Local Experiences

5 Destinasi Wisata Tersembunyi di Tasikmalaya

Siapa sangka destinasi wisata ini ada di Tasikmalaya? Nomor 5 punya pemandangan cantik bak kolam permata biru lho!

Terkenal karena kerajinannya, membuat Tasikmalaya jadi destinasi wisata yang banyak didatangi oleh wisatawan. Tak hanya kerajinannya saja, salak dan tutuk oncom juga menjadi buah dan makanan khas daerah ini yang menjadi daya tarik. Siapa yang pernah coba lezatnya tutuk oncom asli Tasikmalaya?

Tasikmalaya atau biasa disebut “Sang Mutiara dari Priangan Timur” juga memiliki beragam destinasi wisata dengan pemandangan alam yang indah. Dari curug hingga pantai, semuanya berpotensi menjadi objek wisata yang luar biasa. Salah satu yang terkenal adalah pantai Cipatujah.

Namun jangan salah, Kawanjo juga harus mengeksplor lebih dalam, di sana juga banyak tempat wisata tersembunyi yang estetik dan instagramable banget. Gak heran deh destinasi wisata di Tasikmalaya itu wajib masuk list ngetrip kamu.

1. Instagenic, Taman Rekreasi Pasir Krisik

Terletak di Desa Guranteng, Kecamatan Pagarageung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, destinasi wisata ini akan memanjakan Kawanjo yang suka mencari spot cantik untuk foto sendiri atau bersama teman, pasangan dan keluarga.

Tempat wisata ini awalnya adalah vila keluarga, lengkap dengan fasilitas kolam renang, kamar untuk menginap serta Gazebo buat bersantai. Jangan lupakan juga background memesona yang mengundang para pengguna Instagram untuk mengambil foto di sini.

Selain itu, bagi para calon pengantin yang ingin menggelar foto prewedding juga bisa datang ke destinasi wisata ini. Karena, ada taman bunga, infinity pool dan ayunan ekstrem dengan latar belakang pemandangan hijau Tasikmalaya.

Di sana kita juga bisa ambil angle terbaik dengan background tempat-tempat terkenal di dunia. Seperti menara pisa, telepon umum bak di London dan lain-lain. Ada juga wahana foto 3D unik dan gardu pandang romantis yang siap memikat Kawanjo untuk berkunjung.

2. Eksplor Kampung Tradisional, Kampung Naga

Buat kawanjo yang suka berinteraksi dengan masyarakat Sunda yang kaya akan kearifan lokal dan adat istiadat, bisa banget berkunjung ke Kampung Adat Naga. Berada di lembah subur, warga di kampung ini memiliki keunikan tersendiri, mulai dari arsitektur rumah yang berbentuk panggung hingga masyarakat tradisional penjunjung tinggi adat istiadat. Maka tidak heran bila warganya sangat ramah dan guyub menegakkan hukum adat.

Hijaunya pemandangan tak bisa lepas dari lokasi yang berada di lembah subur dan sejuk. Bagi Kawanjo yang suka suasana pedesaan yang asri, Kampung Naga  bisa jadi pilihan tepat. Kawanjo bisa ikut beraktivitas atau sekedar melihat masyarakat di sana bertani dan mengolah ladang. Kawanjo juga bisa berkontribusi meningkatkan ekonomi warga dengan membeli hasil bumi buatan masyarakat setempat.

3. Mysterious Place, Telaga Denuh

Buat kawanjo yang belum kesampaian ngetrip ke Ranu Kumbolo, mungkin Telaga Denuh bisa jadi remedi. Tak banyak yang tahu kalau Tasik juga punya danau tersembunyi yang indahnya tidak kalah dari Ranu Kumbolo? Ya, Telaga Denuh adalah Ranu Kumbolonya Tasikmalaya. Danau di atas bukit asri dengan pohon-pohon di sekililingnya. Sejuk dan pastinya Instagramable banget nih, Kawanjo. Letaknya ada di Bojongkapol, Bojonggambir, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Telaga ini belum banyak dieksplor oleh wisatawan. Akses yang jauh dari pusat kota serta jalur yang terjal menjadi perjuangan tersendiri untuk dapat sampai ke tempat ini. Bahkan Kawanjo harus trekking melewati jalan setapak, pematang sawah dan menyebrangi sungai. Bisa dikatakan destinasi wisata ini cocok untuk wisatawan dengan peminat khusus dengan kondisi tubuh yang prima untuk menjelajahi harta karun wisata kepunyaan Tasikmalaya ini.

Selain pemandangan alam, Telaga Denuh juga menyimpan misteri. Bentuk danau yang jika dilihat dari atas mirip peta Tasikmalaya hingga situs sejarah yang mengelilingi Telaga Denuh ini. Disarankan kawanjo menggunakan local guide dari warga sekitar yang paham akan akses menuju Telaga Denuh supaya perjalanan lebih mudah dan menyenangkan.

4. Tirai Air Indah : Curug Sawer

Buat Kawanjo yang penat dan butuh traveling, bisa banget nih mengunjungi destinasi wisata air terjun. Salah satu air terjun dengan pemandangan menarik di Tasikmalaya adalah Curug Sawer yang letaknya di desa Mandalamekar, Kecamatan Jatiwarna, Kabupaten Tasikmalaya.

Ketinggian lebih dari 50 meter membuat curug sawer tampil dengan aliran air yang menawan. Layaknya tirai panjang dengan curah air yang deras, ditambah pemandangan alam yang hijau dan asri, Curug Sawer menjadi idaman para wisatawan yang ingin lepas penat dari keramaian kota.

Tasikmalaya, destinasi wisata, kawanjo, local experience, pasir krisik, kampung naga, telaga denuh, curug sawer, curug, cipatuh,
Panorama indahnya air terjun di Curug Sawer.
Sumber: ksmtour.com

Berenang dan bermain air diantara batu-batu wajib dan harus kawanjo lakukan dengan hati-hati ya tentunya. Jangan lupa berfoto dan mengabadikan momen keindahan alam sekitar. Apalagi jika dari sudut pandang tertentu, Curug Sawer menawarkan view yang Instagramable banget.

5. Permata Biru Tersembunyi, Cipatuh

Cipatuh itu sendiri mrupakan kependekan dari Cipanas Atmaji Pancuran Tujuh Kahuripan. Destinasi wisata satu ini belum banyak diketahui wisatawan, bisa dibilang sebagai objek wisata harta karun lah. Padahal, pemandangan alam yang mengitari Cipatuh sangat indah dan menyejukkan mata.

Selain air terjun, Kawanjo juga bisa menemukan kolam renang air panas berwarna biru layaknya permata di tengah hutan. Kawanjo tidak akan tahan hanya melihat saja, pasti tergugah untuk berendam dan main air untuk menyegarkan pikiran dan tubuh.

Tasikmalaya, destinasi wisata, kawanjo, local experience, pasir krisik, kampung naga, telaga denuh, curug sawer, curug, cipatuh,
Visualisasi Danau Cipatuh, bak permata biru.
Sumber : pikiranrakyat.com

Untuk sampai ke Cipatuh harus menempuh perjalanan yang sulit, karena akses yang kurang memadai. Walaupun melelahkan, semua akan terbayar saat memasuki Kawasan Wisata Cipatuh ini. Selain itu, air panas yang mengalir dari semua pancuran Cipatuh diyakini berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Walaupun berasal dari satu sumber mata air, air yang mengalir memiliki citarasa yang berbeda dari setiap pancuran. Unik bukan? Kawanjo bisa langsung membuktikannya sendiri dengan datang ke destinasi wisata satu ini.

Jadi, itulah lima destinasi wisata tersembunyi di Tasikmalaya. Jangan lupa untuk siapkan energi dan akomodasi yang cukup sebelum melakukan perjalanan. Intinya, akses yang sulit juga harus disikapi dengan bijak ya Kawanjo.

Tetap perhatikan kelestarian alam agar keasriannya tetap terjaga. Untuk referensi paket wisata seru, Kawanjo bisa cek di sini ya.

Penulis: Putri Rizqy Aprilliani

0 comments on “5 Destinasi Wisata Tersembunyi di Tasikmalaya

Leave a Reply

%d bloggers like this: