film traveing, traveling, kawanjo, local experience, pandemi, nonton, semeru, gunung semeru, ranu kumbolo, puncak mahameru, rinjani, belanda, deva mahendra, alexa key,
Local Experiences

Intip Keindahan Dunia dengan Deretan Film Ini

Sebelum ngetrip, setidaknya nonton filmnya dulu deh biar nggak penasaran.

Kami mengerti, di masa pandemi, banyak yang mengisi waktu di rumah dengan bekerja, sekolah, maupun kuliah. Tak terkecuali saat weekend. Meski masih di rumah saja, setidaknya masa weekend menjadi masa istirahat. Biasanya banyak yang mengisi waktu untuk keluarga atau sekedar nonton film demi menghilangkan penat bersama orang tercinta.

Bagi kalian yang kangen jalan-jalan, ada beberapa rekomendasi film nih buat kamu yang penasaran dengan daerah tertentu namun belum bisa lihat secara langsung karena pandemi. Langsung saja, berikut daftar film yang pamer keindahan, cocok banget ditonton untuk mengisi waktu saat pandemi.

1. 5 CM (2012): Adventure, Drama, Romance

film traveing, traveling, kawanjo, local experience, pandemi, nonton, semeru, gunung semeru, ranu kumbolo, puncak mahameru, rinjani, belanda, deva mahendra, alexa key,, 5cm, tracks, into the wild, negeri van oranje,
Kisah lima sahabat mendaki ke Puncak Mahameru.

Rekomendasi film yang pertama ini karya anak bangsa, film yang diangkat berdasarkan novel karya Donny Dhirgantoro. 5cm mengambil latar belakang puncak gunung tertinggi pulau Jawa, yaitu Mahameru di puncak Gunung Semeru.

5 orang yang menjadi tokoh utama dalam film 5cm adalah Genta, Arial, Zafran, Riani dan Ian. Mereka berlima sudah berteman dan bersahabat untuk waktu yang lama. Merasa jenuh dengan persahabatan mereka, akhirnya mereka memutuskan untuk menjalani kehidupan mereka masing-masing. Setelah berpisah untuk sekian waktu, mereka berencana untuk bertemu sekaligus membahas rencana besar, merayakan pertemuan mereka. Mereka memutuskan untuk mendaki Gunung Semeru dan mengibarkan Bendera Merah Putih di puncaknya.

Tidak semua dari mereka mengerti tentang pendakian gunung. Sehingga banyak hal dan rintangan dalam mendaki gunung tersebut. Namun dengan tekad yang kuat dan kerjasama yang solid, mereka berhasil mencapai puncak Mahameru dan mengibarkan bendera Merah Putih di puncaknya. Setelah berhasil sampai puncak, mereka terharu dan menangis. Usaha yang mereka lakukan tidaklah sia-sia. Kini mereka berhasil menaklukkan puncak Mahameru. Di film ini Kawanjo akan banyak melihat landscape perjalanan indah menuju Puncak Mahameru, salah satunya Danau ikonik Ranu Kumbolo

2. TRACKS (2014): Adventure, Biography, Drama

film traveing, traveling, kawanjo, local experience, pandemi, nonton, semeru, gunung semeru, ranu kumbolo, puncak mahameru, rinjani, belanda, deva mahendra, alexa key,, 5cm, tracks, into the wild, negeri van oranje,
Kisah eorang perempuan melintasi gurun Australia.


Film Tracks diangkat berdasarkan kisah nyata. Film ini bercerita tentang perjalanan seorang perempuan muda bernama Robyn Davidson dalam melintasi gurun Australia yang tandus dan kering bersama dengan empat ekor unta dan anjing peliharaannya yang diberi nama Diggity. Unta-unta ini ia peroleh dari seorang peternak unta. Sebelumnya, peternak unta tersebut juga mengajari Robyn bagaimana caranya menangkap unta liar. Robyn juga diajarkan bagaimana caranya menjinakkan unta liar. Dengan begitu, ia bisa melatih unta untuk membawakan barang-barang miliknya selama perjalanan.


Di tengah perjalanannya, beberapa orang teman Robyn datang dan menemuinya. Bahkan salah seorang diantaranya menawarkan diri untuk meliput kehidupannya di alam liar bersama para unta. Awalnya Robyn keberatan jika perjalanannya diliput. Namun kemudian Robyn menerima tawaran tersebut setelah tau bahwa ia akan mendapat sponsor dan uang.

3. Negeri Van Oranje (2015): Adventure, Drama, Romance

film traveing, traveling, kawanjo, local experience, pandemi, nonton, semeru, gunung semeru, ranu kumbolo, puncak mahameru, rinjani, belanda, deva mahendra, alexa key,, 5cm, tracks, into the wild, negeri van oranje,
Cuplikan film Negeri van Oranje.


Film Negeri Van Oranje merupakan adaptasi dari novel dengan judul yang sama. Para pemain yang bergabung di film ini, di antaranya Tatjana Saphira, Chicco Jerikho, Abimana Aryasatya, Arifin Putra, dan Ge Pamungkas.

Film ini berkisah tentang Lintang, seorang mahasiswi pascasarjana yang kuliah di Belanda. Lintang bersahabat baik dengan sesama mahasiswa pascasarjana di Belanda bernama Banjar, Wicak, Daus, dan Geri. Walaupun kuliah di kota yang berbeda seperti Leiden Utrecht, Rotterdam, Wageningen dan Den Haag, hubungan erat mereka terjalin cukup lama. Persahabatan itu pula yang membuat mereka bertahan hidup di negeri yang jauh dari tanah air. Apalagi, mereka saling menguatkan satu sama lain.

Kebersamaan yang erat sedikit demi sedikit menanam perasaan cinta pada diri Lintang. Dia tidak bisa membendung perasaan cinta pada salah satu sahabatnya. Pada masa depan, Lintang akan menikah dengan salah satu sahabat baiknya. Sebuah berkah yang beriringan dengan musibah.

4. Into The Wild (2007): Adventure, Biography, Drama

Tatjana Saphira, Chicco Jerikho, Abimana Aryasatya, Arifin Putra, Ge Pamungkas, film traveing, traveling, kawanjo, local experience, pandemi, nonton, semeru, gunung semeru, ranu kumbolo, puncak mahameru, rinjani, belanda, deva mahendra, alexa key,, 5cm, tracks, into the wild, negeri van oranje,


Film yang diangkat dari buku karya Jon Krakauer ini tayang pada tahun 2007 silam. Film ini juga diangkat dari kisah nyata seorang mahasiswa yang baru saja lulus. Bukannya melanjutkan studinya atau bekerja, pria ini malah memutuskan untuk menjauh dari kehidupan yang selama ini dijalaninya.

Christopher McCandless memutuskan untuk pergi ke alam bebas dan melepas semua tentang dunia. Ia membuang semua uang yang dia punya dan membuang semua kartu identitas miliknya. Bahkan ia mengganti namanya menjadi Alexander Supertramp. Tentunya tidak ada seorangpun yang tau rencananya untuk tinggal di alam bebas ini.

Perjalanannya yang panjang membuatnya bertemu dengan banyak orang dan mendapatkan kisah baru. Beberapa di antaranya memintanya untuk tetap tinggal, namun Christ tidak ingin tetap diam dan tetap ingin hidup di alam liar, sesuai dengan apa yang ada di hatinya. Dalam perjalanannya, ia menemukan sebuah mobil yang sudah tua. Ada sebuah kasur dan beberapa barang yang sudah tampak lama ditinggalkan. Ia kemudian menjadikan mobil ini menjadi rumahnya. Bahkan memberinya nama magic bus.

Christ bertahan hidup dengan bergantung pada alam. Ia memburu binatang untuk makan dan memakan tanaman yang ada di sekitarnya. Namun tidak berselang lama, hal yang buruk menimpa Christ. Musim mulai berganti. Beberapa binatang mulai pergi dan tanaman juga sudah tidak tumbuh lagi. Ia kelaparan dan kesulitan bertahan hidup.

5. Romeo + Rinjani (2015): Adventure, Romance

Tatjana Saphira, Chicco Jerikho, Abimana Aryasatya, Arifin Putra, Ge Pamungkas, film traveing, traveling, kawanjo, local experience, pandemi, nonton, semeru, gunung semeru, ranu kumbolo, puncak mahameru, rinjani, belanda, deva mahendra, alexa key,, 5cm, tracks, into the wild, negeri van oranje,
Cuplikan film Romeo dan Rinjani.


Film ini berkisah tentang Romeo (diperankan oleh Deva Mahendra) adalah seorang playboy yang memiliki cerita buruk akan pernikahan. Setiap pacar yang mengajak menikah, Romeo selalu minta putus. Namun, beda dengan Raline (diperankan oleh Kimberly Ryder ), dia mengajak Romeo untuk menikah karena hamil. Sifat penyuka anak kecilnya Romeo membuatnya tidak tega melihat Raline dan akhirnya mau bertanggung jawab atas perbuatannya. Pernikahan mereka akan dilaksanakan setelah Romeo mengambil foto di Gunung Rinjani.

Tidak disangka, saat perjalanan ke Rinjani, Romeo bertemu dengan Sharon (diperankan oleh Alexa Key ) yang memiliki pemikiran sama dengannya, yakni sama-sama tidak suka dengan pernikahan. Hal ini membuat Romeo mulai menaruh rasa suka. Karena sifat playboy Romeo, dia berusaha mendekati Sharon. Sayangnya, Romeo malah dikerjai oleh Sharon bahkan terkena jebakan hingga cintanya malah balik tergantung. Keindahan Gunung Rinjani yang menjadi latar tempat dalam film ini membuat kalian secara tersirat akan menikmati film berdurasi hampir 120 menit ini.

Nah Kawanjo, itu tadi adalah 5 rekomendasi film untuk kalian para pecinta traveling. Dari 5 film di atas, mana yang menjadi favorit kamu? Atau adakah referensi film dengan tema traveling yang juga harus ditonton? Jika ada, share judul filmnya di kolom komentar ya. Buat yang sudah nggak sabar mau traveling, Kawanjo bisa cek paket wisata seru di sini. Selamat mencoba ya!

Penulis: Ikhsani Sholehah

0 comments on “Intip Keindahan Dunia dengan Deretan Film Ini

Leave a Reply

%d bloggers like this: