Local Experiences

3 Kapal Laut Terbesar dan Termewah di Indonesia, Yuk Dicoba

Ngetrip naik kapal akan memberikan pengalaman berbeda. Enggak ada salahnya dicoba.

Sebagai negara maritim sudah selayaknya kapal laut menjadi transportasi utama di Indonesia. Kawanjo perlu tahu luas laut di seluruh Nusantara mencapai 3.273.810 km². Sedangkan daratan di Indonesia hanya 1.919.440 km². Artinya, laut di Indonesia dua kali lebih luas dibanding daratan.

Sayangnya, untuk urusan ngetrip, kapal laut tidak berada di top of mind para pelancong. Baik turis dalam negeri mau pun manca negara lebih memilih pesawat terbang atau pun kereta api. Badan Pusat Statistik mencatat pada 2020 jumlah penumpang kapal laut hanya sekitar 1,2 juta orang. Sementara pada periode serupa penumpang pesawat terbang rute domestik mencapai 32,4 juta.

BACA JUGA: Wow! Papua Punya 3 Taman Nasional yang Salah Satunya Masuk Dalam Daftar UNESCO!

Data di atas menunjukkan untuk berpergian, baik urusan wisata atau yang lainnya pesawat lebih dipilih dibanding kapal laut. Memang benar jarak tempuh lebih singkat membuat pesawat terbang lebih populer dibanding kapal. Yang kedua, pesawat dianggap lebih nyaman dan aman dibanding pesawat.

Pernyataan soal ngetrip pakai kapal laut kurang aman dan nyawam kini sudah bisa diperdebatkan. Sebab, ada berbagai kapal laut di Indonesia memiliki fasilitas tingkat atas dan bahkan bisa dikatakan mewah. Hebatnya lagi kapal-kapal itu bukan kapal pesiar melainkan kapal angkut biasa.

Kalau Kawanjo bertanya, kapalnya apa saja? tenang kita akan kasih bocorannya secara detail. Dijamin setelah baca artikel ini Kawanjo akan takjub dan mendapat pandangan baru soal ngetrip memakai kapal. Sebab, kalau Kawanjo punya waktu senggang saat ngetrip, naik kapal laut untuk melihat keindahan maritim Indonesia wajib hukumnya.

Yuk, enggak usah berlama-lama lagi ini tiga kapal laut termewah, terbesar dan ternyaman yang berlayar di perairan Indonesia:

  1. Mutiara Sentosa III
Kapal Mutiara Sentosa

Perusahaan pelayaran swasta di Indonesia Pt Atosim Lampung Pelayaran (ALP), membuat terobosan besar. Mereka meluncurkan sebuah kapal raksasa untuk penumpang. Kapal itu akan dipakai untuk memuluskan program tol laut yang sedang dicanangkan pemerintah.

Kapal tersebut adalah Mutiara Sentosa III. Kapal ini memiliki panjang 160 meter. Bisa dibayangkan besarnya kapal ini, kan. Bahkan Mutiara Sentosa III disebut sebagai kapal terbesar di seluruh Indonesia. Kapal yang sudah beroperasi beberapa tahun terakhir berlayar melewati rute Tanjung Priok menuju Pelabuhan Panjang.

Menurut informasi, Mutiara Sentosa III dapat menampung 925 penumpang dan 200 kendaraan besar sampai kecil. Bukan hanya panjang dan lebar, kapal Mutiara Sentosa juga mewah. Di dalam kapal ini terdapat restoran, tempat bermain anak, dan penginapan berbagai kelas. Kapal ini juga dilengkapi lift untuk penumpang.

Kebersihan kapal Mutiara Sentosa III dijaga sangat baik. Kamar mandi di setiap kamar kebersihan terjamin. Kenyamanan penumpang telah menjadi prioritas utama kapal tersebut. Kawanjo jadi enggak perlu ragu memilih kapal ini untuk ngetrip.

2. Kapal Dharma Kencana VII

Kapal Dharma Kencana

Kapal Dharma Kencana VII adalah kapal jenis feri. Namun, kapal ini disebut-sebut setara kapal pesiar. Julukan ini datang tidak mengada-ada atau berlebihan. Pasalnya, fasilitas yang ada di Kapal Dharma Kencana VII benar-benar nomor satu. Di sini ada kamar tidur seperti hotel, restoran mewah sampai tempat bermain anak standar internasional.

Memasuki kapal Dharma Kencana VII merupakan pengalaman menakjubkan. Baru masuk saja Kawanjo akan diperlihatkan ornamen-ornamen mewah berwarna emas bak seperti istana. Itu baru di tahap awal, kamar kapal ini lebih bikin terpukau, suasana kamar seperti hotel berbintang ditambah jendela menghadap ke laut pasti bikin terkagum-kagum sampai habis kata-kata.

Fasilitas lain seperti restoran juga tertata rapih serta dihiasi ornamen mewah. Yang bikin terncengang lagi harga makan dan minum di sini ramah di kantong, tidak seperti di kapal-kapal penumpang lain. Nah, penjelasan dari kami pastinya buat Kawanjo tergoda untuk segera naik kapal Dharma Kencana VII.

3. Kapal Motor Labobar

Kapal Labobar

PT Pelayaran Indonesia (PELNI) enggak mau ketinggalan memberikan pelayanan terbaik bagi penumpang. Jagoan mereka adalah kapal motor Labobar. Kapal ini adalah salah satu terbesar di Indonesia. Kapal Labobar dapat menampung 3000 penumpang plus sembilan kontainer besar.

Ukuran kapal yang sudah beroperasi dari 2004 ini mencapai 146,5 meter dan lebar 25,3 meter. Labobar memiliki empat kelas dengan harga beragam. Meski kapal angkut massal, perawatan Kapal Labobar sangat baik. Fasilitas kapal rute Surabaya sampai Jayapura ini masuk kategori nyaman dan aman. Bahkan, pelancong yang punya waktu lebih beberapa di antaranya memilih ngetrip dengan kapal Labobar.

Itu tadi tiga kapal terbesar dan termewah di Indonesia. Sekarang waktunya Kawanjo lihat paket wisata menarik dari kami di sini.

BACA JUGA: Serunya Ngetrip ke Borobudur Naik Mobil VW Klasik 181

0 comments on “3 Kapal Laut Terbesar dan Termewah di Indonesia, Yuk Dicoba

Leave a Reply

%d bloggers like this: