Local Experiences

Ini Dia 6 Area di Bali yang Paling Cocok Untuk Staycation atau Workcation

Pelesiran atau work from Bali? Berikut adalah enam area rekomendasi Pigijo yang layak kamu tuju

Buat kawanjo yang sedang ingin ke Bali entah untuk liburan atau bekerja, maka ada beberapa area yang layak kawanjo kunjungi untuk mendapatkan vibe yang diinginkan. Pemilihan areanya tentu harus disesuaikan dengan nuansa yang dicari dan juga anggaran yang dimiliki. Mulai dari nuansa pegunungan, persawahan, hingga pantai, semua bisa kawanjo pilih untuk relaksasi.

Berikut Pigijo rangkumkan 6 area terbaik di Bali versi Pigijo untuk jadi tujuan staycation atau workcation khususnya di masa pandemi. Karena tak cuma di musim liburan saja kini kawanjo bisa ke Bali, namun di waktu kerja pun, kawanjo bisa melakukan tanggung jawab secara remote. Selama ketentuan WFH masih diberlakukan, kawanjo bebas bekerja di mana saja asal nyaman.

1. Canggu

Canggu tak pernah jadi area yang salah untuk pelesiran

Dapat dipastikan Canggu masuk hitungan. Karena selain punya area persawahan dan garis pantai berpanorama sunset nan cantik, hampir semua fasilitas pendukung tersedia di area ini. Mulai dari hotel budget, villa, beach bar, beach club, hingga akomodasi mewah, semua ada. Semua pun bisa dipesan untuk jangka waktu lama. Jadi jika kawanjo ingin staycation atau workcation selama satu bulan atau lebih, maka mereka punya harga spesial untuk itu.

Lalu, jangan khawatir untuk urusan makanan karena di area Canggu banyak sekali warung makan lezat dengan harga murah meriah. Kafe-kafe kekinian pun tersebar luas di sini sehingga jika kawanjo bosan bekerja di hotel atau vila, maka kawanjo tinggal arahkan tujuan ke tempat-tempat pilihan. Momen staycation atau workcation kawanjo pun kian berkualitas.

Jika butuh penyegaran lebih, maka tempat untuk spa dan massage pun ada di mana-mana. Begitu juga studio-studio yoga. Jadi kawanjo bisa langsung memanjakan diri dari rutinitas yang menguras energi. Menyenangkannya lagi, Canggu dekat juga dari mana-mana! Mau ke Seminyak oke, ke Kuta ayo, ke Sanur pun bisa ditempuh hanya dengan motor.

Terakhir, untuk kamu yang ke Bali tak bawa kendaraan, penyewaan motor dan mobil di Canggu sangatlah mudah dicari. Bahkan tempatmu menginap akan menghubungkanmu dengan rental motor dan mobil rekanan mereka jika kawanjo memelukannya. Harganya pun relatif murah. Jadi tak perlu kuatir, ya!

Cocok untuk: Kawanjo yang ingin liburan atau kerja sambil menikmati keindahan alam namun ingin semuanya lengkap, dekat dari mana-mana, dan tak jauh dari keramaian.

2. Kintamani

Dekat dengan Gunung, Kintamani punya hawa sejuk yang bisa kamu nikmati selain di Ubud

Berada di wilayah Bangli, Kintamani adalah area yang menyenangkan untuk digunakan staycation atau workcation karena udaranya yang sejuk. Berlokasi dekat dengan Gunung Batur, kawanjo akan menikmati sensasi hawa dingin yang akan membantumu merasa lebih rileks. Selain Ubud, jelas Kintamani adalah opsi yang menyenangkan untuk dituju.

Lebih daripada itu, banyak destinasi wisata yang kini mulai dikembangkan di area ini. Mulai dari kafe dengan pemandangan langsung ke Gunung Batur hingga taman bunga Gumitir (Marygold), semua bisa kawanjo hampiri saat sedang staycation atau workation di Kintamani. Namun karena letaknya di dataran tinggi, area ini tentu tak seramai Canggu yang dekat dengan kota.

Untuk pilihan penginapan, kawanjo mungkin tak bisa mengharapkan penginapan kekinian yang Instagenik layaknya di Canggu, Seminyak, atau di daerah sekitaran kota. Di Kintamani, penginapan yang tersedia lebih mengedepankan arsitektur dan interior tradisional atau rancang bangun yang serasi dengan alam. Oleh karenanya, penginapan bermaterial kayu, bambu, atau berhiaskan ornamen tradisional akan banyak kawanjo temukan di sini.

Nilai plus-nya adalah, jika kawanjo adalah tipe traveler yang senang jauh dari keramaian dan tak mementingkan keharusan untuk mengunggah sesuatu di media sosial, maka KIntamani adalah adrea yang cocok untukmu. Tenang, sejuk, dan penuh kedamaian. Berlatarkan gunung yang indah dan megah, suasana di sini akan sangat romantis menjelang malam hari.

Cocok untuk: Pencari ketenangan yang tak suka hiruk-pikuk kota. Jauh dari keramaian, punya kualitas udara yang baik, dan pas untuk digunakan relaksasi terutama saat pikiran penat dan butuh konsentrasi lebih untuk bekerja di tengah kedamaian desir angin pegunungan yang menerpa.

3. Uluwatu

uluwatu
Pemandangan ombak dari atas tebing khas Uluwatu inilah yang menjadikannya salah satu kawasan elit di Bali

Area ketiga yaitu Uluwatu. Berada di daerah Pecatu, Uluwatu merupakan area yang kaya akan tebing batu di mana di bawahnya terhampar laut lepas berombak besar. Bagi kawanjo yang suka dengan bunyi debur ombak yang pecah saat menabrak karang, maka kawanjo harus staycation atau workcation di area ini.

Namun, harus sedia budget agak tinggi, ya, kalau mau staycation atau workcation di sini. Soalnya Uluwatu termasuk area premium yang banyak dituju wisatawan asing maupun domestik. Sehingga harga penginapannya juga relatif mahal. Hal ini jelas beralasan. Pertama karena pemandangan dari penginapan-penginapannya memang luar biasa dan akomodasi yang ada di Uluwatu mostly memang dibangun di atas tebing. Jadi biaya perawatannya tak sedikit.

Nah, kalau budget sudah ada, artinya kawanjo siap berangkat ke Uluwatu. Tenangkanlah diri dan pikiran kawanjo di sini karena suara debur ombak tentu tak setiap hari bisa kawanjo dengar di kota besar atau dalam keseharian. Begitupun panorama laut dari atas tebing. Jadi, gunakanlah kesempatan ini sebaik-baiknya untuk melegakan hati dan pikiran kawanjo.

Uluwatu pun boleh dibilang termasuk area yang tenang dan tak seramai Canggu, Seminyak, Sanur, atau Kuta. Jadi area ini jelas cocok untuk kawanjo yang senang dengan dominasi suara lautan yang membahana. Kalau Pigijo boleh saran, pilihlah penginapan yang benar-benar menghadap ke laut lepas seperti di Dreamsea Uluwatu misalnya. Maka kawanjo akan benar-benar merasa puas!

Cocok untuk: Kawanjo yang senang liburan dengan nuansa laut lepas serta merasa tenang saat bekerja atau merelaksasi diri sambil ditemani suara ombak nan intens.

4. Seminyak

Banyak tempat menggemaskan di Seminyak yang selalu bikin kangen

Kembali ke kota, kawanjo bisa staycation atau workcation di area Seminyak yang menyediakan segala fasilitas yang kawanjo butuhkan. Sama seperti Canggu, Seminyak terbilang ramai dan didominasi oleh restoran, toko pernak-pernik, hingga akomodasi yang beraneka macam mulai dari yang Instagenik, bintang lima, hingga yang berbentuk villa keluarga pun ada.

Apa bedanya dengan Canggu? Canggu lebih banyak memiliki hamparan sawah nan hijau yang memanjakan mata. Lalu, Canggu juga dipenuhi dengan tempat makan murah dengan rasa yang begitu lezat. Selain itu, Canggu juga merupakan tempat berkumpulnya anak-anak muda di mana beach club, beach bar, dan tempat-tempat Instagenik banyak bertebaran di sana.

Sedangkan Seminyak, lebih didominasi oleh pertokoan, restoran ternama, club, dan kafe-kafe. Jadi kalau Kawanjo merupakan orang yang senang keramaian dan justru lebih bisa merasa rileks saat berada di tengar ingar-bingar suasana, maka tujuan staycation dan workcation yang baik untuk kawanjo adalah Seminyak.

Tak cuma itu, Seminyak pun dekat dari mana-mana. Jadi kalau kawanjo sudah ada di Seminyak, maka kawanjo bisa dengan mudah mengalihkan tujuan ke Kuta, Canggu, atau juga Sanur. Mau lihat pantai juga bisa. Tak kalah dari Canggu, Seminyak juga punya beberapa pantai dengan pemandangan matahari tenggelam yang menawan. Everything you can find here in Seminyak!

Cocok untuk: Kawanjo yang senang berada di tengah keramaian dan selalu ingin makan enak, mampir ke club, sekaligus menikmati panorama matahari tenggelam yang indah. Sambil merelaksasi diri atau bekerja, Seminyak akan melengkapi kebutuhan jiwa dan pikiran kawanjo yang sedang ruwet.

5. Ubud

Cuma di Ubud kamu bisa menginap di hotel mewah sambil menghadap hutan yang lebat

Buat kawanjo yang ingin ‘mengasingkan’ diri di area yang sarat nilai seni dan kultural, maka kawanjo bisa staycation atau workcation di area Ubud. Dikenal sebagai salah satu area yang ‘Bali banget’ karena kental akan seni murninya, Ubud juga selalu menyenangkan untuk disambangi karena ia punya hawa yang sejuk terutama menjelang malam.

Di sini, kawanjo bisa membersihkan jiwa dan pikiran dan apa yang selama ini dirasa mengganggu. Bahkan, banyak kelas meditasi dan yoga bersertifikasi internasional di area ini. Jadi jika kawanjo membutuhkannya, kawanjo bisa ikut salah satu kelasnya.

Untuk pilihan akomodasi, jelas Ubud punya banyak! Namun untuk yang berdesain kekinian, tak terlalu banyak ada di sini. Jumlah anak muda pun terbilang sedikit. Karena, wisatawan yang datang ke Ubud memanglah mereka yang ingin mencari keheningan dan lebih meresapi tradisi Bali yang sesungguhnya. Jadi di sini takkan kawanjo temukan club, bar, atau tempat seramai di Canggu atau Seminyak.

Selain itu, di sini juga kawanjo akan lihat begitu banyak area hijau yang mengesankan. Mulai dari sawah terasering yang subur, padang rumput, perbukitan hijau, hingga rimbunnya pepohononan di tengah kota. Tak heran banyak akomodasi kelas satu yang menjadikan hutan-hutan itu jadi keunggulan tersendiri. Kamar VIP dengan pemandangan hutan, katanya.

Cocok untuk: Kawanjo yang mendambakan suasana damai sambil ditemani udara yang sejuk dan kawasan hijau yang rimbun. Jika tak senang keramaian dan ingin merasakan staycation atau workcation di area yang berkelas, maka Ubud adalah area terbaik untuk kawanjo datangi.

Baca juga: Ini Alasan Kawanjo Harus ke Nglanggeran, Calon Desa Wisata Terbaik di Dunia

6. Ungasan

Ungasan
Jika punya anggaran lebih, staycation lah di Ungasan. Selain memuaskan,

Terakhir, ada area Ungasan yang dikelilingi oleh panorama laut biru nan indah. Jika kawanjo adalah tipe orang yang senang melihat laut dari ketinggian, maka tempat ini cocok untuk dipakai staycation maupun workcation. Namun biar begitu, lokasinya cukup jauh dari mana-mana sehingga agak sulit untuk kawanjo bepergian keluar hotel.

Pencinta pantai tentu akan senang pelesiran ke sini. Karena Ungasan punya banyak pantai keren seperti Green Bowl, Nyang-Nyang, Melasti, Padang-Padang, Tegal Wangi, hingga Suluban, maka kawanjo akan sangat dimanja dengan pemandangan yang bikin hati bahagia. Jadi jika kawanjo ingin staycation yang tenang tanpa perlu bepergian ke tempat ramai, maka Ungasan lah pilihannya.

Cocok untuk: Kawanjo yang hanya butuh suasana lain untuk relaksasi atau bekerja tanpa perlu main-main ke kota. Istilahnya, di hotel atau main ke pantai saja cukup!

Baca juga: Jadi Juara Desa Wisata Alam, Begini Indahnya Desa Hijau Bilebante di Lombok Tengah

0 comments on “Ini Dia 6 Area di Bali yang Paling Cocok Untuk Staycation atau Workcation

Leave a Reply

%d bloggers like this: