Labuan Bajo
Local Experiences

Indah Banget, Ini 5 Lokasi Wisata Indonesia yang Dapat Penghargaan XSRITE 2021

Mau tahu wisata di Indonesia mana saja yang mendapat penghargaan dari China, yuk intip di sini.

Pariwisata Indonesia lagi-lagi mendapat pengakuan dunia. Pada Agustus lalu, Indonesia mendapat penghargaan dalam ajang Xian Silk Road International Tourism Expo (XSRITE) 2021 di Xian, China.

“Indonesia meraih dua penghargaan sekaligus dari ajang tersebut,” kata Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun di Beijing pada 18 Agustus lalu.

BACA JUGA: Selain Marching Band Opa-Oma, Ada Apa Lagi di Desa Wisata Cisande?

Dalam ajang pameran pariwisata internasional tersebut, Indonesia mendirikan paviliun Nusantara. Penghargaan The Best Popular Pavilion Award dan The Best Organized Booth berhasil diraih Indonesia dari pameran yang digelar di ibu kota Provinsi Shaanxi di wilayah barat daratan Tiongkok itu.

Paviliun Indonesia memutar video promosi lima destinasi wisata, yakni Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo. Kelimanya adalah destinasi super prioritas merupakan pengerucutan dari 10 Destinasi Prioritas atau yang dikenal dengan 10 Bali Baru.

XSRITE merupakan ajang pameran pariwisata internasional berskala besar di China yang telah diselenggarakan sejak 2014. Nah, Kawanjo penasaran enggak sih, seperti apa keindahan lima destinasi wisata yang dipamerkan di XSRITE 2021? Simak penjelasan Pigijo berikut ya.

1. Danau Toba

Danau Toba

Terletak di Sumatera Utara, keindahan Danau Toba sudah enggak perlu diragukan lagi deh. Danau terbesar di Asia Tenggara ini sangat populer karena menyajikan pemandangan alam yang luar biasa indahnya. 

Sekitar 69 ribu hingga 77 ribu tahun lalu, Danau Toba merupakan lokasi letusan gunung berapi besar.  Dari segi terbentuknya, budaya, tradisi, dan keindahan alamnya membuat Danau Toba menjadi salah satu wisata yang harus masuk dalam list destination Kawanjo.

Budaya dan tradisi Danau Toba tersimpan daya tarik magis yang sulit untuk ditolak. Ada misteri makam Raja Sidabutar sampai tarian boneka kayu Sigale-gale yang mistis. 

Gak hanya itu saja, Kawanjo juga bisa melihat keindahan Bukit Indah Simarjunjung dan mejelajahi Pulau Samosir yang terkenal itu. Saking banyaknya wisata yang ditawarkan, enggak akan rugi kalau Kawanjo pergi ke Danau Toba.

2. Likupang

Likupang

Mungkin banyak yang belum dengar nama Likupang. Salah satu surga wisata Indonesia ini terletak di Sulawesi Utara. Menariknya, Likupang tidak masuk dalam 10 Destinasi Prioritas (10 Bali Baru), tapi langsung berada di 5 Destinasi Super Prioritas. Seindah apa sih Likupang?

Likupang merupakan suatu kecamatan di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Luasnya sekitar 200 hektare, yang memiliki kawasan pesisir dengan pantai berpasir putih. Likupang pun sedang disiapkan untuk menjadi KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Pariwisata.

Lokasinya memang cukup jauh dari Manado, ibu kota Sulawesi Utara. Jaraknya sekitar dua jam ditempuh dengan mobil. Jalanannya berkelok-kelok tapi tenang, sudah mulus kok. Nah ada dua pantai yang menjadi pusat KEK Pariwisata Likupang, yaitu Pantai Paal dan Pantai Pulisan.

BACA JUGA: Labuan Bajo dan Likupang Bakal Punya Kapal Wisata Glass-Bottom Karya Anak Bangsa

Pesisir pantainya cukup cantik. Hamparan pasir putih, berhadapan dengan lautan bergradasi. Pantai Pulisan malah punya perbukitan dengan padang savana yang elok. Bentuk pesisirnya yang berupa teluk, membuat Pantai Pulisan punya banyak spot pantai menawan.

Likupang diperkirakan akan menjadi destinasi wisata favorit baru bagi turis mancanegara yang datang ke Sulawesi Utara. Sebelumnya, pariwisata terkenal di provinsi ini adalah Taman Laut Bunaken.

Meski masih dalam tahap pembangunan, Kawanjo tidak akan rugi untuk berlibur ke Likupang. Pantainya yang masih bersih dan sangat indah akan memanjakan mata mereka si penikmat alam.

3. Borobudur

Borobudur

Siapa yang enggak tahu Borobudur, candi terbesar di Asia Tenggara itu? Borobudur menjadi objek wisata tunggal di Indonesia yang paling banyak dikunjungi wisatawan baik asing maupun lokal. Tak hanya itu, Borobudur juga ditetapkan oleh UNESCO sebagai tujuh keajaiban dunia.

Daya tarik Candi Borobudur tidak hanya sebatas pada bangunannya saja. Di area Candi Borobudur, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam yang sangat indah. Panorama di sekitar candi sepertinya menjadi spot favorit pada pecinta alam dan pemburu foto. Suasana matahari terbenam di Candi Borobudur yang paling banyak diburu oleh wisatawan.

Borobudur juga memiliki lokasi yang strategis dna mudah dijangkau. Ini menjadi nilai plus untuk para wisatawan. Terletak di Magelang, Jawa Tengah, Candi Borobudur kerap memberikan pertunjukan tari tradisional di pelatarannya. Makanya, tak heran tempat wisata ini jadi salah satu spot destinasi favorit saat ke Jawa Tengah.

4. Mandalika

Mandalika

Mandalika masuk salah satu daftar destinasi super prioritas yang paling digemari saat ini. Memiliki pantai memukau, pembangunan di Mandalika juga luar biasa. Hotel kelas atas, taman hiburan, kelab paling keran, dan Sirkuit Jalan Mandalika dalam taraf kelas dunia. Tidak heran Mandalika mendapatkan prioritas sebagia tujuan wisata yang menakjubkan.

Berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Mandalika memiliki pantai yang langsung menghadap Samudera Hindia. Akses ke pantainya juga sangat mudah untuk para turis.

Di Mandalika juga terdapat banyak resort kelas atas yang menjadikannya tempat menyenangkan bagi wisatawan. Buat Kawanjo yang gemar berselancar, Mandalika menjadi tempat yang pas. Lombok terkenal dengan ombak yang disukai para peselancar.

Untuk berselancar, Kawanjo bisa mengunjungi tempat selancar kelas dunia di Pantai Seger, Pantai Gerupuk, Pantai Ubrug, Pantai Tanjung Aan, Pantai Selong, Pantai Kuta Mandalika, dan Pantai Mawi.

Mandalika juga mengagumkan untuk segi budaya. Kawanjo bisa berkunjung ke desa-desa wisata unik dekat Mandalika loh. Nantinya, Kawanjo akan disuguhkan kekayaan budaya Sasak di desa tradisional Sade dan Ende. Selain, melihat rumah khas Sasak yang terbuat dari anyaman bambu, Kawanjo juga bisa menyaksikan penduduk setempat menenun songket, dan menikmati tarian serta musik lokal loh. Asyik kan?

5. Labuan Bajo

Pantai Pink

Kalau di Nusa Tenggara Barat ada Mandalika, tetangganya, Nusa Tenggara Timur punya Labuan Bajo. Enggak kalah populer dengan Mandalika, Labuan Bajo akan menyuguhkan Kawanjo dengan keindahan alam memesona.

Dimulai dari pantai, ada salah satu pantai di Labuan Bajo yang sangat unik dan indah, yakni Pantai Merah atau dikenal dengan Pink Beach. Pantai ini berada di kawasan Taman Nasional Komodo. Pantai ini sangat unik karena pasirnya berwarna merah muda loh.

Selain itu, Kawanjo juga bisa bersantai dengan menaiki kapal pinisi di Labuan Bajo. Banyak turis biasanya melakukan island hopping untuk menikmati pulau di sekitar Labuan Bajo.

Enggak afdol jika ke Labuan Bajo tapi enggak ketemu Komodo si hewan purba yang hanya ada di Indonesia. Untuk ketemu komodo, Kawanjo bisa ke Pulau Komodo atau Pulau Rinca. Tapi, Kawanjo jangan lupa untuk mematuhi aturan dan menghormati para hewan purba ini ya, karena mereka hidup bebas di habitatnya.

Buat Kawanjo yang mau trekking di Labuan Bajo, wajib ke Pulau Padar. Spot wisata populer ini memang salah satu tujuan utama bagi para pelancong selain ketemu komodo. Penampakan dari puncak Pulau Padar sangat ikonik sehingga Kawanjo terpesona. Dijamin Kawanjo enggak bakal kecewa liburan ke Labuan Bajo.

Itu semua adalah Destinasi Super Prioritas Indonesia saat ini loh. Kawanjo pecinta liburan, wajib banget datang ke 5 lokasi tadi ya. Selain itu Kawanjo jangan lupa untuk lihat paket wisata menarik kami di sini.

BACA JUGA: 5 Destinasi Super Prioritas untuk Greysia/Apriyani. Kalian Pilih Yang Mana?

0 comments on “Indah Banget, Ini 5 Lokasi Wisata Indonesia yang Dapat Penghargaan XSRITE 2021

Leave a Reply

%d bloggers like this: