Local Experiences

5 Spot Sunrise Terbaik di Jawa Barat, Ada di Bandung Sampai Bogor

Provinsi gudangnya sunrise? Jawa Barat jawabannya.

Melihat matahari terbit atau sunrise menjadi salah satu aktivitas favorit saat ngetrip. Menyaksikan hari berganti dari gelap menuju terang secara perlahan pastinya membuat ketenangan jiwa. Setiap melihat sunrise rasa syukur dapat menjalani hari yang baru begitu terasa.

Bukan cuma bermanfaat bagi kesehatan jiwa, sunrise baik bagi kesehatan fisik. Penelitian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sinar matahari pagi sebelum jam 10 mengandung berbagai manfaat. Salah satunya sinar matahari pagi akan memberikan vitamin D alami yang baik untuk daya tahan tubuh di masa pandemi COVID-19.

BACA JUGA: Sandiaga Uno Ingin Buat Wisata Sungai Banjarmasin Seperti Thailand?

Manfaat fisik dan mental tersebut membuat banyak Kawanjo yang menjadi pemburu sunrise. Bagi Kawanjo yang tinggal di sekitara Jabodetabek, tak perlu jauh memburu sunrise. Jawa Barat, yang berada di sekitar ibu kota dan daerah penyangganya adalah gudangnya spot sunrise. Dari yang di bukit sampai di danau, semua ada di Jawa Barat.

Biar Kawanjo enggak binggung di mana lokasi sunrise terbaik, kami kasih rekomendasinya. Yuk diintip lima lokasi sunrise terbaik di tanah Jawa Barat:

  1. Sunrise Point Cukul
Sunrise Cukul

Berjarak dua jam dari kota Bandung, tepatnya berada di Pengelengan, terdapat salah spot sunrise andalan Jawa Barat. Tempatnya dikenal dengan nama Sunrise Point Cukul. Dalam beberapa tahun terakhir, tempat ini menjadi salah satu lokasi ngetrip paling diburu di bumi Parahyangan.

Berada di Sunrise Point Cukul Kawanjo berarti melihat keindahan matahari terbit dari ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut. Pasti terbayangkan, kan, bagaimana keindahannya? saking indahnya, Sunrise Point Cukul disebut-sebut sebagai salah satu spot paling instagramable di sekitaran Bandung.

  1. Kebun Teh Nirmala
Kebun Teh Nirmala

Kebun Teh Nirmala terletak di Desa Malasari, Kecamatan Nangung, Kabupaten Bogor. Spot sunrise ini berada di ketinggian 1.200 sampai 1.900 meter di atas permukaan laut. Berada di sini Kawanjo akan merasakan hawa sejuk khas pegunungan.

Warga sekitar mau pun pengunjung yang datang ngetrip ke sini, menganggap keindahan sunrise di Kebun Teh Nirmala tak kalah dengan Cukul di Pengalengan. Kondisi geografis kebun teh yang dikelilingi air terjun dan sungai Cikanika dan Cidurian membuat datang ke sana jadi paket lengkap, sunrise dapat wisata lain pun demikian. Kalau Kawanjo ingin ngetrip melihat sunrise lalu menikmati kesegaran sungai dan air terjun maka Kebun Teh Nirmala bisa masuk pilihan.

  1. Situ Cileunca
Situ Cileunca

Wilayah selatan Bandung menyimpan segudang spot sunrise. Selain Sunrise Point Cukul terdapat pula Situ Cileunca. Di sini Kawanjo akan merasakan sensasi melihat matahari perlahan naik dari ujung danau. Momen luar biasa itu muncul sekitar pukul 05.46 waktu setempat.

BACA JUGA: Benarkah Industri Pariwisata Menuju Pulih di Kuartal Dua Tahun 2021 Ini?

Kelebihan lain Situ Cileunca adalah tersedianya banyak spot untuk mengabadikan matahari terbit. Situ Cileunca pun kini menjadi buruan pecinta fotografi mengambil momen matahari terbit. Tidak hanya itu, pemandangan alam di sekitar Situ Cileunca jadi nilai plus tersendiri dan alasan kenapa Kawanjo harus datang ke sini.

  1. Puncak Habibie
Puncak Habibie di Sukabumi

Tak mau kalah dengan Bandung dan Bogor, Sukabumi punya jagoan tersendiri soal sunrise. Lokasi melihat matahari terbit paling populer di Sukabumi terletak di Puncak Habibie yang berada di Desa Pasirbaru, Palabuhanratu.

Puncak Habibie setinggi 380 meter di atas permukaan laut. Yang menarik di Puncak Habibie dan tak ada di tempat lain adalah panorama matahari terbit muncul dari laut. Kapal-kapal nelayan yang berada di sekitar teluk Ujung genteng makin memanjakan mata saat melihat sunrise. Untuk melihat matahari terbit di Puncak Habibie Kawanjo yang menginap di Palabuhanratu wajib berangkat pukul 04.30 agar tidak terlewat pengalaman menakjubkan ini.

  1. Ranca Upas
Ranca Upas

Pernah membayangkan melihat sunrise dari tenda tempat Kawanjo kemping? kalau itu impian Kawanjo maka wajib ke Ranca Upas. Bumi perkemahan di kawasan Bandung selatan ini menawarkan panoroma menyaksikan matahari terbit dari tempat Kawanjo kemping.

Nilai plus lain, karena berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut, udara khas dataran tinggi akan membuat liburan Kawanjo semakin segar. Pastinya, setelah menyaksikan sunrise dan menikmati udara alam di Ranca Upas Kawanjo akan makin giat ngumupulin duit untuk liburan lagi.

Itu tadi lima tempat di Jawa Barat untuk menikmati sunrise. Terserah Kawanjo mau pilih yang mana, dijamin semua pilihan tersebut tepat. Setelah mengetahui tempat sunrise, tiba saatnya Kawanjo melihat paket wisata menarik dari kami di sini.

0 comments on “5 Spot Sunrise Terbaik di Jawa Barat, Ada di Bandung Sampai Bogor

Leave a Reply

%d bloggers like this: