Tips naik pesawat terbang di saat masa pandemi COVID-19
Health Lifestyle

Tips Aman Naik Pesawat Terbang di Masa Pandemi COVID-19

PPKM Level 2 kembali diberlakukan setelah masuknya varian COVID-19 baru yaitu Omicron.

Apa yang dikhawatirkan terjadi juga! Kini kasus penularan COVID-19 varian Omicron di Indonesia sudah bertambah 90 kasus dalam satu hari. Dua hari lalu mencapai 254 kasus. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Tentunya kita harus segera vaksinasi COVID-19, tetap jaga protokol kesehatan, jaga jarak serta menggunakan masker. Tetapi ada juga tips ampuh lainnya yang dilansir dari Journal of Travel Medicine terkait 64 kasus penularan dari udara.

Baca Juga : Metaverse, NFT, Omicron dan Pariwisata Indonesia di 2022

Tentu saja ini bisa menjadi sebuah tips aman bagi kita semua yang ingin bepergian di masa pandemi COVID-19. Baik untuk urusan liburan dalam kota atau urusan bisnis dan pekerjaan. Meski sampai sekarang belum diketahui seperti apa tepatnya penyebaran virus selama penerbangan. Tetapi yang bisa dipastikan terjadinya penularan di pesawat terbang dikarenakan adanya dua orang yang duduk berdekatan dan salah satunya sudah terinfeksi. 

Terdapat banyak resiko penularan yang akan terjadi selama penerbanga. Meski begitu jangan khawatir bukan berarti tidak ada cara mengatasinya, simak tips singkat ini. 

Menggunakan Masker dan Hindari Makan di Pesawat

Tips naik pesawat di masa pandemi
Gunakan sealu masker, dan hindari makan bersamaan dengan orang lain di dalam pesawat

Menggunakan masker sebenarnya sudah jadi kewajiban di masa pandemi COVID-19. Baik itu di transportasi darat, udara dan laut. Ini salah satu cara untuk menahan serangan virus COVID-19, terutama di saat sekarang ini dimana masuk lagi varian baru yaitu Omicron.  Selain menggunakan masker beberapa ahli juga menyarankan untuk berhati-hati saat makan di dalam pesawat terbang. 

Untuk penerbangan pendek, penumpang dianjurkan tidak membuka masker sama sekali sampai tiba di tujuan. Tapi ini hanya anjuran dan saran saja loh! Selebihnya kita bisa melakukannya sesuai dengan fakta dilapangan. Minum air putih yang banyak untuk mencegah dehidrasi. Dan untuk makan, sebaiknya mulai disaat orang lain yang ada di dekat kita selesai terlebih dahulu. 

Pilihlah Kursi Dekat Jendela

Tips naik pesawat aman di masa panndemi COVID-19
Pilih kursi dekat jendela pesawat biar lebih aman

Menurut Direktur Pusat Ilmu Data Emory Nursing, Vicki Hertzberg sebelum pandemi mengatakan jika penumpang yang duduk di dekat lorong kabin pesawat terbang justru memiliki risiko infeksi yang lebih tinggi jika dibandingkan mereka yang memilih untuk duduk di kursi yang dekat dengan jendela pesawat. Ini dikarenakan posisi duduk jauh dari lalu-lalang orang-orang di kabin. 

Oke, selamat mencoba dan tetap hati-hati saat pergi liburan menggunakan transportasi umum ya.

Baca Juga : Kemenkes Imbau Jangan Trip ke Negara Dengan Kasus Transmisi COVID-19 yang Tinggi

0 comments on “Tips Aman Naik Pesawat Terbang di Masa Pandemi COVID-19

Leave a Reply

%d bloggers like this: