Local Experiences

Pesona Sabang, Pulau Paling Barat Indonesia

Berada di ujung barat Indonesia, Sabang memiliki banyak tujuan wisata yang layak didatangi.

Sabang adalah kota yang terletak di Pulau Weh dan merupakan pintu gerbang di kawasan ujung barat Indonesia. Perairan Sabang di Pulau Weh, Aceh merupakan tempat pertemuan Samudera Hindia dan Selat Malaka. Keindahan bawah lautnya bukan main cantiknya. Manis dan dijamin bikin Kawanjo terpesona. Selain wisata baharinya, Sabang memiliki gunung, danau, pantai, laut, serta hutannya yang masih alami dan terjaga. Belum lagi interaksi Kawanjo dengan masyarakat setempat akan memberikan pengalaman yang berkesan.

Kalau begitu, simak yuk beberapa pesona Sabang yang kita sudah rangkum khusus buat Kawanjo.

1. Keindahan Wisata Bahari Yang Ditawarkan

Aceh, Danau, Destinasi Wisata, Gunung Berapi, Indonesia, Kawanjo, Local experiences, Ngetrip, Nol Kilometer Indonesia, Paket Wisata, Panorama, Pigijo, Pulau Weh, Sabang, Trip, Wisata Bahari
Menikmati alam bawah laut dengan menyelam untuk menemukan ratusan spesies dan kekayaan terumbu karang alami yang bukan ditanam atau budidaya.

Kawanjo yang memiliki hobi diving atau snorkeling cocok banget buat berlibur ke Sabang. Sabang memiliki destinasi wisata bahari Indonesia yang menawarkan surga bagi para penyelam. Di Sabang, Kawanjo bisa menikmati alam bawah laut dengan menyelam untuk menemukan ratusan spesies dan kekayaan terumbu karang alami yang bukan ditanam atau budi daya.

Salah satu destinasi wisata baharinya adalah Pulau Rubiah. Pulau Rubiah merupakan sebuah kerajaan bawah laut, hal tersebut sebagai bentuk gambaran keindahan serta berjuta potensi bawah laut yang dimilikinya. Sudah bukan menjadi rahasia umum akan keindahan bawah laut Pulau Rubiah yang memang sungguh mempesona, sampai-sampai mendapat julukan surganya para penyelam.

Baca Juga : 8 Alasan Mesti Ngetrip ke Takengon

2. Berada di nol kilometer Indonesia

Aceh, Danau, Destinasi Wisata, Gunung Berapi, Indonesia, Kawanjo, Local experiences, Ngetrip, Nol Kilometer Indonesia, Paket Wisata, Panorama, Pigijo, Pulau Weh, Sabang, Trip, Wisata Bahari
Siapapun wisatawan yang datang ke Sabang tak akan lengkap liburannya jika belum mengunjungi Kilometer Nol.

Kawanjo pasti udah sering dengar kata kata “Dari Sabang Sampai Merauke”. Nah Cikal Bakal istilah itu karena Pulau Sabang berada tepat di titik 0 kilometer Indonesia, maka dari itu jika Kawanjo berkunjung ke Kota Sabang wajib banget berkunjung ke Tugu Nol Kilometer. Tugu Nol Kilometer merupakan sebuah monumen atau tugu yang melambangkan perjuangan dan keanekaragaman Bangsa Indonesia.

Lambang ini sekaligus jadi penanda batas wilayah Indonesia di bagian paling barat. Desain dari tugu tersebut memiliki beberapa filosofi yang dalam dan bermakna. Sehingga siapapun wisatawan yang datang ke Sabang tak akan lengkap liburannya jika belum mengunjungi Kilometer Nol.

Perbatasan Sabang di sebelah timur adalah Selat Malaka, sebelah barat dengan Samudra Indonesia, sebelah utara dengan Selat Malaka, dan sebelah selatan dengan Samudra Indonesia dengan itu saat Kawanjo berada di pulau ini bisa melihat pemandangan yang indah dan berfoto bersama tugu monumental tersebut.

3. Terdapat gunung berapi di bawah laut

Aceh, Danau, Destinasi Wisata, Gunung Berapi, Indonesia, Kawanjo, Local experiences, Ngetrip, Nol Kilometer Indonesia, Paket Wisata, Panorama, Pigijo, Pulau Weh, Sabang, Trip, Wisata Bahari
Sabang memiliki destinasi wisata berupa gunung berapi untuk diselami.

Jika biasanya Kawanjo mendengar kata gunung pasti langsung berpikir sebuah dataran yang tinggi dan menjulang. Namun di Sabang memiliki destinasi wisata berupa gunung berapi untuk diselami, namanya ialah Sirui Hidrithermal yang merupakan gunung berapi yang berada di bawah laut.

Hal tersebut merupakan salah satu keajaiban laut yang sungguh mengagumkan, di mana Kawanjo dapat melihat gelembung-gelembung udara yang keluar dari kawah kecil di sekitar gunung. Sirui Hidrothermal merupakan wisata andalan yang paling diminati wisatawan domestik maupun mancanegara. Di mana lagi Kawanjo akan menyaksikan sendiri sebuah gunung berapi di bawah laut?

Baca Juga : 5 Geopark Indonesia yang Diakui UNESCO

4. Memiliki 5 Danau Dengan Panorama Yang Indah

Aceh, Danau, Destinasi Wisata, Gunung Berapi, Indonesia, Kawanjo, Local experiences, Ngetrip, Nol Kilometer Indonesia, Paket Wisata, Panorama, Pigijo, Pulau Weh, Sabang, Trip, Wisata Bahari
Terdapat panorama indah dengan air berwarna jernih kehijauan, sesuai dengan rindangnya pepohonan di sekitarnya.

Kota Sabang memiliki 5 buah danau yaitu Danau Aneuk laot, Danau Paya Senara, Danau Paya Karieng, Danau Paya Peutapen dan Danau Paya Seumesi. Di antaranya yang terbesar adalah Danau Aneuk Laot. Buat Kawanjo yang sedang berlibur ke sabang jangan sampai terlewat menyambangi Danau Aneuk Laot yang berada ditengah-tengah kota Sabang ya. Seru banget!

Danau ini merupakan sumber mata air bagi penduduk Pulau Weh. Terdapat panorama indah menanti Kawanjo, airnya jernih berwarna kehijauan, sesuai dengan rindangnya pepohonan di sekitarnya. Meski waktu menunjukkan siang hari, Kawajo masih bisa merasakan suasana sejuk. Lebih sempurna lagi, saat senja mulai muncul dan melihat terbenamnya matahari. 

Nah itu dia beberapa pesona indah yang ditawarkan Sabang. Jika Kawanjo berminat liburan ke kota tersebut, pastinya masih banyak lagi pesona dan destinasi wisata indah lainnya yang bisa kawanjo singgahi. Jika Kawanjo berminat berlibur ke Sabang, jangan lupa untuk cek paket wisata di sini. Selain paket wisata ke Sabang, masih ada banyak paket wisata keren lainnya yang bisa Kawanjo pilih untuk liburan.

Baca Juga : Jelajah Sabang ke 5 Tempat Paling Favorit dan Bikin Segar Mata

Penulis : Ikhsani Sholehah

0 comments on “Pesona Sabang, Pulau Paling Barat Indonesia

Leave a Reply

%d bloggers like this: