Local Experiences

Tradisi Unik Sekaligus Menyeramkan yang Ada di Indonesia 

Indonesia selain punya keindahan alam yang tak terkalahkan, juga banyak tradisi unik dan mungkin menyeramkan bagi sebagian besar orang

Budaya yang ada di Indonesia sangatlah beragam. Setiap suku atau etnik punya keunikan dan identitasnya sendiri. Itulah sebabnya kenapa kita harus bisa menghargai satu sama lain. Tradisi-tradisi ini biasanya dilakukan sebagian masyarakat pada acara adat, ataupun untuk menghargai tamu. Beberapa diantaranya ada yang sampai mengerikan. 

Baca Juga : 5 Tradisi Natal Unik yang Cuma Ada di Indonesia

Tradisi Parade Tatung Singkawang

Tradisi Unik dan Menyeramkan Indonesia
Unik sekali tradisi parade tatung Singkawang

Berasal dari bahasa Hakka, Tatung punya arti orang yang kerasukan roh dewa atau leluhur. Tradisi ini ada di Singkawang, Kalimantan Barat. Biasanya diadakan saat akan melaksanakan festival Cap Go Meh. Para tatung yang dirasuki roh leluhur ini akan bertingkah aneh seperti menginjak-injak pedang, menancapkan kawat runcing ke pipi sampai memakan ayam secara hidup-hidup. 

Tradisi Tiwah

Tradisi Unik dan Menyeramkan
Inilah tradisi Tiwah

Ini adalah tradisi yang cukup unik dan dilakukan oleh masyarakat suku Dayak, terutama Dayak Pedalaman yang menganut kepercayaan Kaharingan di Kalimantan Tengah. Tiwah merupakan ritual kematian dengan cara memindahkan tulang belulang leluhur/keluarga dari tanah kubur menuju tempat yang disebut sebagai Sandung. Sandung adalah rumah kecil yang dipercaya jika roh leluhur tidak akan pernah masuk surga jika tidak ada prosesi tiwah.

Tradisi Brobosan

Tradisi Unik dan Menyeramkan
Tradisi masyarakat Jawa sebagai bentuk penghormatan terakhir

Indonesia memang punya banyak budaya dan tradisi yang banyak. Kali ini sebuah tradisi bernama Brobosan yang berasal dari masyarakat Jawa. Brobosan punya arti menorobos yang merupakan jalan bergantian sebanyak tiga kali di bawah keranda atau peti jenazah yang sedang diangkat tinggi-tinggi. Dimulai dari sebelah kanan, kiri dan depan sampai kembali lagi ke arah kanan. Usai itu para kerabat dan tetangga akan menyiapkan Ubo rampe (makanan dalam sesaji/sesajen). Tradisi ini diakhiri dengan pidato keluarga dan juga doa. 

Tradisi Potong Jari

Tradisi Unik dan Menyeramkan
Keluarga adalah segalanya, inilah bentuk penghormatan yang dilakukan oleh Suku Dani Papua jika ada anggota keluarga dan kerabat yang meninggal dunia

Kehilangan orang tersayang memang sangat menyakitkan. Tetapi kita semua tahu, dimana ada kehidupan pasti ada kematian. Kematian bagi suku Dani Papua ini sangatlah penting. Karena kebersamaan bersama keluarga jadi poin utama, karena itu jika ada kehilangan mereka akan segera melakukan tradisi  potong jari. Nama tradisi ini dikenal dengan nama Iki Palek, yang merupakan bentuk dan bukti cinta kepada keluarga dan kerabat yang sudah meninggal dunia. 

Itulah Indonesia yang kaya akan budaya dan tradisi. Apapun tradisinya kita tetap satu Indonesia. Selain tradisi yang unik dan ekstrem, Indonesia juga punya banyak destinasi wisata menarik yang bisa dijelajahi, coba cek di sini.

Baca Juga : 6 Tradisi Sambut Tamu Unik di Indonesia, Ada yang Ekstrem Juga Loh!

0 comments on “Tradisi Unik Sekaligus Menyeramkan yang Ada di Indonesia 

Leave a Reply

%d bloggers like this: