Keindahan wisata Papua
Local Experiences

Selain PON, 6 Wisata Ini Bikin Kawanjo Makin Cinta Sama Papua

Dari pantai hingga dataran tinggi semua lengkap ada di Papua.

Sepekan terakhir Kawanjo dimanjakan dengan perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 di Papua. Ajang olahraga nasional itu membuat warga Indonesia makin cinta sama Papua. Lewat PON pula keindahan pariwisata di Bumi Cendrawasih makin tersorot.

Wisata di Papua sudah dikenal di Nusantara dan dunia apalagi setelah Raja Ampat populer. Saking indahnya kawasan wisata di Provinsi Papua Barat disebut-sebut secuil tanah surga yang jatuh ke Bumi. Memang benar Raja Ampat luar biasa menawan, tapi wisata di Papua bukan cuma Raja Ampat.

BACA JUGA: 4 Jembatan dengan Panorama Indah di Jalur Pansela

Ada begitu banyak objek wisata lain yang pastinya bikin ngiler Kawanjo untuk ngetrip ke Raja Ampat. Kita kasih clue sedikit, dari danau, dataran tinggi sampai pantai semuanya luar biasa indah. Percaya deh saking indahnya, Kawanjo pasti bingung mau ngetrip ke objek wisata mana di Papua.

Biar Kawanjo enggak makin penasaran, kita kasih list enam wisata paling hits di Papua, berikut daftar lengkapnya:

  1. Puncak Ifar
Puncak Ifar

Salah satu wisata yang bisa Kawanjo lihat saat turun dari pesawat di Papua adalah Bukit Ifar. Jaraknya tidak jauh dari Bandara Sentani, jika Kawanjo ingin ke arah Jayapura maka bisa berbelok sebentar untuk melihat keindahan Puncak Ifar.

Puncak Ifar merupakan lokasi wisata penuh sejarah. Di tempat ini salah satu pemimpin militer Amerika Serikat paling populer di Perang Dunia II, Jenderal Douglas MacArthur, memimpin pasukannya dan menyusun strategi perang. Untuk mengenang jasa MacArthur, terdapt sebuah tugu di Puncak Ifar.

Dari Puncak Ifar, keindahan Danau Sentani terlihat jelas. Di samping pemandangan alam, Kawanjo bisa pula melihat aktivitas pesawat yang lepas landas maupun mendarat di Bandara Sentani dari Puncak Ifar.

  1. Danau Sentani
Danau Sentani

Pastinya setelah melihat Puncak Ifar, Kawanjo harus mengunjungi Danau Sentani. Danau ini merupakan salah yang terbesar di Papua. Luas Danau Sentani mencapai 9.360 hektare. Sementara ketinggian Danau Sentani menembus 75 mdpl.

Yang membuat Danau Sentani indah tentunya pemandangan 21 pulau kecil di tengah danau. Panorama seperti itu hampir tidak ada danau-danau lain di Nusantara.

BACA JUGA: Mengenal Campervan Trip Lebih Dekat. 5 Hal Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Berangkat!

Saran kami untuk Kawanjo datang ke Danau Sentani di Bulan Juni. Setiap tahunnya di waktu itu digelar festival Danau Sentani. Festival yang masuk kalender wisata utama Indonesia ini memperlihatkan berbagai tarian adat di atas danau sampai pegelaran upacara adat dan penyajian berbagai macam kuliner khas Papua.

  1. Danau Hebema
Danau Hebema

Kaki Gunung Trikora di Kabupaten Jayapura menyimpan ‘harta karun’. Di sana terdapat Danau Habema. Danau itu memegang rekor sebagai danau tertinggi di Indonesia. Letak Danau Hebema berada di ketinggian 3300 meter di atas permukaan. Karena itu, Danau Hebema berjuluk Danau di atas awan.

Berlokasi di dataran tinggi sudah pasti Danau Hebema memiliki pemandangan luar biasa. Danau itu dikelilingi pandang rumput hijau serta tanaman-tanaman khas Papua di antaranya anggrek hitam. Mengunjungi Danau Hebema saat ngertrip di Papua tidak cuma memanjakan mata, tapi bakal pula menjadi pengalaman wisata tak terlupakan.

  1. Lembah Baliem
Suku Yali di Lembah Baliem

Mau melihat kehidupan suku asli Papua, Kawanjo harus banget ke Lembah Baliem. Lembah tersebut terletak di sela-sela pegunungan Jayawijaya. Lantaran berada di dataran tinggi, tepatnya 1600 meter di atas permukaan laut, suhu di sana bisa mencapai 10-15 derajat.

Di kelilingi dengan gunung, jangan tanya lagi soal keindahan Lembah Baliem. Luar biasa dan tidak ada duanya adalah kalimat paling cocok menggambarkan secara singkat luar biasanya Lembah Baliem.

Di Lembah Baliem pula Kawanjo bisa melihat aktivitas tradisional Suku Dani. Mereka mendiami Desa Wosolimo. Selain Suku Dani ada pula Suku Yali dan Suku Lani yang mendiami Lembah Baliem.

  1. Taman Nasional Lorentz
Jaya Wijaya

Kawanjo wajib tahu, taman nasional terbesar di Asia Tenggara, letaknya di Provinsi Papua. Taman Nasional itu bernama Lorentz. Luasnya mencapai 2.505.605 hektare. Saking luasnya Taman Nasional Lorentz berada di lima kabupaten. Sampai hari ini pula, taman nasional itu belum dipetakan seluruhnya.

Taman Nasional Lorentz merupakan gudangnya wisata di Papua. keanekaragaman hayati dan budaya ada di sana. Di sini pula bermukim Suku Asmat. Selain kehidupan suku lokal, Kawanjo akan pula melihat hewan dan tumbuhan khas Papua seperti babi hutan duri moncong, kuskus, walabi, nipah hingga bakau khas Papua.

Saking kayanya Taman Nasional Lorentz pada 1999 UNESCO mentapkan mereka sebagai taman nasional warisan dunia.

  1. Pantai Bosnik
Pantai Bosnik

Pantai Bosnik merupakan salah satu pantai terbaik di Papua. Bahkan, pantai yang terletak di Biak tersebut baik pantai dan pemandangan bawah lautnya tak kalah dengan Raja Ampat. Sayangnya sampai saat ini Pantai Bosnik belum mendapat sorotan dan publikasi seperti Raja Ampat.

Kawanjo yang berkesempatan mengunjungi Pantai Bosnik akan dimanjakan oleh halusnya pasir putih. Air laut di sana berwarna biru dan sangat jernih. Itu baru di darat, terumbu karang dan ikan cantik adalah penghuni tetap bawah laut Pantai Bosnik.

Kawanjo itu tadi enam wisata yang patut dikunjungi saat berada di Papua. Setelah mengetahui informasi penting ini, tiba waktunya Kawanjo cek paket wisata seru kami di sini.

BACA JUGA: Butuh Kacamata Buat Ngetrip, Ini Tipsnya Biar Tidak Salah Beli

0 comments on “Selain PON, 6 Wisata Ini Bikin Kawanjo Makin Cinta Sama Papua

Leave a Reply

%d bloggers like this: