Local Experiences

4 Ide Oleh-Oleh Anti Mainstream dari Bali

Selain keindahan panorama, Bali dikenal dengan budayanya yang kental, karya seni, dan yang tak ketinggalan adalah cendera matanya

Buat orang Indonesia pergi berlibur sering banget dikaitkan dengan oleh-oleh. Walaupun kadang terkesan merepotkan mereka yang akan pergi liburan, oleh-oleh seolah sudah menjadi tradisi dan budaya wajib bagi kebanyakan Orang Indonesia yang sedang berlibur atau berpergian. Rasanya ada yang kurang kalau pulang tanpa membawa oleh-oleh buat keluarga atau keluarga dekat.

Nah, Pigijo mau kasih ide oleh-oleh anti main stream yang bisa dibeli buat kamu yang berencana atau sedang liburan di Bali. Bosen dong kalau tiap liburan dari Bali bawanya oleh-oleh berupa makanan, seperti pie susu, kacang disco, pia, brem, dan juga kopi.

Selain keindahan panorama, Bali dikenal dengan budayanya yang kental, karya seni, dan yang tak ketinggalan adalah cendera mata. Berbagai pernak-pernik ditawarkan sebagai buah tangan agar wisatawan tidak melupakan keindahan dan pengalaman liburan yang menyenangkan.

Cendera mata apa aja kira-kira yang bisa kamu jadikan oleh-oleh unik yang tentunya anti mainstream? Langsung aja cek 4 ide oleh-oleh berikut ini!

  1. 1. Kain Pantai
Selain untuk pergi ke pantai, kain ini juga bisa digunakan sebagai selimut

Bali terkenal dengan keindahan pantai-pantainya yang eksotis. Buat Kawanjo yang punya teman atau keluarga yang hobi main ke pantai, oleh-oleh satu ini cocok banget dijadiin buah tangan untuk mereka sepulang berlibur dari Bali. Kain Pantai Bali terkenal dengan warnanya yang mencolok dan varisai motif bunganya yang cantik.

Selain digunakan buat pergi ke pantai, kain ini juga cocok digunakan sehari-hari sebagai selimut karena bahannya yang dingin dan nyaman. Jika tertarik membeli kain pantai ini, kamu bisa mendapatkannnya di toko oleh-oleh atau suvenir. Harganya pun relatif terjangkau antara Rp44.000,00 sampai Rp100.000,00.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Wisata Hidden Gems di Lima Wilayah Bali

2. Kebaya Bali

Pas banget buat kamu yang ingin tampil terlihat cantik dan anggun ala wanita Bali

Oleh-oleh yang satu ini pastinya udah gak asing buat banyak orang. Kebaya Bali adalah pakaian adat yang sering kita lihat digunakan para Wanita Bali. Walau sekilas terlihat mirip dengan Kebaya Jawa, Kebaya Bali memiliki ciri khas tersendiri, salah satu yang mebedakannya adalah warnanya.

Kebaya putih, umumnya digunakan untuk sembahyang atau upacara keagamaan di pura. Sedangkan untuk upacara adat seperti menghadiri pernikahan, biasanya menggunakan kebaya berwarna seperti hijau, kuning, merah, ungu, biru.

Kebaya ini cocok dijadikan oleh-oleh untuk sanak keluarga, terutama istri atau pacar yang akan terlihat cantik dan anggun bergaya ala wanita Bali. Kebaya Bali bisa kamu dapatkan dengan rentan harga sekitar Rp50.000,00 hingga Rp1.000.000.

3. Batik Bali

Batik Bali memadukan budaya asli Bali dengan budaya luar Pulau Bali.

Oleh-oleh satu ini pasti berguna banget, mengingat batik masih jadi salah satu pilihan pakaian utama untuk menghadiri acara-acara formal. Tak salah jika Sobat Pesona memilih batik sebagai buah tangan untuk orang tersayang karena sudah pasti bermanfaat. Bukan cuma Pulau Jawa, Bali juga punya batik dengan motif yang gak kalah keren.

Baca Juga : Ter-update! Info Pariwisata Bali 2021

Salah satu ciri khas Batik Bali adalah aksen yang diberikan pada motif batik khas Bali gak sama besar antar satu sama lain. Selain memadukan motif tradisional dan modern, batik Bali juga memadukan budaya asli Bali dengan budaya luar Pulau Bali. Untuk harganya sendiri cukup bervariasi, Batik Bali dibanderol antara Rp300.000,00 sampai dengan Rp7.000.000,00.

4. Udeng

Kain yang biasa digunakan di kepala dan menjadi ciri khas para Pria Bali.

Buat para wanita yang bingung mau oleh-olehin pasangan, pacar atau bahkan ayahnya sepulang dari Bali mungkin cendera mata satu ini bisa jadi pilihanmu. Buat yang belum tahu udeng sendiri adalah kain yang biasa digunakan di kepala dan menjadi ciri khas para Pria Bali.

Sama seperti Kebaya Bali, setiap warna pada udeng juga memiliki makna tersendiri. Warna putih sebagai makna kembali kepada fitrah, kejernihan, kedamaian pikiran, serta kemurnian diri. Untuk berkabung udeng harus berwarna hitam, dan untuk kegiatan sosial lainnya bisa berwarna batik atau selain hitam dan putih. Harga udeng berkisar antara Rp50.000,00 hingga Rp80.000,00.

Gimana, sekarang udah tahu dong mau bawa oleh-oleh apa kalau pergi liburan ke Bali? Nah, kalau oleh-oleh anti mainstream udah tahu tapi masih belum tahu mau ngapain selama liburan di Bali, nih kamu bisa lihat paket-paket liburan dari Pigijo di sini!

0 comments on “4 Ide Oleh-Oleh Anti Mainstream dari Bali

Leave a Reply

%d bloggers like this: