Local Experiences

Jadi Salah Satu yang terbaik, Sudahkah Anda ke Desa Wisata Setu Babakan?

Mulai dari kuliner, budaya, musik, sampai pertunjukan kesenian khas Betawi semuanya ada di sini

Bagi Kawanjo di Jabodetabek yang doyan ngetrip ke desa wisata, sudah tahu belum kalau ada desa wisata cuma selemparan batu dari tempat tinggal kalian? Namanya Desa Wisata Setu Babakan. Lokasinya di Jl RM. Kahfi II, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, begitu dekat, bukan?

Baru-baru ini Desa Wisata Setu Babakan menyabet penghargaan bergengsi. Mereka terpilih jadi salah satu Desa Wisata terbaik di Indonesia pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021. Menurut ADWI Setu Babakan tidak cuma memenuhi kriteria sebagai objek wisata unggulan, terlebih dari itu, desa wisata tersebut berhasil berkontribusi pada pembangunan wilayah sekitar.

BACA JUGA: Uji Adrenalin dengan 5 Kegiatan ini Saat Liburan di Bali

Terpilihnya Desa Wisata Setu Babakan menjadi kebanggaan tersendiri bagi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Eks Wagub DKI Jakarta itu mengakui, punya kesan baik terhadap desa wisata yang kental budaya Betawi tersebut. Sandiaga mengaku makin bangga setelah dewan juri ADWI menyatakan, Setu Babakan punya kontribusi nyata terhadap pembangunan wilayah sekitar.

Di skala nasional saja Desa Wisata Setu Babakan sudah mendapat pengakuan, jadi sudah enggak ada alasan bagi Kawanjo untuk melewatkan ngetrip ke sini. Ada banyak aktivitas yang pastinya bisa Kawanjo habiskan di desa wisata Setu Babakan. Biar Kawanjo makin ngiler untuk ke sana kami akan beri rekomendasi kegiatan seru di Desa Wisata Setu Bababakan.

Sebelum Kawanjo pergi ke sana, kami mau mengingatkan untuk tetap patuh protokol kesehatan. Sebab, biar tren kasus COVID-19 di Jabodetabek menurun kewaspadaan wajib dijaga. Hal ini agar hidup normal seperti sebelum pandemi COVID-19 bisa segera kembali.

Setelah mengingatkan Kawanjo soal pentingnya tetap menjaga prokes, kini waktunya melihat apa saja aktivitas di Desa Wisata Setu Babakan. Yuk kita intip bersama:

  • Wisata Budaya
Tarian Betawi di Desa Wisata Setu Babakan

Bagi Kawanjo yang ingin mengenal lebih dalam mengenai budaya penduduk asli ibu kota Jakarta, Betawi, Desa Wisata Setu Babakan pilihan tepat. Di sini Kawanjo bisa melihat secara langsung budaya-budaya Betawi mulai dari musik, tarian, hingga seni lenong. Berbagai kesenian tersebut akan ditampilkan di arena terbuka sesuai jadwal setiap harinya.

Selain itu, pada tur budaya Betawi di Desa Wisata Setu Babakan Kawanjo bisa mengobservasi dan belajar lebih dekat sejumlah prosesi budaya seperti pernikahan, akikah, tujuh bulanan, sampai silat. Oleh-oleh khas Betawi untuk melengkapi ngetrip Kawanjo tersedia lengkap di sini. Kawanjo tinggal pilih mau bawa pulang apa, batik, dodol, bir pletok atau topeng, semua ada. Dijamin ngetrip di Setu Babakan Kawanjo akan makin cinta budaya Betawi.

  • Menikmati Kuliner Betawi
Kerak Telor lezat di Setu Babakan

Kawanjo yang mau mencicipi kuliner Betawi secara lengkap dari biasa ada di sekitar rumah sampai langka semua ada di Desa Wisata Setu Babakan. Kampung wisata ini adalah tempat paling tepat bagi Kawanjo memulai petualangan kuliner Betawi terkenal lezat dan kaya rasa.

Di sini Kawanjo bisa merasakan berbagai makanan ringan seperti Kembang Goyang, Kue Ape, Rangi, Wajik, Dodol. Kawanjo juga bisa mencicipi makanan berat bikin ngiler seperti Kerak Telor, Laksa, Nasi Ulam, Nasi Uduk, Toge Goreng sampai pecak. Makanan penutup seperti Selandang Mayang, Es Doger sampai Cincau bakal membuat napsu makan Kawankjo terpenuhi dan terpuaskan.

  • Wisata Agro
Buah Gohok

Jangan kaget kalau Desa Wisata Setu Babakan bukan cuma soal wisata budaya, di sini ada pula kegiatan menarik lainnya. Salah satunya agro wisata. Di Setu Babakan Kawanjo bisa menemui buah khas Jakarta seperti mangga, rambutan, jambu, kecapi, nangka, dan alpukat. Semua buah ditanam di halaman rumah penduduk desa wisata setempat.

Di sini ada pula beberapa yang langka dan jarang ada di tempat lain seperti kecapi, bisbul, gohok, rukem, menteng, sampai buni. Terdengar asing, bukan? iya, buah-buah itu lengkap di kampung wisata Setu Babakan. Kawanjo berkesempatan pula mencicipi buah-buah bila sedang musim. Jadi jangan lewatkan menikmati kelezatan nangka, kecapi, hingga beberapa buah langka langsung di Desa Wisata Setu Babakan.

  • Wisata Air
Danau Setu Babakan

Wisata air bisa kalian nikmati di Desa Wisata Setu Babakan. Di sini bukan cuma satu tapi ada dua danau yang berada di kawasan kampung budaya tersebut. Danau pertama adalah Setu Babakan. Sedangkan danau kedua ialah Setu Mangga Bolong. Kedua danau atau setu tersebut berada berdekatan. Dijamin ngetrip di sini, Kawanjo bisa menikmati keindahan dua danau sekaligus.

Selain menikmati pemandangan danau, Kawanjo bisa mencoba kegiatan di kedua danau tersebut. Bagi yang suka kegiatan menantang, maka coba perahu naga dan kano. Tapi Kawanjo yang ingin santai mancing dan water bikes bisa jadi pilihan. Nah itu tadi tadi kegiatan-kegiatan seru di Setu Babakan. Pasti Kawanjo makin ingin segera ke sana, kan?

Setelah Kawanjo melihat keseruan di Setu Babakan, kami juga punya berbagai paket wisata yang tak kalah seru. Klik link di sini.

BACA JUGA: Inilah Destinasi Wisata Bandung yang Bikin Kamu Balik Fresh Lagi

0 comments on “Jadi Salah Satu yang terbaik, Sudahkah Anda ke Desa Wisata Setu Babakan?

Leave a Reply

%d bloggers like this: