Local Experiences

8 Pasar Gaib yang Hanya Ada di Indonesia

Kisah mistis tentang pasar gaib sering diceritakan warga setempat bahkan banyak pendaki pernah melihat wujudnya

Wisata mendaki gunung bisa jadi salah satu pilihan buat kawanjo yang suka melakukan kegiatan penuh tantangan dan petualangan menarik. Saat kawanjo melakukan pendakian, selain bisa menikmati keindahan alam, ternyata beberapa Gunung di Indonesia juga punya tempat unik yang disebut pasar gaib atau pasar setan.

Pasar yang penuh misteri ini rata-rata berada di lereng Gunung. Kisah mistis tentang pasar gaib sering diceritakan warga setempat, bahkan adanya kesaksian dari pendaki yang pernah melihat wujud pasar tersebut di beberapa gunung berikut ini:

1. Pasar Setan, Gunung Argopuro

Danau indah di Gunung Argopuro

Pasar gaib di Gunung Argapuro disebut pasar setan, julukan ini diberikan oleh penduduk setempat, karena di siang hari sering terdengar suara berisik seperti di pasar. Tapi, anehnya suara riuh itu akan menghilang saat didekati. Area ini berada di antara Cikasur menuju Cisentor dan Rawa Embek, mendekati puncak Rengganis.

2. Pasar Setan, Gunung Arjuno

Pasar gaib yang terletak di area luas sebelum puncak Gunung Arjuno

Lokasi pasar setan di gunung yang berada di perbatasan Malang dan Pasuruan, Jawa Timur ini merupakan kawasan sabana yang ditumbuhi rumput dan semak. Namun, menurut cerita, ada beberapa pendaki, saat malam tiba, sering mendengar suara riuh, bahkan melihat banyaknya “manusia” layaknya keramaian sebuah pasar.

3. Pasar Watu, Gunung Sumbing

Pasar gaib dengan medan yang terjal di Gunung Sumbing

Salah satu lokasi gaib yang terkenal di Gunung Sumbing ini adalah pasar watu yang merupakan area pasar gaib dengan kondisi medan yang cukup terjal. Menurut cerita, di tempat ini banyak penampakan muncul tapi yang paling sering dilihat para pendaki adalah sosok kakek tua.

4. Pasar Setan, Gunung Merbabu

Keindahan Gunung Merbabu yang diselimuti cerita gaib

Pasar gaib di kawasan ini berada di area sebelum menuju puncak Kentheng Songo. Kebanyakan pendaki yang beristirahat di puncak Kentheng Songo, menjelang malam hari kerap mendengar ramainya suara seperti aktivitas pasar. Bahkan tidak jarang pendaki juga melihat penampakan pendaki perempuan yang sejatinya adalah mahluk gaib.

Baca juga: 5 Gunung ‘Berbahaya’ di Indonesia, Pemula Jangan Coba-Coba

5. Pasar Setan, Gunung Salak

Indahnya Gunung Salak dan cerita mistis Pasar Gaib

Pasar gaib berada di lereng gunung Salak, konon didukung keberadaan kerajaan mahluk gaib dan makam keramat di puncak Gunung. Pernah ada seorang pendaki yang kembali dari puncak gunung sambil memakan pisang goreng yang dibelinya di puncak. Padahal, tidak ada pedagang yang berjualan di puncak Gunung. Tak hanya itu, pendaki juga sering mendengar bunyi gamelan.

6. Pasar Bubrah, Gunung Merapi

Ramai suara mahluk gaib dihamparan pasir Pasar Bubrah

Bagi kawanjo yang suka mendaki gunung mungkin nama pasar bubrah di Gunung Merapi sudah tidak asing lagi. Semua aktivitas pasar ini terjadi di tengah malam dan keramaiannya sama persis dengan pasar di alam nyata. Bagi orang yang memiliki kekuatan khusus biasanya mampu melihat keramaian pasar ini. Sedangkan pendaki lainnya hanya akan mendengar suara gamelan atau gaduhnya keramaian pasar.

7. Pasar Anjaya, Gunung Bawakaraeng

Keindahan puncak Gunung Bawakaraeng

Pasar gaib ini berada diantara Gunung Bawakaraeng dan Gunung Lompobattang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Para pendaki rata-rata camping di kawasan ini, dan hampir semua pernah mengalami kejadian aneh. Mulai dari mendengar suara bising kayak di pasar hingga penampakan mahluk gaib. Padahal lokasi pasar Anjaya merupakan kawasan luas yang dikelilingi pemandangan indah.

8. Pasar Dieng, Gunung Lawu

Pasar gaib berada di sekitar Pos 5 jalur Cemoro Kandang

Hamparan sabana di Gunung Lawu merupakan lokasi pasar dieng yang dianggap menyeramkan. Salah satu yang paling terkenal dari cerita para pendaki tentang pasar gaib ini adalah kata sapaan; “badhe tumbas nopo dik?” yang berarti “mau beli apa dik”?. Maka kawanjo wajib menjawab seakan akan membeli sesuatu, lalu membuang daun, ranting atau benda lainnya ke arah datangnya suara.

Inilah uniknya Indonesia, kearifan lokal yang tetap harus dijaga dan dihargai dengan sikap yang bijak dan santun. Masih tertarik menjajal pegunungan di Indonesia? Kawanjo wajib pilih paket wisata menarik dan seru di sini

Baca juga : 7 Istilah Pendakian yang Wajib Diketahui Anak Gunung

0 comments on “8 Pasar Gaib yang Hanya Ada di Indonesia

Leave a Reply

%d bloggers like this: