Jakarta
Local Experiences

Jangan Ngaku Anak Jakarta Kalau Belum Pernah Wisata Ke Sini

Jakarta andalannya bukan cuma mal, ada berbagai objek wisata jagoan yang mesti Kawanjo kunjungi

Sejumlah tempat wisata di Jakarta sudah mulai dibuka kembali dengan protokol kesehatan yang ketat. Pemerintah kota Jakarta juga mengingatkan agar warga memasang aplikasi PeduliLindungi.

BACA JUGA: Inilah Bidadari yang Menyukai Olahraga Ekstrem, Termasuk Rafting

Pigijo pengen kasih tahu nih, lima tempat wisata di Jakarta yang sudah dibuka kembali, tentunya tempat-tempat ini sudah umum banget di telinga warga ibu kota. Buat Kawanjo yang belum pernah ke tempat-tempat ini, jangan ngaku anak Jakarta deh.

1. Dunia Fantasi

Bianglala di Dufan

Siapa nih yang kangen main di Dufan? Dunia Fantasi atau Dufan merupakan salah satu obyek wisata favorit yang ada di Jakarta. Terletak di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Dufan layaknya taman rekreasi lainnya yang memiliki beragam wahana permainan, seperti Halilintar, Kora-Kora, Istana Boneka, Ontang-Anting, dan lain sebagainya.

Dufan sudah bisa didatangi oleh pengunjung. Tapi, Kawanjo yang ingin ke Dufan harus sudah melakukan vaksinasi ya. Jam buka Dufan mulai pukul 10.00 sampai 17.00 WIB.

Sayangnya, untuk anak di bawah 12 tahun masih belum boleh masuk Dufan. Saat ini, pengunjung harus melakukan reservasi terlebih dulu melalui situs ancol.com.

2. Pantai Ancol

Ancol

Gara-gara pandemi, Pantai Ancol yang biasanya sangat ramai, kini agak sepi. Tapi jangan sedih, Kawanjo. Sekarang Pantai Ancol sudah dibuka kembali untuk pengunjung yang sudah divaksinasi COVID-19.

Pengunjung dapat berolahraga atau sekadar bersantai di pinggir pantai loh. Tapi, jangan berenang dulu ya, karena masih dilarang.

Pihak pengelola Ancol mengatakan ada pembatasan jam kunjungan khusus di pantai sepanjang kawasan Symphony of The Sea.

BACA JUGA: Wisata Mistis Bisa Jadi Daya Tarik Pariwisata Indonesia

Pembatasan jam kunjungan tersebut dibagi menjadi tiga sesi per hari. Sesi pertama adalah pukul 06.00 -11.00 WIB, sementara sesi kedua pukul 11.00 – 16.00 WIB, dan sesi ketiga pukul 16.00 – 21.00 WIB. 

Pengunjung perlu melakukan reservasi tiket kunjungan di ancol.com. Harga tiket masuk adalah Rp 25.000 per orangnya. Namun selama masih dalam penerapan PPKM Level 3, pengunjung berusia di bawah 12 tahun masih belum diperkenankan masuk kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

3. Ocean Dream Samudra

Ocean Dream

Ocean Dream Samudra bisa jadi pilihan menarik warga Jakarta untuk berwisata. Masih terletak di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, obyek wisata ini merupakan taman hiburan bertema air. Kawanjo bisa menyaksikan pertunjukan bawah air, akuarium, dan pentas hewan laut di sini.

Ocean Dream Samudra dapat dikunjungi pukul 09.00 – 18.30 WIB di akhir pekan dan 09.30 -16.30 WIB di hari kerja. Mereka perlu membayar mulai dari Rp 100.000 per orang untuk menikmati wahana di lokasi ini. 

Seperti obyek wisata di kawasan Taman Impian Jaya Ancol lainnya, pengunjung yang diperbolehkan adalah yang sudah divaksin COVID-19 minimal dosis pertama. Pengunjung juga diharuskan mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak. 

Selain itu juga, pengunjung berusia di bawah 12 tahun belum diperbolehkan berekreasi di kawasan Ancol.

4. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini

Buat warga Jakarta Timur, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menjadi salah satu pilihan wisata di akhir pekan. Tempat wisata ini memiliki beragam wahana, termasuk yang mengedukasi di dalamnya.

Sayangnya, belum semua wahana beroperasi di TMII karena masih dalam PPKM Level 3. Tapi, beberapa wahana yang bisa dikunjungi antara lain Taman Burung dan Taman Reptilia.

Tiket ke TMII termasuk murah, yakni sebesar Rp20.000 per orang. Tapi, Kawanjo harus bayar lagi untuk menikmati wahana yang ada. Selain itu, seperti di tempat wisata sebelumnya, pengunjung di bawah 12 tahun masih belum diperbolehkan masuk. Dan hanya pengunjung yang sudah divaksinasi boleh masuk wilayah TMII.

5. Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan

Tarian Betawi di Setu Babakan

Obyek wisata ini sarat akan budaya Betawi, seperti bangunan dan pertunjukan kesenian adat. Lokasinya ada di kawasan Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan. 

Pengunjung bisa melihat bangunan-bangunan bergaya Betawi dan mendatangi Museum Betawi di tempat ini. Untuk berkunjung ke Kampung Budaya ini, pengunjung harus sudah bervaksin COVID-19 dan melakukan registrasi di aplikasi PeduliLindungi. 

Selain itu, pengunjung juga tetap harus mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjauhi kerumunan, dan mencuci tangan dengan sabun.

Nah, wisata di Jakarta, enggak melulu harus ke mal. Dari daftar tempat wisata yang sudah dibuka, mana saja yang sudah pernah Kawanjo datangi? pasti dari daftar di atas sudah ada yang pernah Kawanjo kunjungi. Selain kasih info soal wisata di ibu kota, kita mau ingetin Kawanjo soal paket wisata menarik kami di sini, jangan lupa dilirik ya.

BACA JUGA: Rekomendasi Playlist Lagu BTS yang Cocok Buat Nemenin Kamu Staycation

0 comments on “Jangan Ngaku Anak Jakarta Kalau Belum Pernah Wisata Ke Sini

Leave a Reply

%d bloggers like this: