Banyuwangi
Local Experiences

Mau ke Banyuwangi? Wajib ke 5 Destinasi Wisata Ini

Banyuwangi diitetapkan sebagai salah satu etalase ekonomi kreatif terbaik di Indonesia.

Banyuwangi jadi salah satu destinasi wisata yang cukup diminati turis baik domestik maupun mancanegara. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno bahkan menuturkan, wilayah ini sebagai saah satu etalase ekonomi kreatif terbaik di Indonesia.

“Khusus yang di Banyuwangi ini kan etalase ekonomi kreatif terbaik di Indonesia. Kita ingin ekosistem ini tetap hidup dan tidak rusak secara permanen karena minimnya kunjungan wisatawan akibat pandemi,” kata Sandiaga saat berkunjung ke Banyuwangi beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Ayo ke Banyuwangi, Cobain Kulineran Ini Dijamin Bikin Nagih

Untuk membangkitkan lagi ekonomi kreatif di Banyuwangi, Pigijo sudah merangkum berbagai tempat wisata di Banyuwangi khusus untuk Kawanjo. Apa saja sih?

1. Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri

Destinasi yang wajib Kawanjo datangi saat ke Banyuwangi, ya Taman Nasional Meru Betiri. Kawasan ini merupakan hutan lindung yang dikelola berdasarkan hukum pemerintah Hindia Belanda. Berdasarkan sejarah, pada 1972, kawasan ini ditetapkan sebagai suaka margasatwa untuk harimau Jawa.

Namun, sejak 1997, Kementerian Kehutanan menetapkannya menjadi taman nasional dengan hanya mengambil bagian kawasan hutan.

BACA JUGA: Wow, Inilah 12 Gunung Dengan Sunrise Terindah di Indonesia

Taman Nasional Meru Betiri memiliki objek wisata petualangan hutan dan pantai. Pantai yang ada banyak yang masih “perawan” karena memang tidak diperkenankan untuk dibangun sarana wisata yang permanen. Salah satunya pantai sukamade tempat penyu bertelur pada malam hari.

Kalau Kawanjo mau ke Taman Nasional Meru Betiri, disarankan untuk menginap di fasilitas mereka. Karena, kalau beruntung, Kawanjo bisa melihat penyu dewasa bertelur di pantai.

2. Pantai Teluk Ijo/ Hijau

Pantai Teluk Ijo

Pantai Teluk Hijau merupakan destinasi favorit di Taman Nasional Meru Betiri. Disebut Teluk Hijau kerena airnya berwarna biru kehijau-hijauan yang disebabkan oleh alga yang tumbuh dan hidup secara bergerombolan di dasar Pantai Teluk Hijau.

Pantai Teluk Hijau dikenal dengan pasir putihnya yang sangat bersih dan air terjun setinggi 8 meter. Selain keindahannya, pantai satu ini memiliki hamparan batu karang raksasa yang berada di pinggir pantai. Untuk mencapai pantai ini diperlukan sedikit usaha karena medan yang dilalui cukup sulit. Namun, keindahannya dapat membayar semua kesulitan tersebut.

Pantai Teluk Ijo ini berjarak 90 kilometer dari Kota Banyuwangi atau berjarak sekitar 105 kilometer dari Jember. Pantai ini bisa ditempuh kendaraan roda dua dan juga roda empat.

Wisatawan lokal hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 saat tengah pekan dan Rp7.000 saat weekend.

3. Taman Nasional Baluran

Kelelawar di Baluran

Taman Nasional Baluran dijuluki dengan ‘Little Africa in Java’. Luas kawasan ini kurang lebih 25.000 ribu hektar. Di kawasan ini Kawanjo akan disuguhkan dengan berbagai macam konservasi dan hewan-hewan alam.

Sayangnya, jalanan menuju Taman Nasional Baluran ini rusak parah. Tapi, karena statusnya sebagai sebuah Taman Nasional jalanan di kawasan ini tidak boleh diperbaiki.

Selain itu, masih banyak hewan liar yang berlalu lalang di sini. Tapi jangan khawatir, di kawasan ini sudah berdiri warung dengan berbagai menu makanan untuk mengisi perut Kawanjo yang kosong.

Ada beberapa tempat di Taman Nasional Baluran yang perlu didatangi Kawanjo, yakni Hutan Musim, Hutan Evergreen, Savana Bakol, dan Pantai Bama. Alamat Taman Nasional Baluran berada di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa timur. Kawasan ini memang perbatasan antara kedua kabupaten tersebut.

Harga tiket masuk disini cukup murah di hari weekday, Kawanjo cukup membayar Rp15.000. Kalau wisatawan mancanegara harus membayar Rp150.000. Namun, jika hari libur harganya naik menjadi Rp17.500 untuk wisatawan domestik, dan Rp225.000 untuk turis asing.

4. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah jadi destinasi wisata wajib juga nih buat Kawanjo yang mau ke Banyuwangi. Pantai ini mengambil nama dari pulau kecil dengan tanah berwarna merah tak jauh dari pantai.

Pulau Merah bahkan bisa dicapai dengan berjalan kaki ketika laut sedang surut, sehingga wisatawan bisa mengeksplornya. Tapi selain Pulau Merah yang unik ini, Pantai Pulau Merah juga terkenal dengan pasirnya yang halus, membuatnya ideal untuk bermain.

Untuk Kawanjo yang gemar berselancar, bisa mencobanya di pantai ini. Ombak di sini sangat ideal untuk peselancar pemula.

5. Gunung Ijen

Ijen

Kawah Ijen bisa dibilang jadi destinasi wisata favorit di Banyuwangi bagi pelancong. Kawah ini terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso. Bukan hanya menawarkan panorama yang luar biasa indah, Kawah Ijen juga memiliki pertambangan belerang yang unik.

Kawah Ijen juga memiliki fenomena unik Blue Fire atau api biru. Api biru ini adalah hasil dari terbakarnya gas sulfur yang muncul dari retakan Gunung Api Ijen yang memiliki temperatur hingga 600 derajat celcius. Api biru di Ijen ini adalah yang terbesar di dunia, dan satu lokasi lainnya di dunia yang memiliki fenomena ini hanyalah di Gunung Dallol di Ethiopia.

Hiking di Kawah Ijen menempuh jarak tiga kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1,5 hingga 2 jam. Lansia, ibu hamil, penyandang disabitas, dan mereka yang memiliki kondisi medis serius tidak disarankan untuk hiking di sini karena bau belerang yang cukup kuat dan rute hiking yang tajam.

Nah Kawanjo, itu tadi adalah lima destinasi wisata di Banyuwangi yang harus kalian datangi. Adakah yang ingin Kawanjo datangi, atau untuk yang mau menambah list destination ke Banyuwangi, share di kolom komentar ya.

Buat yang sudah nggak sabar mau traveling, Kawanjo bisa cek paket wisata seru di sini. Selamat mencoba ya!

BACA JUGA: Sandiaga Uno Wajibkan Karantina Turis Asing Berbasis Data

0 comments on “Mau ke Banyuwangi? Wajib ke 5 Destinasi Wisata Ini

Leave a Reply

%d bloggers like this: