Lifestyle Local Experiences Uncategorized

Mengenal Campervan Trip Lebih Dekat. 5 Hal Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Berangkat!

Sebelum pelesiran pakai campervan, ketahui hal-hal ini terlebih dulu, yuk!

Tren ngetrip dengan campervan memang lagi naik daun. Banyak orang yang tiba-tiba gandrung melakukan road trip dengan mobil multifungsi ini. Selain dirasa lebih praktis karena banyak barang yang bisa dibawa di dalam mobil mulai dari kasur hingga keperluan esensial lainnya, kelebihan ngetrip dengan campervan yang paling disukai adalah kawanjo tak perlu sewa penginapan!

Apalagi sebentar lagi mau libur tahun baru. Pigijo tahu pasti beberapa dari kawanjo sudah ada yang merencanakan ngetrip dengan cara ini, kan? Baik bersama keluarga, teman, atau pasangan, kegiatan nomaden macam ini memang sangat menyenangkan terutama untuk kawanjo yang senang nyetir jauh sembari lihat-lihat pemandangan.

Nah, jika kawanjo betul-betul sedang merencanakan ngetrip dengan campervan, maka ada 5 hal utama yang harus diketahui lebih dulu supaya perjalananmu makin nyaman. Karena ngetrip dengan campervan beda banget, lho, dengan ngetrip pakai mobil biasa. Mau tahu apa bedanya dan apa saja yang harus kawanjo lakukan sebelum berangkat? Baca artikel ini sampai habis, yaaa

1. Banyak jenisnya

Motorhome
Jenis ini namanya motorhome. Kalau yang jenis campervan beda lagi

Hal pertama yang harus kawanjo ketahui adalah campervan banyak jenisnya. Ada empat lebih tepatnya! Yaitu jenis station wagon, campervan, motorhome, dan 4WD camper. Keempat jenis ini tentu sangat berbeda dari segi ukuran dan juga kapasitas. Oleh sebab itu yang harus kawanjo lakukan pertama kali adalah menyesuaikan dengan kebutuhan.

Jika kawanjo ingin membangun campervan yang low-cost dan mudah dioperasikan, maka jenis station wagon adalah yang paling ideal. Cukup untuk menampung dua hingga lima orang, kendaraan ini bisa digunakan untuk membawa segala keperluan mulai dari tenda, perlengkapan makan, hingga kasur lipat. Meski tak jauh beda dengan mobil biasa, namun bodinya yang panjang memungkinkan penyimpanan dan bawaan yang lebih banyak.

Lalu untuk jenis campervan, jelas dari segi ruang ia jauh lebih luas karena sejak awal kendaraan ini sudah dibangun untuk keperluan itu. Jadi jika kawanjo ada uang lebih dan ingin mewujudkan mobil yang dapat menampung semua keperluan perjalanan, maka modifikasilah mobil-mobil seperti VW Combi dan mobil-mobil berbodi luas, besar, dan panjang. Copot bangku belakangnya lalu jadikanlah area tersebut untuk dapur, tempat tidur, dan lain sebagainya. Seru!

Next, ada motorhome yang punya ukuran lebih besar lagi. Kenapa ada kata ‘home‘ nya? Karena kendaraan ini benar-benar punya peran seperti rumah. Ada kamar mandi, dapur yang proper, ruang makan beserta kursi, hingga kamar tidur nyaman yang lengkap dengan segala keperluan. Seperti sedang berada di rumah berjalan! Jadi kalau bicara nyaman, jelas motorhome jauh lebih cozy. Tapi kalau bicara budget tentu lain lagi ceritanya.

4WD Camper
Nah, kalau ini 4WD Camper. Kira-kira kawanjo lebih tertarik untuk naik yang mana, nih?

Terakhir, ada 4WD Camper. Dari bentuk luarnya, mungkin sekilas mirip motorhome atau sebuah jip besar. Bedanya, kendaraan ini punya lantai tambahan menyerupai mezanine yang kerap difungsikan sebagai kamar. Jadi kalau mau tidur, kawanjo harus naik dulu ke lantai ‘atas’. Ruang utama di belakang kursi kemudi jelas jadi lebih luas tanpa gangguan kasur lipat.

Untuk memperkirakan plus minusnya, tentu jenis station wagon dan campervan adalah yang lebih mudah untuk dirawat. Saat dibawa ke mana-mana pun, dua jenis kendaraan ini tak terlalu menyulitkan. Mudah diparkir di mana saja, biaya perawatan lebih murah, dan jika sedang tak bepergian, kendaraan ini masih bisa digunakan untuk keliling kota atau sekedar disimpan di garasi.

Kalau dua tipe setelahnya yaitu motorhome dan 4WD Camper, kawanjo harus parkir di tempat khusus yang biasanya jauh dari tempat yang ingin kawanjo tuju. Lalu biaya perawatannya, biaya parkir, biaya tol, asuransi, hingga pajaknya pun jauh lebih mahal. Jadi meski enak bisa dibawa ke mana-mana, kawanjo harus ingat bahwa kawanjo harus punya garasi besar untuk menyimpannya.

2. Keuntungannya

Serunya naik campervan
Kawanjo bisa berhenti di mana saja untuk lihat dan nikmati pemandangan indah yang ditemui selama perjalanan

Tanpa usah diperdebatkan, keuntungan utama dari menggunakan campervan untuk ngetrip yang utama ialah mobilitas. Kawanjo benar-benar bisa pergi ke mana saja kawanjo mau secara road trip tanpa perlu buang uang terlalu banyak untuk transportasi umum yang mahal dan tak perlu juga menyediakan anggaran khusus untuk menginap di hotel. Semua kebutuhan tersedia di mobil!

Hanya butuh peta manual atau GPS untuk membantu kawanjo agar tak nyasar mengingat di banyak titik pedalaman, sinyal suka menghilang. Setelah itu, go anywhere you want! Bahkan di beberapa negara di luar negeri, ada tempat khusus menginap untuk para pengguna campervan supaya mereka bisa beristirahat dengan nyaman sambil mengisi daya mobil. Menyenangkan, kan!?

Lalu, keuntungan lainnya adalah banyak hal yang bisa kawanjo lihat selama di perjalanan. Menlihat matahari terbit dan tenggelam, menikmati perjalanan malam yang hening, pagi berkabut tipis, atau siang yang terik. Macam-macam sekali. You travel slow but very deep at the same time. Meski segalanya terasa lamban, namun pelesiran jenis ini akan menyisakan banyak kesan.

Baca juga: Butuh Kacamata Buat Ngetrip, Ini Tipsnya Biar Tidak Salah Beli

3. Persiapannya

Persiapan naik campervan
Harus ada persiapan yang matang dan komplet agar perjalananmu makin aman dan nyaman

Untuk persiapan, bepergian dengan campervan tentu butuh lebih banyak perlengkapan dan juga asupan harian. Oleh karenanya, kawanjo bisa cek apakah tenda, kasur, bantal, alat masak, perkakas, dan lain sebagainya sudah dibawa. Lalu jika campervan kawanjo punya bagian belakang yang besar, maka kawanjo sangat bisa membawa kompor sendiri dari rumah. Pokoknya jangan sampai ada yang tertinggal terutama air minum, air bersih, dan kebutuhan pokok lainnya.

Tak heran jika ingin bepergian dengan campervan, proses persiapannya selalu jauh lebih panjang dari biasanya. Butuh waktu lebih lama untuk make sure semua sudah beres. Karena seperi bepergian dengan ‘rumah pribadi’, maka semua harus komplet! Eh tapi, beda lho bepergian dengan campervan di Indonesia dengan di luar negeri. Di sini setiap kilometer ada tempat makan! Hihi! Jadi kawanjo tak bakal kelaparan meski gas habis sekalipun.

4. Jalurnya

Jalur campervan
Pilih jalur yang sekiranya enak untuk dilalui campervan. Hindari jalan kecil atau yang penuh tanjakan

Nah, poin nomor 4 ini adalah yang paling penting. Sebelum berangkat, cek jalur yang enak untuk dilalui oleh campervan. Tentunya semakin lebar dan mulus jalanannya, semakin nyaman untuk dijajal. Sedangkan semakin kecil dan tak bagus jalanannya, maka akan semakin sulit untuk dilewati. Sebenarnya bisa tapi kawanjo harus ekstra hati-hati. Takut barang-barang yang dibawa berjatuhan!

Seperti diketahui di atas, jenis mobil untuk kemping ini memang beraneka macam. Untuk pengguna station wagon, 4WD camper, atau campervan sebenarnya masih sangat aman. Tapi untuk pengguna motorhome, tentu pemilihan jalan akan sangat tricky karena bodi mobil terbilang besar dan lebar. Maka, hindarilah jalanan yang rusak, penuh liku, dan juga tanjakan terjal.

5. Dengan siapa

pilih orang yang tepat untuk road trip
Bepergian lama dengan orang yang salah bisa bikin segalanya jadi runyam dan perjalananmu jadi tak menyenangkan

Terakhir, pilihlah orang terrbaik yang akan kawanjo ajak pergi dengan campervan. Karena biar bagaimana pun, trip ini memerlukan waktu lama untuk bersama. Jadi, hindari ngetrip dengan orang yang tak bisa kawanjo ajak bicara panjang lebar bahkan di tengah kesunyian, orang yang jelas-jelas mudah menyulut emosi, dan orang yang tak sabaran. Karena salah ajak orang akan berujung tak menyenangkan. Perjalanan kawanjo pun bisa jadi gak asik!

Kuncinya, kawanjo harus nyaman dengan orang tersebut. Mau sahabat, pasangan, atau keluarga, intinya kawanjo harus betah dengan teman perjalanan bagaimana pun kondisinya. Karena, jika ada halang rintang yang terjadi selama perjalanan, kawanjo musti bisa menyelesaikannya dengan orang tersebut. Pastikan juga ia bisa diajak bekerja sama, ya. Kalau ada satu saja yang hanya ingin menang sendiri, runyam pasti!

Baca juga: Tipe-Tipe Teman yang Ngeselin Pas Diajak Ngetrip, Nomor 2 Duh!

Tip dan trik

MAsak di campervan
Bawa semua keperluan secukupnya, ya! Harus lengkap namun jangan berlebihan

Karena ngetrip dengan campervan tak hanya bisa dilakukan ke tempat-tempat yang mainstream, maka berikut Pigijo spill sedikit tip dan trik pelesiran dengan campervan jika destinasi yang kawanjo tuju adalah daerah yang benar-benar sepi, belum banyak diketahui, bahkan remote area. Kawanjo juga harus bisa memenuhi semua kebutuhan sendiri. Ingat, warung jauh banget, lho! Hehehe!

  1. Pastikan stok makanan dan perlengkapan memasak aman.
  2. Pastikan juga kawanjo benar-benar bisa mengendarai campervan dan kuat berkendara jauh dalam waktu lama.
  3. Buatlah meal plan untuk menghindari risiko kehabisan makanan sebelum waktunya.
  4. Jangan membawa barang terlalu banyak karena mobil akan jadi sangat berat.
  5. Lebihkan makanan kecil untuk menemani kawanjo saat nyetir atau ketika beristirahat.
  6. Jangan lupa bawa perlengkapan kebersihan diri seperti tisu basah, sikat gigi, dan pembersih wajah. Beberapa tempat memang tak membolehkan kawanjo mandi. Jadi setidaknya bawa yang disebutkan di atas saja.
  7. Tentukan sebelum berangkat, kawanjo akan berhenti dan bermalam (camping) di mana saja.
  8. Tetaplah terorganisir agar perjalanan tetap nyaman
  9. Bawa penerangan atau senter dan letakkan sedekat mungkin dengan kawanjo.
  10. Rutinlah bersihkan campervan karena pasti takkan menyenangkan bepergian di dalam mobil yang kotor dan berbau tak sedap.
  11. Terakhir, nikmatilah perjalanan! Meski menemukan berbagai kendala, just please enjoy the trip. Karena itulah momen yang sesungguhnya. Momen yang akan selalu bisa jadi cerita dan dapat terus kawanjo simpan dalam hati dan kepala selamanya.

Tunggu apalagi, buruan cek paket wisata menariknya di sini.

Baca Juga : Tipe-Tipe Teman yang Ngeselin Pas Diajak Ngetrip, Nomor 2 Duh !

0 comments on “Mengenal Campervan Trip Lebih Dekat. 5 Hal Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Berangkat!

Leave a Reply

%d bloggers like this: