Local Experiences

4 Jembatan dengan Panorama Indah di Jalur Pansela

Jembatan dengan keindahan panorama pantai dan laut yang membiru

Ngetrip melalui jalur Pantura atau Pantai Utara Jawa pasti sudah banyak orang yang mengenalnya. Ternyata sejak tahun 2018 ada jalur lain yang tak kalah serunya jika kawanjo akan ngetrip menuju Jawa Tengah atau Jawa Timur, yaitu melalui jalur Pansela atau Jalur Pantai Selatan Jawa.

Jalur ini membentang mulai dari Serang, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta hingga ke Banyuwangi, Jawa Timur, sepanjang 1.405 km. Kondisi jalannya mulus, memiliki lebar 5-7 meter. Jalur wisata ini juga didesain untuk dapat dilalui kendaraan dengan tonase hingga 8 ton.

Salah satu keindahan panorama di Jalur Pansela

Ngetrip melalui jalur Pansela, kawanjo bakal dapat pengalaman berbeda. Jalur ini melalui 23 Kabupaten yang menghadirkan keindahan hamparan sawah, hijaunya pegunungan, indahnya pantai dan laut yang membiru, serta puluhan objek wisata yang bisa kawanjo kunjungi.

Selain itu, ada juga 4 jembatan yang dibangun dan memiliki panorama indah karena berbatasan dengan laut, sekaligus cocok jadi lokasi foto yang menarik bersama kawan atau keluarga.

1. Jembatan Cilaki (Cianjur – Garut)

Panorama pantai Selatan saat melalui Jembatan Cilaki

Jembatan Cilaki merupakan jembatan terpanjang di Jawa Barat, penghubung antara Kabupaten Cianjur dengan Kabupaten Garut. Jembatan ini berada di Desa Karangwangi Cidaun. Kurang lebih 10 km dari objek Wisata Pantai Jayanti, Cidaun, Cianjur dan sekitar 8 km dari Rancabuaya, Garut Selatan.

Jembatan ini terbentang sepanjang 275 meter, banyak wisatawan yang sengaja datang ke jembatan ini sekedar untuk menikmati panorama alamnya yang super cantik. Lantaran, saat berada di jembatan ini, akan disuguhi panorama keindahan pantai selatan yang dipadu suara deburan ombak nan eksotis.

Baca juga: Mengenal Campervan Trip Lebih Dekat. 5 Hal Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Berangkat!

2. Jembatan Soge (Pacitan)

Jembatan Soge dengan pemandangan pantai Soge

Saat perjalanan kawanjo memasuki daerah Pacitan, Jawa Timur, akan melalui salah satu jembatan dengan panorama indah. Jembatan ini juga dianggap sebagai ikon dari Pantai Soge, terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan, Jawa Timur.

Jembatan Soge yang mempunyai panjang 100 meter, diapit rimbunnya pohon kelapa dengan hamparan sawah dan pantai dengan panorama indah. Jembatan ini dibangun futuristik dengan desain konstruksi pipa lengkung di bagian atasnya sehingga menyerupai rangka kubah raksasa.

Banyak wisatawan atau warga lokal yang sengaja berhenti di sekitar jembatan Soge untuk sekedar berfoto atau menikmati pantai dari celah alur muara Sungai Soge. Apalagi jika senja tiba, kawanjo bisa menikmati keindahan sunset atau matahari tenggelam di sekitar Jembatan Soge ini.

3. Jembatan Grindulu (Pacitan)

Jembatan Grinsulu yang diapit hamparan sawah

Masih di Pacitan, kawanjo bisa melalui jembatan sepanjang 750 meter yang menghubungkan wilayah Ploso dan Sirnoboyo, di Desa Kembang dan Desa Ploso, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Selain menjadi akses menuju Pelabuhan Barang dan Niaga di Desa Kembang Kecamatan Pacitan, jembatan ini juga menjadi spot swafoto baru bagi warga sekitar maupun wisatawan. Jembatan Grindulu juga jadi jalur penghubung ke kawasan wisata pantai Pancer dan Pantai Teleng Ria.

4. Jembatan Damas (Trenggalek)

Jembatan Damas dan pemandangan laut selatan serta perahu nelayan

Jembatan Damas merupakan salah satu jembatan dengan arsitektur modern yang dibangun di jalur Pansela. Masyarakat sekitar lebih sering menyebutnya dengan nama Jembatan Cengkrong karena lokasinya cukup dekat dengan kawasan wisata pantai Cengkrong.

Jembatan Jalur Lintas Selatan (JLS) Damas berada di Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 2012 bersamaan dengan dimulainya pembangunan Jalur Lintas Selatan yang menghubungkan antara Tulungagung dengan Trenggalek.

Nah, itulah 4 jembatan dengan panorama indah yang bisa kawanjo kunjungi. Tapi Ingat!, jangan pernah menghentikan kendaraan atau parkir di sepanjang jembatan karena akan mengganggu arus lalu lintas, sekaligus bisa membahayakan diri sendiri maupun pengendara lain.

Kawanjo tidak dilarang berada di tepi jembatan sekedar untuk menikmati keindahan pemandangan sambil berswafoto, namun tetap harus berhati-hati dan tetap menjaga keselamatan. Cek paket wisata menarik lainnya di sini

Baca juga: 5 Aktivitas Seru yang Bisa Dicoba Bareng Pasanganmu 

0 comments on “4 Jembatan dengan Panorama Indah di Jalur Pansela

Leave a Reply

%d bloggers like this: