Destinasi wisata yang dibuka
Local Experiences

Mengintip 3 Wisata di DKI Jakarta yang Sudah Boleh Buka saat PPKM

Ancol, TMII dan Setu Babakan sudah dibuka. Yuk, Kawanjo yang sudah kangen wisata, segera ke sana.

Kabar gembira bagi Kawanjo. Sebanyak 20 tempat wisata di Indonesia per 14 September 2021 kembali dibuka. Keputusan diambil seiring semakin menurunya tren penularan virus corona di seluruh Nusantara.

Pengumuman tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, pada Selasa (14/9/2021). Dia mengatakan, objek wisata yang sudah dibuka berada di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Jawa Timur. Meski demikian, pembukaan belum dilakukan secara penuh. Sandiaga mengatakan, pembukaan akan dilangsungkan secara bertingkat dan berkelanjutan.

“Tentunya pembukaan destinasi wisata ini akan dilakukan secara gradual, bertahap, bertingkat, dan berkelanjutan,” ujar Sandiag pada Press Briefing mingguan Kemenparekraf.

BACA JUGA: Jadi Salah Satu yang terbaik, Sudahkah Anda ke Desa Wisata Setu Babakan?

Pengumuman dari Sandiaga itu pastinya jadi angin segar bagi Kawanjo yang sudah kangen berwisata. Sebab, selama pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level empat, seluruh tempat wisata khususnya di Jabodetabek ditutup total. Kala itu, kebijakan tersebut terpaksa diambil untuk mencegah penularan virus corona varian delta yang saat itu sangat ganas.

Bagi Kawanjo yang penasaran, tempat wisata mana saja yang sudah dibuka, tenang, kami akan segera memberi daftarnya. Tetapi, daftar kali ini ada di sekitaran Ibu kota, Jakarta. Yang dekat-dekat dulu saja, sebab, jika ingin keluar provinsi maka ada syarat-syarat yang mesti dipatuhi jika berangkat dan pulang memakai transportasi massal.

Sebelum kami berikan daftarnya, Kawanjo harus tetap disiplin protokol kesehatan. Sebab, itu adalah kunci agar hidup normal sebelum pandemi COVID-19 bisa kembali kita rasakan. Nah, sekarang kita intip daftarnya serta kenapa Kawanjo harus ke sana:

  1. Taman Impian Jaya Ancol
Ancol

Lokasi wisata di utara Jakarta ini sudah lama menjadi salah satu tujuan populer warga ibu kota dan luar Jakarta. Alasannya jelas, semua jenis wisata ada di sana. Mulai dari theme park, pantai, kolam renang hingga pasar seni lengkap di Ancol. Pilihan pun ada di tangan Kawanjo, mau wisata apa di Ancol.

Di masa percobaan ini, Taman Impian Jaya Ancol beroperasi dari pukul 06.00 sampai 21.00 WIB. Unit-unit rekreasi seperti Dunia Fantasi, Allianz Ecopark, Pasar Seni, Ocean Dream Samudra, dan Gondola sudah bisa Kawanjo nikmati. Tapi harus diingat, ada syarat wajib mesti ditaati Kawanjo. Syarat-syarat tersebut yaitu, sudah vaksin, membeli tiket online sampai mematuhi protokol kesehatan.

  1. Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah

Tempat wisata kedua di Jakarta yang sudah dibuka adalah Taman Mini Indonesia Indah. Meski demikian, TMII tidak langsung dibuka pada 14 September 2021 seusai pengumuman disampaikan Sandiaga Uno. Pihak pengelola menyatakan, TMII baru bisa dibuka untuk umum pada Jumat 15 September 2021.

Alasan pembukaan pada Jumat besok karena TMII masih menunggu sertifikasi cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), safety (keamanan) dan environment sustainability (kelestarian lingkungan) atau CHSE. Sertifikasi dari Kemenparekraf tersebut dibutuhkan untuk menentukan wahana apa saja yang boleh dibuka untuk umum.

Akan tetapi, jika Kawanjo mau berolahraga di dalam area TMII sudah diperbolehkan. Syarat masuk TMII hampir sama dengan objek wisata lain yaitu telah divaksin minimal satu dosis, mematuhi protokol kesehatan, tak berkerumun dan harus mengunduh aplikasi Pedulilindungi.

  1. Setu Babakan
Pertunjukan tari Betawi di Setu Babakan

Kawanjo penggemar wisata budaya pasti sumringah mendengar informasi ini. Kampung Wisata Betawi Setu Babakan masuk daftar objek wisata yang boleh beroperasi di PPKM level tiga.

Hanya saja, pembukaan Kampung Wisata Betawi Setu Babakan untuk umum belum bisa dipastikan kapan. Sama seperti TMII Setu Babakan masih menunggu sertifikasi CHSE dari Kemenparekraf. Pengelola memastikan saat sertifikasi disahkan, maka sesegera mungkin Setu Babakan akan dibuka untuk umum. Pengelola juga memastikan, Setu Babakan sudah mendapat barcode Pedulilindungi sebagai salah satu syarat pembukaan tempat wisata di PPKM.

Berlokasi di Jagakarsa, Jakarta Selatan, dan memiliki luas 30 hektare, Kampung Wisata Setu Babakan adalah area pusat kebudayaan Betawi. Di sana Kawanjo bisa melihat berbagai jenis budaya, kuliner, sampai buah asli Jakarta. Setu Babakan juga memiliki danau buatan yang dipakai sebagai tempat kegiatan wisata air.

Itu tadi tiga tempat wisata di DKI Jakarta yang sudah boleh dibuka saat PPKM. Pastinya Kawanjo sudah enggak sabar ingin ke sana, kan. Yuk disegerakan, Kawanjo. Kalau sudah punya rencana wisata, Kawanjo wajib juga lihat paket wisata menari dari kami di sini. Dijamin liburan Kawanjo akan jadi pengalaman menyenangkan bersama kami.

BACA JUGA: Inilah Destinasi Wisata Bandung yang Bikin Kamu Balik Fresh Lagi

0 comments on “Mengintip 3 Wisata di DKI Jakarta yang Sudah Boleh Buka saat PPKM

Leave a Reply

%d bloggers like this: