Oleh-Oleh Manado
Local Experiences

8 Oleh-oleh Khas Manado yang Bisa Jadi Pilihan saat Ngetrip

Ngetrip ke Manado jangan lupa bawa pulang oleh-oleh ini.

Manado di Sulawesi Utara terkenal sebagai surga ngetrip di Indonesia bagian Timur. Cerita soal Manado bukan hanya mengenai wisata, ngetrip ke Manado Kawanjo akan merasakan berbagai kuliner lezat menggugah selara.

Cita rasa kuliner Manado sangat beragam. Meski didominasi makanan pedas, namun mencari oleh-oleh kuliner dengan dominasi rasa lain saat ngetrip di Manado adalah perkara mudah. Mau yang legit hingga gurih tersedia lengkap di Manado. Lebih dari itu, kekayaan kuliner Manado bukan hanya mengenai makanan utama, dari kudapan pun punya andalan masing-masing yang sama lezatnya.

BACA JUGA: 5 Spot Sunrise Terbaik di Jawa Barat, Ada di Bandung Sampai Bogor

Untuk kalian yang penasaran kami berikan rekomendasi delapan oleh-oleh khas Manado yang menggugah selera:

  1. Klapertaart
Klapertaart

Oleh-oleh khas Manado yang ada di daftar pertama kami adalah Klapertaart. Kudapan ini aslinya berasal dari Belanda, namun sudah disesuaikan dengan selara Indonesia. Membawa Klapertaart untuk jadi buah tangan sepulang dari Manado kini jadi barang wajib.

BACA JUGA: Yuk Intip Wisata Andalan Kampung Halaman Greysia Polii di Tomohon

Bukan tanpa alasan kuliner yang harus disajikan dingin ini sudah terkenal kenikmatannya. Cita rasa khas kelapa berpadu legitnya tepung gula dan susu, siapa yang bisa menolak kenikmatannya?

  1. Panada
Panada

Makanan populer yang biasa dijadikan oleh-oleh khas Manado selanjutnya adalah Panada. Sama seperti Klapertaart, Panada bukan asli Manado, namun berasal dari Portugis. Jika Kawanjo berkunjung ke Portugal ataupun negara jajahan Portugis lainnya di belahan dunia ini pasti menemukan kue serupa Panada yang bernama Empanada.

Panada sendiri adalah kue berbentuk berupa seperti pastel. Meski bentuk hampir sama bahan utama Panada yaitu Roti dengan isian cakalang dimasak sedikit pedas dengan rempah seperti kemangi, bawang merah, daun jeruk dan daun bawang.

  1. Kacang Disco
Kacang Disco

Namanya jenaka, Kacang Disco. Meski terdengar konyol rasa kacang disco dijamin bikin Kawanjo susah berhenti makan. Kacang Disco kini jadi oleh-oleh pelancong yang sedang ngetrip di Manado.

Bentuk kacang Disco sama seperti namanya, sangat unik. Baluran tepung membuat kacang disko berwarna-warani. Selain sebagai oleh-oleh, etnis asli Sulawesi Utara, Minahasa, selalu menghidangkan kacang disko di hajatan-hajatan besar.

  1. Cakalang Fufu
Cakalang Fufu

Ini dia salah satu dari oleh-oleh yang wajib banget dibawa Kawanjo saat berkunjung ke Manado. Cakalang Fufu sudah lama menjadi ikon kuliner makanan utama di Manado dan seluruh Sulawesi Utara.

Cakalang Fufu terbuat dari ikan cakalang yang melalui proses pengasapan. Proses itu lah yang dalam bahasa lokal disebut Fufu. Tempat terbaik untuk memperoleh Cakalang Fufu di Manado berlokasi di Pelabuhan Nelayan di Bitung.

  1. Sambal Roa
Sambal Roa

Kalau ditanya kuliner apa yang sedang populer di Indonesia saat ini, sambal roa bisa jadi jawabannya. Coba Kawanjo cek hampir di setiap market place pasti ada yang menjual sambal roa. Yang paling banyak diburu tentunya sambal roa asli Manado.

Terbuat dari ikan roa, kuliner pedas ini telah lama menjadi ikon oleh-oleh khas Manado. Biasanya warga lokal Manado mencampur sambal roa dengan masakan tradisional lain yaitu tinutuan atau bubur manado.

  1. Pala Manado
Pala Manado

Oleh-oleh khas Manado ada pula berbentuk manisan. Pala Manado bahan dasarnya adalah pala yang disiram pemanis cairan gula. Karena ada sentuhan cairan manis, rupa pala Manado terlihat mengkilap.

Pala Manado tak cuma terkenal di Sulawesi Utara. Produsen Pala Manado sudah mengekspor makanan ini ke beberapa negara tetangga seperti Malaysia. Bagi Kawanjo yang sedang ngetrip di Manado Pala Manado dapat dibeli di Bandara Sam Ratulangi atau Pelabuhan Bitung serta beberapa toko di pusat kota Manado.

  1. Pia
Pia

Satu lagi kuliner adaptasi asing yang kerap dijadikan oleh-oleh sepulang ngetrip di Manado, Pia. Kue ini aslinya berasal dari budaya masyarakat Tionghoa. Namun, Pia Manado sudah disesuaikan dengan selara lokal.

Pia paling terkenal di Manado berasal di daerah Amurang. Di sana kawanjo bisa menemukan Pia berisi kacang dan gula merah. Harga Pia sangat pula terjangkau, per pcs sekira Rp 2.500 sampai Rp 3.500.

  1. Halua Kenari
Halua Kenaro

Tidak cuma menjadi oleh-oleh khas Manado, Halua Kenari dikenal sebagai oleh-oleh khas di beberapa daerah di Timur Indonesia lain. Halua Kenari adalah kue yang dibuat dari kacang kenari dilapisi gula merah.

Sangat mudah menemukan Halua Kenari di Manado. Hampir semua toko oleh-oleh di Manado menjual panganan khas yang satu ini. Halua Kenari pun paling pas disantap dengan teh atau kopi.

Itu tadi delapan oleh-oleh khas Manado rekomendasi dari kami. Bila Kawanjo ingin melihat paket wisata seru dari kami klik di sini.

BACA JUGA: Siap-Siap, Bunaken Akan Punya Dermaga Baru

0 comments on “8 Oleh-oleh Khas Manado yang Bisa Jadi Pilihan saat Ngetrip

Leave a Reply

%d bloggers like this: