Urban Legend Danau Toba
Local Experiences

Legenda Danau Toba yang Selalu Jadi Daya Tarik Pariwisata

Tidak hanya punya danau terdalam, pemandangan indah saja, tetapi juga ada urban legend yang menarik perhatian dan jadi daya magis buat trip kemari

Ini adalah destinasi wisata yang masuk super prioritas di Indonesia. Jadi kawanjo nggak usah meragukan lagi keindahan danau ini. Ini adalah danau terbesar di Asia Tenggara, dan sangat populer di Sumatera Utara karena mampu menyajikan pemandangan alam yang luar biasa cantiknya. Sampai terpukau deh, dan maunya cuma menikmati serta berfoto ria aja saat di sini. 

Baca Juga : 5 Daftar Hotel yang Punya Pemandangan Langsung Danau Toba Dengan Budget Terjangkau

Ada beberapa cerita urban legend sampai fakta mengejutkan terkait Danau Toba yang paling sering muncul dalam sebuah berita. Yuk, cek beberapa faktanya di bawah ini:

  • Danau Toba Danau Terdalam di Asia Tenggara

Beberapa waktu lalu sempat viral di media sosial dan media online terkait tingkat kedalaman Danau Toba ini. Ada yang mengatakan jika kedalamannya mencapai 1.600 meter. Namun hal ini dibantah dan ditegaskan lagi oleh peneliti Pusat Limnologi di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Hadiid Agita Rustini. Dirinya berpendapat bahwa angka 1.600 itu bukan menggunakan satuan meter, melainkan kaki (feet). Dalam satuan meter, 1.600 kaki berarti sama dengan 487,68 meter.

  • Legenda Ikan Mas

Semua orang pasti tahu nih urban legend yang selalu ada di danau toba adalah terkait terbentuk atau asal mulanya danau itu ada. Menurut cerita legenda, dulu itu berawal dari kisah seorang pemuda yang memancing ikan mas besar. Tiba-tiba ikan itu berubah menjadi seorang perempuan. Singkat cerita ada kejadian yang membuat perempuan itu bersedih sampai dia akhirnya menangis 

Menurut legenda rakyat, Danau Toba itu terbentuk karena seseorang yang ingkar janji. Toba adalah nama seorang pemuda. Suatu ketika dia sedang memancing, dia mendapatkan seekor ikan mas besar. Lalu, berencana untuk menggorengnya. Namun, Toba begitu terkejut ketika melihat ikan tersebut berbicara dan berubah sosok menjadi perempuan. Sampai akhirnya Gempa melanda, hujan turun sangat lebat, hingga air sungai meluap dan menenggelamkan seluruh desa tempat tinggal Toba. Terbentuklah danau toba.

Bahkan beberapa waktu lalu juga masih ditemukan ikan mas besar di Danau Toba. Warga yang menangkap disarankan untuk melepasnya karena dipercaya bisa mendatangkan bencana jika membunuh ikan mas besar tersebut. 

  • Fakta Lain Danau Toba

Tapi ada juga fakta ilmiah yang menjelaskan bagaimana terbentuknya danau toba. Menurut penelitian para ahli geologi, Danau Toba ini tercipta karena adanya letusan gunung berapi super vulkanik yaitu Gunung Toba. Letusan yang terjadi 73.000-75.000 tahun yang lalu ini terjadi begitu dahsyat hingga dampaknya tak hanya di rasakan penduduk Indonesia, tetapi hingga ke dunia. 

Wah, seru banget ya fakta dan legenda yang ada terkait Danau Toba. Tapi, selain legenda dan juga fakta, ngetrip ke Danau Toba itu wajib banget. Kamu bisa merasakan dan melihat keindahan serta kesejukan udara dan keindahan danau. Cek paket wisatanya di sini.

Baca Juga : Ngetrip ke Danau Toba?Coba 5 Destinasi Keren Ini

0 comments on “Legenda Danau Toba yang Selalu Jadi Daya Tarik Pariwisata

Leave a Reply

%d bloggers like this: