PigiNews

Kabar Buruk, Kekuatan Paspor Indonesia Turun ke Peringkat 78

Kini, kekuatan paspor Indonesia setara dengan Tunisia dan Zambia.

Kabar buruk bagi Kawanjo. Kekuatan paspor Indonesia menurun jelang berakhirnya 2021. Saat ini paspor hijau milik WNI berada di peringkat ke-78.

Paspor Indonesia turun sebanyak enam peringkat. Sebelumnya paspor Indonesia berada di peringkat 72 selama sepanjang tahun 2020 sampai menjelang akhir 2021 ini.

BACA JUGA: Inilah Bidadari yang Menyukai Olahraga Ekstrem, Termasuk Rafting

Daftar mengenai kekuatan paspor dunia ini dikeluarkan oleh Henley and Partners. Perusahaan yang bermarkas di London ini setiap tahunnya sejak 2006 mengeluarkan daftar kekuatan paspor seluruh negara di dunia.

paspor hijau milik WNI

Ada beberapa faktor yang dinilai oleh Henley and Partners. Namun, data utama didapat Henley and Partners dari laporan eksklusif Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) kepada mereka. Perusahaan ini juga mengukur seberapa banyak suatu negara diberikan kebebasan visa untuk melawat ke negara lain.

BACA JUGA: Ngetrip ke Semarang, Jangan Lupa Oleh-Oleh Ini Kawanjo

Menjelang akhir 2021, negara dengan paspor terkuat dipegang Jepang. Negeri Matahari Terbit tidak sendirian di peringkat teratas, ada pula negara tetangga Indonesia Singapura di daftar paling wahid.

Kekuatan paspor Jepang dan Singapura memang tidak main-main. Pemegang paspor itu bebas visa ke sebanyak 192 negara yang tersebar di seluruh benua di dunia.

Tepat di bawah Jepang dan Singapura, ada dua negara maju yaitu Korea Selatan dan Jerman. Pemegang paspor Korsel serta Jerman bebas masuk ke 190 negara di dunia.

Paspor Indonesia

Sementara itu, Indonesia tidak berada sendirian di peringkat 78 daftar paspor terkuat di dunia. Paspor Indonesia berada di level yang sama dengan dua negara di Benua Afrika yaitu Zambia serta Tunisia. Kawanjo pemegang paspor Indonesia saat ini bebas masuk ke 71 negara.

Untuk tiga peringkat terbawah diduduki oleh di Timur Tengah dan Asia Tengah yaitu Afghanistan (bebas visa 26 negara), Irak (bebas visa 28 negara), dan Suriah (bebas visa 29 negara).

Biar Kawanjo enggak penasaran kita akan kasih daftar 10 negara paspor terkuat dan terlemah di dunia:

Paspor dunia

Terkuat di Peringkat 1 sampai 10:

Jepang, Singapura (192 negara bebas visa)
Jerman, Korea Selatan (190)
Finlandia, Italia, Luksemburg, Spanyol (189)
Austria, Denmark (188)
Prancis, Irlandia, Belanda, Portugal, Swedia (187)
Belgia, Selandia Baru, Swiss (186)
Republik Ceko, Yunani, Malta, Norwegia, Inggris Raya, Amerika Serikat (185)
Australia, Kanada (184)
Hongaria (183)
Lithuania, Polandia, Slovakia (182)

Terlemah Peringkat 109 sampai 116:

Iran, Lebanon, Sri Lanka, Sudan (41 negara bebas visa)
Kosovo, Libya, Bangladesh (40)
Korea Utara (39)
Nepal, Palestina (37)
Somalia (34)
Yaman (33)
Pakistan (31)
Suriah (29)
Irak (28)
Afghanistan (26)

Meskipun paspor Indonesia turun peringkat, Kawanjo jangan sedih, untuk saat ini yuk kita ngetrip di Nusantara dulu. Ada banyak wisata di tanah air yang lebih keren dari di luar negeri. Bila penasaran wisata apa saja itu? intip paket wisata kami di sini.

BACA JUGA: Wisata Mistis Bisa Jadi Daya Tarik Pariwisata Indonesia

0 comments on “Kabar Buruk, Kekuatan Paspor Indonesia Turun ke Peringkat 78

Leave a Reply

%d bloggers like this: