Local Experiences

Pesona Desa Wisata Alamendah: Bird Wacthing hingga Wisata Religi

Desa Wisata Alam Endah telah masuk ke daftar elite 50 Desa Wisata Terbaik di Indonesia.

Indonesia disebut-sebut sebagai gudangnya desa wisata. Kini satu desa wisata unggulan kembali muncul di tanah air. Berlokasi di Kabupaten Bandung, Desa Wisata Alam Endah, sejak pekan lalu masuk ke daftar elite 50 Desa Wisata Terbaik di Indonesia.

Tidak main-main, penetapan status tersebut dilakukan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno. Sandiaga bahkan berharap dengan masuknya Alam Endah ke dalam 50 Desa Wisata Terbaik di Indonesia maka kebangkitan sekotr pariwisata di Nusantara pascapandemi COVID-19 akan makin nyata terlihat.

BACA JUGA: 8 Pasar Gaib yang Hanya Ada di Indonesia

“Desa Wisata Alam Endah menjadi simbol kebangkitan kita. Seiring dengan menurunnya PPKM kita harapkan Desa Wisata Alam Endah ini bisa segera pulih membawa berkah bagi masyarakat agar lebih sejahtera. Dan oleh karena itu seizin dari kita semua saya menandatangani prasasti ini sebagai penanda bahwa desa wisata Alam Endah menjadi 50 desa wisata terbaik di Indonesia” ujar Sandiaga Uno.

Penetapan Desa Wisata Alam Endah ke dalam daftar terbaik di Indonesia, memang tepat. Objek wisata yang berjarak hanya satu setengah jam dari ibu kota Jawa Barat, Bandung, menyimpan segudang objek wisata. Bukan hanya itu, di Alamendah terdapat pula beberapa wisata yang niscaya sulit ditemukan di desa-desa wisata lain di Indonesia.

Menjawab penasaran Kawanjo kenapa kita harus banget ke Alamendah, ini lima pesona yang pastinya bakal membuat kalian semua buru-buru pingin ke Alamendah, yuk kita intip sama-sama:

  1. Bird Wacthing
Mengamati burung di Alamendah

Kegiatan unggulan di Desa Wisata Alamendah adalah bird wacthing. Aktivitas ini hampir tak ada di tempat-tempat lain. Yang paling membuat tercengang, bird wacthing bisa dilakukan dengan mata telanjang maupun pengamatan lewat teropong.

Menurut Kepala Desa Alamendah, Awan Rukmawan, di wilayah yang dipimpinnya terdapat 124 jenis burung. Jika beruntung Kawanjo bahkan bisa melihat Elang Jawa dan Poksay. Selain melihat burung, Kawanjo juga bisa memberi makan burung-burung tersebut di alam bebas.

  1. Agro Wisata Terlengkap
Desa Wisata Alamendah

Mayoritas penduduk di Desa Wisata Alamendah mata pencarian utamanya adalah petani. Sehingga, sebagian besar lahan di sana dimanfaatkan untuk sarana pertanian dan agrowisata. Kawanjo yang ngetrip di sana bakal melihat pengelolaan hasil bumi seperti strawberry, bawang putih, wortel hingga berbagai macam jenis sayuran.

BACA JUGA: Ini Dia 6 Area di Bali yang Paling Cocok Untuk Staycation atau Workcation

Bukan hanya melihat dari dekat bagaimana agrowisata di Alamendah berjalan. Untuk mendukung kemajuan agrowisata, Menteri Sandiaga menyediakan akses internet gratis di Alamendah. Tak sampai di situ saja, agar lebih banyak lagi Kawanjo yang datang maka di agrowisata Alamendah telah dibangun jalur sepeda, dilengkapi dengan 10 unit sepeda yang bisa dipakai oleh Kawanjo.

  1. Wisata Religi
Selain keindahan alam, Desa Wisata Alamendah menyajikan wisata religi

Kemenparekraf mencanangkan Desa Wisata Alamendah menjadi salah satu desa wisata di Indonesia yang mengandalkan wisata religi. Bukan tanpa alasan, sebagian besar penduduk di Alamendah merupakan pemeluk Muslim

Nantinya, Kawanjo yang ngetrip ke Alamendah tak hanya menikmati keindahan alam mau pun aktivitas seru lainnya. Kegiatan religi seperti mengaji, dzikir hingga mengikuti kajian bisa dilakukan Alamendah. Kini, pemerintah setempat dibantu pusat tengah membangun fasilitas pendukung agar wisata religi di Desa Wisata Alamendah bisa berjalan baik.

  1. Tanam dan petik Strawberry
Strawberry di Alamendah besar dan manis

Desa Wisata Alamendah sejak lama dikenal sebagai sentra penghasil strawberry di Indonosia. Lima jenis strawberry yang ditanam di Alamendah yaitu KP Belut, Manora, Mencir, Enia, dan Earlibret. Mencir jadi favorit karena ukuran besar dan rasa manis.

Bahkan, kelezatan stroberi di Alamendah diakui oleh Sandiaga Uno. Saat ini, Desa Wisata Alamendah telah menyediakan fasilitas bagi Kawanjo yang mau menanam Strawberry. Kawanjo juga bisa mencicipi Strawberry asli Alamendah yang terkenal kelezatannya.

5. Ciwidey

Alamendah Ciwidey

Ngetrip ke Alamendah Kawanjo pastinya berkesempatan untuk mengunjungi Ciwidey. Jarak Alamendah ke Ciwidey begitu dekat hanya hitungan menit. Sejarah menyebut, Alamendah merupakan desa hasil pemekeran dari Desa Ciwidey yang berada di Bandung bagian selatan.

Seperti sudah diketahui masyarakat luas, Ciwidey merupakan objek wisata jagoan di Jawa Barat. Mulai dari Kawah Putih, Ranca Upas hingga beberapa wisata-wisata spektakuler lain berada di Ciwidey. Jadi, sudah banyak alasan kenapa Kawanjo harus segera ke Alamendah.

Itu beragam pesona Desa Wisata Alamendah. Sekadar mengingatkan Kawanjo, kami juga punya berbagai paket wisata menarik. Yang penasaran apa saja itu klik di sini.

BACA JUGA: Trip Ke Bandung, Jangan Lupa Beli Oleh-Oleh Buat Nyemil Dong..

0 comments on “Pesona Desa Wisata Alamendah: Bird Wacthing hingga Wisata Religi

Leave a Reply

%d bloggers like this: