Local Experiences

Lokasi Berburu Sunset yang Wajib Dijajal di Bali

Mau berburu sunset? gak perlu ragu buru angkat ransel ke Bali.

Liburan ke pantai rasanya kurang lengkap kalau tidak melihat sunset alias matahari terbenam. Bahkan, tidak jarang ada turis yang khusus berburu sunset saat liburan. Berburu sunset memang lebih tepat di pantai dibandingkan gunung nih kawanjo.

Memburu lokasi sunset untuk memperoleh pemandangan yang indah merupakan sesuatu yang wajib. Jangan sampai niat memburu senja tapi ada di tempat dan waktu yang salah. Sebelum berburu senja alangkah baiknya mencari tahu terlebih dahulu dimana saja lokasi paling bagus untuk mencari sunset.

BACA JUGA: Pilihan Destinasi Wisata Akhir Tahun Sesuai Zodiakmu

Di Indonesia, salah satu lokasi terbaik berburu sunset tentu saja di Bali. Pantai di Pulau Dewata ini memang seperti memiliki kekuatan tersendiri yang membuat setiap orang terpukau. Gak heran kalau Bali itu selalu punya pemandangan indah deh.

Bali memiliki banyak lokasi untuk memperoleh senja terbaik. Wah kira-kira di mana saja ya? Check this out!

1. Pantai Jimbaran Bali

Sunset di Jimbaran

Pantai Jimbaran Bali tak pernah sepi pengunjung. Pantai di Bali ini menjadi salah satu spot favorit untuk berburu sunset. Yang paling banyak berkunjung ke Jimbaran adalah pasangan yang ingin menikmati sunset sambil makan malam di pinggir pantai.

Perpaduan antara hidangan yang nikmat, sunset, pasir putih, dan deburan ombak menjadi kombinasi yang sungguh apik untuk sepasang kekasih atau pasangan yang berbulan madu di pantai hits Bali ini. Menjelang malam, wisatawan mulai berdatangan. Setelah puas menikmati sunset, kawanjo bisa langsung memesan makanan yang menyajikan hidangan laut sekaligus mendengarkan live musik di resto tersebut.

Pantai Jimbaran terletak di Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung Bali. Jangan lupa bawa pasangan kalau ke pantai ini, karena sunset-nya romantis banget!

2. Pantai Kelan Bali

Sunset Pantai Kelan

Masih di Kabupaten Badung, terdapat Pantai Kelan Bali yang memiliki panorama senja unik. Pantai ini terletak tepat di Desa Adat Kelan Bali. Tempat ini sangat mudah untuk ditemukan karena lokasinya yang dekat dengan Bandara Ngurah Rai.

Karakter pantai di Bali yang satu ini mirip dengan Jimbaran yang memiliki ombak tidak besar, air laut biru dan hamparan pasir putih. Dari pantai ini, Kawanjo bisa berburu sunset sekaligus melihat pesawat-pesawat yang wara-wiri terbang dan mendarat di bandara.

BACA JUGA: Obama hingga Raja Salman, Ini Deretan Pemimpin Dunia yang Kepincut dengan Bali

Untuk Kawanjo yang suka dengan dunia fotografi, pemandangan sunset ini merupakan pemandangan yang layak untuk diburu. Selain itu, setelah puas menikmati sunset, kawanjo bisa melakukan aktivitas lainnya seperti berburu kuliner khas Bali.

3. Tanah Lot Bali

Sunset Tanah Lot

Siapa sih yang belum pernah dengar Tanah Lot Bali? Kawanjo wajib ke sana untuk melihat Pura paling terkenal seantero Bali. Tanah Lot sendiri berlokasi di Desa Tabanan kurang lebih 1 setengah jam perjalanan dari Bandara Ngurah Rai Bali.

Selain memiliki bangunan Pura yang indah, dari Tanah Lot bisa terlihat sunset yang tak kalah memukau. Magis! Pura di sini terkenal karena lokasinya yang ada di atas batu karang di lautan. Saat sore akan ada pemandangan warna jingga di balik Pura tersebut. Siluet Pura jadi pesona utama di sini. Untuk Kawanjo yang mau melihat kemagisan panorama senja di Tanah Lot Bali, diusahakan untuk datang lebih awal ya.

4. Pantai Melasti Bali

Sunset Pantai Melasti

Pantai berikutnya adalah Pantai Melasti Bali. Pantai yang terletak di Banjar Kelod Bali ini dulu pernah menjadi tempat syuting artis terkenal Julia Robert untuk film Eat, Pray and Love.

Untuk sampai ke sana, Kawanjo harus menempuh perjalanan kurang lebih 26 kilometer dari Kota Denpasar Bali dan 3 kilometer jika ditempuh dari Ungasan. Memang cukup jauh, tapi Kawanjo enggak bakal menyesal deh kalau ke sini, sunset dan pemandangannya keren abis.

Pantai ini menjadi lokasi untuk melaksanakan upacara adat Bali Melasti. Ini menjadi alasan di balik nama Pantai Melasti. Upacara Melasti sendiri merupakan upacara mensucikan diri sebelum Hari Raya Nyepi.

Pesona utama pantai ini adalah lokasi pantai yang ada di ujung bukit kapur yang tinggi. Dari atas batu karang di dekat pantai inilah biasanya para turis menikmati sunset. Banyak pecinta fotografi yang mengabadikan senja dari ketinggian 100 meter di atas bukit.

5. Pantai Kuta Bali

Sunset Pantai Kuta

Belum ke Bali rasanya kalau tidak ke Pantai Kuta yang terkenal itu. Pantai yang menjadi ikon Pulau Dewata ini merupakan tempat yang paling populer dan wajib dikunjungi. Pasir putih yang terhampar luas berpadu dengan birunya air laut menjadi pemandangan yang bisa disaksikan.

Pantai ini memiliki 2 kilometer garis pantai yang bentuknya seperti bulan sabit. Berjejer pohon kelapa di pinggir pantai menambah kesempurnaan pemandangan senja di sana.

Turis mancanegara paling senang menyaksikan sunset dari Kuta. Makanya jangan kaget jika saat pergantian tahun akan banyak turis baik dalam negeri maupun mancanegara akan berdatangan dan menghabiskan akhir tahun di sini.

Karena keindahan senjanya, wisatawan menjuluki Pantau Kuta sebagai Pantai Matahari Terbenam di Bali. Sebuah julukan yang tepat untuk pantai yang pesona senjanya sudah diakui oleh dunia.

6. Pura Uluwatu Bali

Sunset di Bali

Tempat menikmati sunset terbaik berikutnya adalah Uluwatu Bali. Pura ini berada di batu karang yang berada di ketinggian sekitar 97 meter. Pura ini terletak di Desa Pecatu atau kurang lebih 30 menit jika ditempuh dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali.

Di sini, kawanjo bisa melihat secara langsung betapa luasnya Samudera Hindia dengan dengan deburan ombaknya. Menariknya, kamu bisa melihat keindahan sunset dengan ditemani oleh tarian Kecak yang ditarikan oleh masyarakat sekitar Pura.

Tari kecak ini ditarikan oleh kurang lebih 50 hingga 100 orang penari dan mulai dipentaskan mulai pukul 18.00. Tari Kecak dengan background sunset merupakan pemandangan langka yang tidak mungkin ditemukan di belahan dunia lain kecuali di Bali.

Para pemburu sunset enggak boleh melewatkan enam lokasi ini kalau ke Bali. Punya saran lokasi sunset terbaik lainnya? Share di kolom komentar ya. Buat yang enggak sabar melihat keindahan senja di Pulau Bali, sekarang waktunya untuk cek paket di sini. See you there!

BACA JUGA: 3 Destinasi Wisata ini Mampu Jadikan Ubud Bali Masuk Kota Terbaik di Dunia

0 comments on “Lokasi Berburu Sunset yang Wajib Dijajal di Bali

Leave a Reply

%d bloggers like this: