Local Experiences

8 Kuliner Hangat yang Nikmat Disantap di Musim Hujan

Dijamin ngiler lihat daftar ini.

Bulan berakhiran ber-ber sudah tiba. Itu berarti penguhujung tahun disertai Musim Hujan telah datang. Tentunya datangnya Musim Hujan membuat suasana lebih sejuk bahkan dingin dibanding hari-hari atau pun bulan-bulan lain sepanjang tahun.

Ayo Kawanjo tebak, apa yang paling enak dilakukan saat musim hujan?… Iya benar semua jawaban Kawanjo: makan makanan berkuah yang hangat-hangat. Pastinya bukan cuma kenikmatan yang didapat setelah menyantap kuliner hangat berkuah, menyeruput makanan tersebut akan membuat badan Kawanjo fit menghadapi udara dingin.

BACA JUGA: Mau Rafting? 5 Zodiak Ini Enggak Akan Nolak Ajakanmu

Buat Kawanjo yang ingin rekomendasi makanan hangat yang pas disantap di Musim Hujan, kami beri rekomendasinya. Makanan ini semua asli Indonesia yang pasti gampang dibuat dan gampang dicari. Yuk intip daftarnya.

  1. Bakso
Bakso

Orang Indonesia mana yang enggak suka bakso? kuah kaldu gurih beserta bola daging adalah perpaduan sempurna. Disantap saat musim hujan datang Kawanjo harus percaya, kenikmatan Bakso naik berkali lipat.

Mie Bakso sendiri menjadi kuliner yang ada di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Santapan itu bahkan disebut-sebut sebagai kuliner paling populer se Nusantara.

  1. Rawon
Rawon

Makanan asli Jawa Timur ini adalah teman di kala hujan. Kuah hitam pekat dari buah kluwek berserta potongan daging dan tetelan sapi dari Rawon akan membuat tubuh Kawanjo hangat di musim hujan yang mulai datang di akhir tahun ini.

  1. Soto Betawi
Soto Betawi

Makanan khas ibu kota ada juga lho, yang bisa jadi teman makan di waktu hujan. Pasti Kawanjo sudah menebak, Soto Betawi jawabannya. Kawanjo ngaku deh sudah mulai ngiler, kan, melihat daftar dari kami.

BACA JUGA: Indah Banget, Ini 5 Lokasi Wisata Indonesia yang Dapat Penghargaan XSRITE 2021

Pastinya makin ngiler apalagi saat melihat Soto Betawi masuk daftar. Kuah Soto Betawi kental nan hangat berpadu dengan nasi putih yang juga hangat pasti membuat nafsu makan Kawanjo makin meroket saat hujan.

  1. Sop Kambing
Sop Kambing

Sajian satu ini memang ngeri-ngeri sedap. Ada yang bilang, Sop Kambing gudangnya penyakit. Meski demikian, siapa sih yang bisa menolak kenikmatan hakiki dari kuliner yang satu ini. Meski sedikit berisiko namun bila disantap tidak berlebihan, sop kambing akan jadi santapan yang cocok menemani Musim Hujan kawanjo.

  1. Seblak
Seblak

Kepopuleran Seblak melonjak beberapa tahun terakhir. Makanan khas Sunda ini berbahan dasar kerupuk basah, sayuran, beberapa sumber protein seperti ayam, telur, dan daging sapi. Bahan dasar lainnya yang harus ada di Seblak adalah kencur.

Sederhana, praktis, lezat, hangat. Hal-hal tersebut sangat tepat menggambarkan kuliner pedas ini. Pastinya, Kawanjo akan sulit menahan godaan untuk tidak menyantap Seblak di kala hujan.

  1. Sop Ayam
Sop Ayam

Sajian khas Klaten ini sedang menanjak menjadi kuliner dan jajanan populer di hampir setiap daerah di Tanah Air. Rasanya memang sederhana: gurih dan sedikit pedas dari lada. Justru rasa sederhana tersebut yang membuat menyantap Sop Ayam Klaten paling pas saat Musim Hujan sedang deras-derasanya.

  1. Mi Aceh
Mi Aceh

Mau kuliner penghangat badan dengan rasa yang kuat rempah, Kawanjo harus, pakai banget, menyantap Mi Aceh. Kuliner khas bumi rencong ini bisa dilengkapi berbagai isian. Menyantap Mi Aceh ketika hujan turun bukan cuma buat hangat tapi juga Kawanjo merasa puas memakannya lantaran cita rasanya yang begitu kuat.

  1. Tekwan
Tekwan

Tekwan sudah dikenal luas jadi kuliner jagoan Sumatera Selatan khususnya di ibu kota Provinsi Palembang. Bulatan-bulatan kecil beserta kuah udang dilengkapi soun dan irisan bengkoang membuat Tekwan selalu menggoda setiap penikmat kuliner.

Santapan tersebut pun memang berjodoh dengan udara dingin. Berbahan dasar sama dengan pempek yaitu tapioka dan ikan, kuah kaldu hangat Tekwan membuat hari Kawanjo di Musim Hujan terasa lebih hangat.

  1. Tongseng
Tongseng

Kuliner kaya rempah ini berasal dari Provinsi Jawa Tengah. Hampir serupa dengan gulai, perbedaan mendasar tongseng ada pada bumbu dan daging melekat pada tulang.

Menyantap Tongseng saat Musim Hujan sudah jadi kewajiban. Karena menggunakan bumbu dasar seperti jahe dan cabai, setelah menyantap tongseng pasti tubuh Kawanjo terasa hangat.

Itu tadi sembilan kuliner hangat teman Kawanjo di Musim Hujan. Setelah lihat daftarnya, waktunya Kawanjo intip paket wisata menarik dari kami di sini.

BACA JUGA: Terserang Virus, Hindari 8 Jenis Makanan dan Minuman Ini

0 comments on “8 Kuliner Hangat yang Nikmat Disantap di Musim Hujan

Leave a Reply

%d bloggers like this: