Oleh-oleh khas Semarang
Local Experiences

Ngetrip ke Semarang, Jangan Lupa Oleh-Oleh Ini Kawanjo

Setiap ngetrip atau pergi berlibur, wajib mencoba oleh-oleh yang ada di destinasi wisata di kota yang kita kunjungi

Semarang mungkin jadi kota yang pernah saya singgahi saat mencoba road trip ke Yogyakarta. Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ini punya banyak sekali bermacam-macam wisata dan juga kulinernya kawanjo. Mulai dari makanan tradisional khas Semarang, sampai berbagai macam makanan khas yang tentu punya nama serta bentuk unik. Pokoknya semuanya ada di Semarang.

Baca Juga : Mencicipi Kuliner Khas Kota Penyuplai Bola Piala Dunia

Torakur

Oleh-oleh Semarang
Jangan lupa cobain torakur pas ngetrip ke Semarang

Siapa yang suka kurma? Kurma ini identik dan khas kawanjo karena keluarnya hanya saat bulan suci Ramadan tiba saja. Torakur yang merupakan oleh-oleh dari Semarang ini merupakan camilan singkatan dari tomat rasa kurma. Ya, ini adalah olahan tomat yang dikeringkan menjadi manisan. Enak banget deh! Camilan unik ini cocok banget dijadikan oleh-oleh karena tidak hanya nikmat saja, Torakur juga bisa bertahan lama dan tidak mudah basi. 

Tumpi

Oleh-oleh khas Semarang
Cobain juga nih sejenis peyek khas Semarang

Sekilas memang oleh-oleh ini mirip sekali dengan makanan jenis peyek. Tetapi tumpi aslinya berbeda dari peyek. Mungkin jika peyek biasanya diberikan topping kacang tanah, Tumpi toppingnya menggunakan  kacang hijau. Unik bukan? Pasti sensasi rasanya berbeda banget nih.

Kue Sarang Madu

Oleh-oleh Semarang
Renyah dan manis

Ini adalah kue khas Semarang kawanjo. Kue Sarang Madu berbahan dasar santan dan tepung beras, serta olesan gula merah pada bagian atasnya. Kue ini punya rasa yang renyah, gurih dan manis. Cocok banget dijadikan sebagai oleh-oleh buat teman dan keluarga selesai balik ngetrip dari Semarang. 

Roti Ganjel Rel

Oleh-oleh khas Semarang
Roti gambang sih sebenarnya, tapi coba deh pas ngetrip ke Semarang

Ini adalah roti yang kerap diburu untuk oleh-oleh saat ngetrip ke Semarang. Roti ini mirip roti gambang kawanjo. Hanya saja, nama uniknya berasal dari bentuknya yang terlihat persis seperti bantalan rel kereta api. Kue yang dibuat dari tepung tapioka, santan, air nira, dan kayu manis ini punya aroma sedap serta rasa yang manis ditambah lagi tekstur yang padat. 

Kamu sukanya membeli apa kalau ngetrip ke Semarang? Cek info selengkapnya di sini.

Baca Juga : Inilah Oleh-Oleh yang Jadi Menu Wajib Saat Ngetrip ke Bali

0 comments on “Ngetrip ke Semarang, Jangan Lupa Oleh-Oleh Ini Kawanjo

Leave a Reply

%d bloggers like this: