman menjadi warga lokal di village life experience

Berlibur ke desa wisata belum lengkap rasanya kalau belum berbaur dengan maysarakat setempat. Desa Wisata Tetebatu dikenal dengan potensi pertaniannya, oleh karena itu belum afdol rasanya kalau kamu belum mencoba serunya kegiatan bertani bareng warga lokal di desa ini. Kegiatan ini dikenal dengan nama Village Life Experience.

Dalam kegiatan ini kamu bisa bercengkrama bersama petani lokal dan juga wisatawan lainnya. Kamu gak perlu sungkan untuk menanyakan hal-hal seputar proses menanam padi hingga panen, tentunya dengan ditemani pemandangan indah lanskap pengunungan dan sawah bertingkat yang instagramable.

5. Kamping sambil menikmati indahnya senja di Bumi Perkemahan

Menikmati indahnya senja di Bumi Perkemahan

Para pecinta alam wajib ngerasain serunya kamping di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani saat berada di sini.  Selama perjalanan menuju Bumi Perkemahan kamu bakal ditemani keindahan hutan Taman Nasional Gunung Rinjani, bahkan kalau kamu beruntung kamu bisa berpapasan dengan satwa endemik Gunung Rinjani yaitu Celepuk Rinjani.

Sebelum kamping dan menikmati lanskapnya yang indah banget seperti lukisan pegununungan pastikan kamu sudah melakukan registrasi dan informasi di Pusat Informasi Taman Nasional Gunung Rinjani.

Gimana, seru banget kan kegiatan-kegiatan yang bisa kamu lakukan di Desa Wisata Tetebatu ini. Buat kamu yang berencana untuk berlibur kesana ingat selalu untuk menjaga kebersihan dan keasrian Desa Wisata Tetebatu. Jangan lupa untuk selalu menaati protokol Kesehatan.

Masih bingung mau nentuin kemana destinasi liburan Kawanjo berikutnya? tenang ada banyak paket wisata lain dari Pigijo. Cek langsung di link berikut!

Baca juga: Alasan Harus ke Tetebatu, Calon Desa Wisata Terbaik di Dunia

0 comments on “Cobain 5 Kegiatan Liburan Seru di Desa Wisata Tetebatu

Leave a Reply

%d bloggers like this: