Air terjun
Local Experiences

7 Tempat Trekking Seru Berujung Curug di Sentul yang Wajib Dicoba

Sentul di Jawa Barat menjadi salah satu daerah yang memiliki banyak sekali wisata trekking dan sangat diminati.

Di tengah pandemi COVID-19, wisata di outdoor menjadi sangat diminati. Salah satunya kegianta trekking. Trekking digemari karena pengunjung bisa berwisata menikmati alam bebas sambil berolahraga.

Sentul di Jawa Barat menjadi salah satu daerah yang memiliki banyak sekali wisata trekking dan sangat diminati. Lokasinya tidak jauh dari Jakarta hanya sekitar 2 sampai 3 jam saja berkendara. Selain itu, alamnya yang indah tentu membuat trekking jadi salah satu pilihan warga ibu kota untuk menikmati wisata alam.

BACA JUGA: 8 Kuliner Hangat yang Nikmat Disantap di Musim Hujan

Lokasi trekking di Sentul sangat banyak dan biasanya memiliki ujung di curug atau air terjun. Pigijo sudah merangkum tujuh lokasi trekking seru yang wajib Kawanjo jajal.

1. Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo sangat terkenal di Sentul. Tempat ini menjadi primadona wisata bagi warga Sentul dan sekitarnya. Pemandangannya sangat memesona para pengunjuk. 

Bagaimana tidak? di Curug Leuwi Hejo, Kawanjo bisa melihat kolam air berwarna hijau bening dengan diapit dinding bebatuan kapur di kanan dan kirinya. Untuk bisa ke lokasi curug, Kawanjo bisa menempuh trek sekitar dua jam dengan jalanan cukup menanjak.

Tapi, semua akan terbayarkan saat Kawanjo tiba di curug. Kawanjo bisa berenang atau sekadar bersantai di sana.

2. Curug Ciburial

Curug Ciburial dikenal sebagai curug kembar. Disebut demikian karena terdapat dua air terjun dengan ketinggian berbeda. Namun, lokasinya tidak bersebelahan.

Untuk ke Curug Ciburial, Kawanjo harus menempuh trek selama dua jam. Trek ini cukup menanjak loh. Kawanjo harus berhati-hati kalau mau ke curug ini saat musim hujan karena jalananya cukup licin. Tak hanya itu, aliran air di curug ini cukup deras.

3. Curug Leuwi Asih

Curug Leuwi Asih

Buat Kawanjo yang pemula atau enggak terlalu suka trekking dengan medan menanjak, Kawanjo bisa ke Curug Leuwi Asih. Untuk ke curug ini, Kawanjo harus berjalan dari Gunung Pancar. Waktu tempuhnya sekitar satu setengah hingga dua jam.

Di curug ini, Kawanjo juga bisa berkemah. Pasalnya, di sini disediakan area perkemahan. Buat yang suka berenang, bisa banget ke sini karena airnya cukup dalam.

BACA JUGA: Jakartans Boleh Serbu, Paket Wisata Seru di Bawah Rp 500 Ribu Nih!

Kawasan curug ini sangat sejuk karena berada di kaki Bukit Handeleum. Selain itu, selama perjalanan akan disuguhkan pemandangan indah karena ada persawahan.

4. Curug Putri Kencana

Putri Kencana

Curug Putri Kencana memiliki trek paling pendek, yakni hanya 500 meter. Sejak mau mulai trekking, Kawanjo sudah bisa mendengar suara gemercik air dan daun yang tertiup angin.

Kawanjo hanya perlu berjalan sedikit saja untuk menikmati keindahan alam yang luar biasa. Curug ini dekat dengan pemukiman penduduk, jadi jangan khawatir bakal kelaparan, ya.

5. Air Terjun Bidadari

Wisata trekking lainnya adalah Air Terjun Bidadari. Tempat ini tidak kalah indah dari curug lainnya. Namun, waktu perjalanannya cukup panjang. Kawanjo harus menyusuri trek selama tiga jam untuk sampai di lokasi ini. 

Air terjun ini ketinggiannya sekitar 50 meter. Pengunjung dapat menikmati kesegaran air terjun di kolamnya. Selain itu, airnya tidak dalam, jadi Kawanjo yang membawa anak kecil bisa berenang bersama mereka.

6. Curug Cibaliung

Cibaliung

Kawanjo yang ingin ke Curug Cibaliung harus trekking dulu selama satu setengah jam. Tak hanya itu, Kawanjo juga harus menyusuri sungai yang berasal dari aliran curug sekitar 20 menit. Hati-hati ya, karena trek di sana berbatu dan licin.

Pemandangan di Curug Cibaliung sangat mempesona. Keadaan alamnya masih terjaga karena jauh dari keramaian. Biasanya, pengunjung yang datang ingin menikmati tempat yang jauh dari keramaian.

Curug ini masih dikelilingi hutan yang sangat hijau dan lebat. Jadi, jangan heran jika Kawanjo masih mendengar kicauan burung yang sangat nyaring di sini.

7. Curug Hordeng

Curug Hordeng

Rute ke Curug Hordeng disebut yang cukup menantang. Pasalnya, jalanannya agak sempit, ditambah ada turunan dan tanjakan, serta tikungan yang ekstrem. Kondisi jalanan cukup berbatu dan licin.

Meski demikian, sepanjang perjalanan mata Kawanjo akan dimanjakan dengan pemandangan hutan asri dan perkebunan milik warga setempat. Selain itu, Kawanjo juga bisa berenang, karena kolam air terjunnya cukup aman untuk berenang atau sekadar berendam.

Itu tadi 7 rute trekking seru di Sentul, beberapa di antarnya bahkan menjadi paket wisata yang tersedia di Pigijo. Selain ngetrip ke curug berbagai paket wisata yang tak kalah seru ada juga di sini.

BACA JUGA: 4 Jembatan dengan Panorama Indah di Jalur Pansela

0 comments on “7 Tempat Trekking Seru Berujung Curug di Sentul yang Wajib Dicoba

Leave a Reply

%d bloggers like this: